4 Fakta Unik Tentang Cincin Tunangan Berlian yang Harus Diketahui

Cincin Tunangan Berlian memang menjadi pilihan yang populer digunakan. Bentuknya yang cantik dan elegan membuat semua wanita jatuh cinta. Batu berlian merupakan salah satu batu perhiasan yang mempunyai daya tahan yang kuat dan awet bila digunakan. Berikut beberapa fakta tentang berlian yang jarang orang tahu. 

4 Fakta Unik Tentang Cincin Berlian

  1. Tak Hanya Putih, Berlian Memiliki Beberapa Pilihan Warna

Cincin berlian selalu identik dengan warna putih. Tetapi tak banyak yang tahu bahwa batu berlian tak hanya mempunyai warna putih saja tetapi juga punya banyak pilihan warna lainnya. Berlian punya beberapa warna seperti hitam, biru, kuning atau pink. Pilihan warna berlian ini juga disebut dengan fancy colored diamond. 

  1. Tak Hanya Untuk Perhiasan, Berlian Memiliki Banyak Fungsi Lainnya

Bahan batu berlian ternyata tak hanya digunakan untuk bahan perhiasan saja tetapi juga bisa digunakan untuk campuran produk lainnya. Produk lain seperti cat kuku atau masker wajah misalnya, juga banyak yang menggunakan bahan berlian. Bahan campuran berlian ini dipercaya membawa efek atau khasiatnya tersendiri. 

Berlian juga banyak dijadikan sebagai bahan untuk memotong lensa kacamata. Sebelum banyak disadari bahwa batu berlian mempunyai nilai jual yang tinggi, berlian juga sering dijadikan sebagai pemotong batu permata. Menggunakan cincin dengan hiasan batu berlian diatasnya kini menjadi perhiasan yang tergolong mahal dan juga elegan bila dipakai. 

  1. Batu Berlian Mudah Ditemukan dan Tidak Termasuk Batuan Langka

Batu berlian mempunyai harga yang mahal karena kualitasnya yang memang bagus dibandingkan dengan batuan lainnya. Anggapan mengapa batu berlian menjadi mahal dipasaran salah satunya adalah karena batu berlian langka dan sulit ditemukan. Anggapan ini ternyata tidak benar. 

Batu berlian tak langka dan mudah ditemukan atau ditambang. Bahkan tercatat bahwa persediaan batu berlian di beberapa perusahaan besar bisa cukup hingga anak cucu kita. Namun pengolahan batu berlian sebagai perhiasan memang dibatasi. Sehingga kesan berlian sebagai perhiasan akan lebih eksklusif. 

  1. Persamaan Batu Berlian Asli dan Buatan 

Tak banyak yang tahu bahwa batu berlian sebagai pelengkap perhiasan sudah bisa dibuat tiruannya. Hal yang mengesankan adalah kualitas tiruan batu berlian yang dibuat ini menyamai kualitas batu berlian aslinya. Sehingga harga batu berlian tiruan dengan yang asli tidak berbeda. Hal ini karena proses pembuatannya pun juga menggunakan teknologi tinggi. 

Ada sejarah tersendiri tentang Cincin Tunangan Berlian yang menjadi populer hingga saat ini. Pandangan masyarakat terhadap berlian jaman dahulu tidak sebaik saat ini. Sehingga De Beers selaku produsen berlian terkenal pada saat itu, memberi tahu bahwa berlian adalah sebuat simbol dari cinta dan romantisme. 

Perhiasan yang terbuat dari berlian seperti cincin mempunyai kesan mewah dan elegan. Cincin berlian bisa dipakai dalam segala suasana, baik formal maupun kegiatan sehari hari. Perawatan cincin berlian pun tidak rumit. Anda bisa membersihkan cincin berlian anda  dengan cara sederhana di rumah.