10 Jenis Rempah-Rempah Indonesia Yang Mendunia – Indonesia tersohor dengan kekayaan rempah-rempahnya. Hal demikian menyuport keanekaan kulineran dan kesedapan rasa makanan yang dapat ditemui di semua penjuru Indonesia. Tapi, beberapa dari kita yang tidak jelas apa rempah-rempah yang datang dari Indonesia. Rempah-rempah unik Indonesia ini sewajarnya dikenalkan terhadap dunia lantaran gunanya yang fantastis.

 

Rempah-Rempah Indonesia

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Pulosari

Nama latin dari pulosari merupakan Alyxia stellata. Tanaman ini di kenal juga berikut nama palasan atau pulowaras. Punyai tangkai dengan warna putih, pulosari kerap ditemui di rimba atau kebun dan tumbuh dengan liar. Meskipun rasanya sedikit pahit, pulosari sangatlah pas dipakai untuk masakan kari. Pulosari berfaedah juga buat kesehatan, umpamanya untuk menyembuhkan sariawan, turunkan demam, dan meningkatkan hasrat makan.

Kemukus

Meskipun kedengar asing, kemukus yang memiliki nama latin Piper cubeba L. ini kerap dipakai jadi rempah-rempah dalam masakan Indonesia. Sisi yang diambil dari tanaman ini merupakan buah dan minyak atsiri. Kemukus banyak ditemui di wilayah Jawa dan Sumatera. Berbentuk kering, biji kemukus punyai struktur keras, berminyak, dan punya warna putih.

Mesoyi

Rempah-rempah unik Indonesia sesudah itu mesoyi. Tumbuhan ini masih bersaudara dengan pohon kayu manis. Pohon mesoyi dapat menggapai tinggi kurang lebih 25 m berdiameter 30 cm. Kulit kayu yang umum dipakai dapat dengan tebal 0,5 cm. Kulit kayu ini sebagai sumber wewangian harum yang diketahui berikut nama Massoia lactone. Rata-rata, kulit kayu mesoyi dipakai jadi bahan warna merah.

 

Baca juga: TIPS TETAP AMAN DENGAN PROXY GRATIS CYBERGHOST VPN

 

Kapulaga

Bukan cuma untuk bumbu masakan, kapulaga pula difungsikan jadi gabungan jamu dan beberapa obat herbal. Di Indonesia, kita dapat mendapatkan dua type kapulaga adalah kapulaga jawa dan kapulaga india. Tumbuhan yang termaksud dalam suku jahe-jahean ini juga dapat ditemui di Nepal, Bangladesh, India, dan rimba. Kapulaga punyai biji hitam yang memiliki ukuran kecil dan adalah satu diantaranya rempah-rempah paling mahal dalam dunia.

Bunga Telang

Untuk menambah warna biru alami pada makanan, kita dapat gunakan konsentrat bunga telang. Ya, bunga telang merupakan rempah-rempah unik Indonesia yang pas dipakai baik di dalam kondisi fresh ataupun kering. Memanglah diperlukan jumlah bunga yang begitu banyak mau membuat warna biru itu prima. Tanaman ini juga sangatlah simpel tumbuh di wilayah tropis dengan gunakan bijinya

Bunga Lawang

Juga dikenal jadi pekak, bunga lawang satu diantara rempah-rempah unik Indonesia. Rasanya hampir mendekati dengan adas manis dan rata-rata dipakai dalam masakan Aceh, Minang, Jawa, dan Bali. Tidak cuman untuk bumbu masakan, bunga lawang juga dapat dimakan berbentuk teh. Tumbuhan ini punyai kandungan yang paling bagus untuk kesehatan.

Kecombrang

Karisma kecombrang kian naik sejalan jumlah kulineran yang pakainya jadi bumbu penyedap. Rasanya yang juga unik biasa dipakai jadi penambah dalam masakan seperti pecel, sambal, ataupun untuk santap. Tumbuhan ini dapat ditemui dimanapun. Sisi yang umum dipakai merupakan bunganya yang punya warna merah jambu dan berwujud mirip gasing.

Daun Gedi

Tidak cuman dapat dimakan jadi sayur, daun gedi pula meningkatkan rasa renyah dan mengentalkan bubur manado atau tinutuan. Tumbuhan ini benar-benar banyak ditemui di wilayah Sulawesi Selatan. Tanaman ini pula kaya vitamin A, zat besi, dan serat. Daun gedi nyaris seperti sama daun singkong dan sangatlah simpel dikembangbiakkan melalui cara stek tangkai.

Kayu Secang

Apa Anda pernah minuman unik dari Yogyakarta yang memiliki nama wedang uwuh? Satu diantaranya bahan pembikin minuman ini merupakan potongan kayu secang. Wujud tumbuhan ini merupakan perdu dan dapat menggapai sampai tinggi 10 m. Banyak fungsi yang diterima dari memakai kayu secang, misalnya anti-oksidan, turunkan takaran lemak, dll.

 

Baca juga: Selain Untuk Kesehatan Tubuh, Jahe di Percaya dapat Memutihkan Kulit Wajah

 

Andaliman

Andaliman merupakan rempah-rempah unik Indonesia yang sering digunakan dalam masakan Batak. Oleh sebab itu, andaliman di kenal juga jadi merica batak. Tambahan rempah andaliman dalam masakan dapat membikin sensansi menggigit yang juga unik. Rata-rata bumbu ini dipakai untuk mengolah ikan arsik, saksang, dan sambal tuktuk.