Khasiat Pandan Wangi Bagi Tubuh – Pandan atau pandan wangi, siapa yang tidak tahu dengan tanaman satu ini.

Tumbuhan satu ini biasa dimanfaatkan dalam aneka masakan, karnanya daun pandan memiliki aroma yang wangi sehingga dapat membuat aneka masakan mengeluarkan aroma harum. Di samping itu juga tanaman satu ini memempunyai warna daun yang hijau pekat, kerap juga dimanfaatkan sebagai pewarna hijau alami.

Namun tahukah kamu bahwa tanaman satu ini tak hanya dapat digunakan sebagai penyedap ataupun pewarna saja.

Daun pandan wangi diketahui dapat berkhasiat dalam mengobati loh. Beberapa orang tua jaman dahulu kerap mengguanakan daun tanaman pandan sebagai salah satu mencegah sekaligus mengobati beberapa serangan penyakit.

Penasaran, simak ini dia manfaat daun pandan untuk kesehatan, sima diantaranya :

Manfaat Daun Pandan untuk Meningkatkan Nafsu Makan
Rebusan daun pandan juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

Caranya, rebus tiga gelas air bersama tiga potong daun pandan. Saat proses perebusan, volume air akan berkurang dengan sendirinya.

Hentikan proses perebusan ketika air sudah tersisa sekira satu cangkir. Setelah ditiriskan beberapa saat, minumlah air rebusan tersebut.

Untuk mendapat hasil maksimal, minumlah air rebusan daun pandan sebanyak dua kali sehari.

Menghilangkan Ketombe

Ketombe bisa muncul akibat kulit kepala berminyak, stres, hingga menggunakan produk sampo yang tidak sesuai.

Jika kamu memiliki masalah ini, jangan khawatir, karena mengatasi ketombe adalah salah satu kegunaan daun pandan.

Caranya, kamu harus menghaluskan sepuluh lembar daun pandan kering dan campur dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, gunakan pasta daun pandan untuk memijat kepala.

Khasiat pandan wangi atasi kerontokan.

Mencegah Kerontokan

Manfaat selanjutnya daun pandan untuk kesehatan rambut adalah mencegah kerontokan. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun pandan, 8 daun kembang sepatu, 8 bunga melati, dan 2 bunga mawar.

Lalu tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak kemiri. Rebus campuran sampai mendidih dan kemudian saring.

Oleskan ramuan ke rambut dan kulit kepala secara merata dan lakukan di malam hari sebelum tidur. Lakukan perawatan ini secara teratur, minimal 2-3 kali seminggu.

Baca juga : cara mudah atasi sariawan

Menyembuhkan jerawat

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang paling sering dialami oleh semua orang. Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, jerawat juga bisa mengganggu penampilan hingga membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Beragam cara akan dilakukan seseorang untuk menghilangkan jerawat meskipun harus rela merogoh kocek dalam.

Selain dengan perawatan medis, jerawat juga bisa diatasi dengan cara alami menggunakan daun pandan yang lebih ramah di kantong dan tentunya tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Caranya pun terbilang cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan daun pandan dan menjadikannya sebagai masker.

Bisa menjadi obat luka

Adanya kandungan asam tanat pada daun pandan diketahui mampu mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat, contohnya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Untuk menggunakan daun tanaman pandan sebagai obat luka bakar, kamu cukup dengan mengeringkan dan menghaluskan daun pandan hingga menjadi serbuk, lalu kemudian menaburkannya pada kulit.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun pandan untuk tubuh.