Jika menyangkut bisnis kecil, anggaran pemasaran dan cakupan iklan potensial mungkin tidak sebesar waralaba atau bisnis besar. Namun, setidaknya sama pentingnya bagi bisnis kecil untuk memasarkan merek mereka dengan sukses.

Tidak peduli seberapa besar anggaran atau tenaga kerja, ada solusi pemasaran yang dapat disesuaikan dengan semua persyaratan. Jadi, apakah Anda baru saja mendirikan bisnis Anda atau merupakan pemilik bisnis kecil, ada beberapa pilihan bagus untuk pemasaran.

Apa tujuan pemasaran?

Pemasaran , sederhananya, adalah menawarkan dan mengiklankan barang atau jasa yang akan dijual. Ini dapat dilakukan melalui riset pasar, menggunakan informasi ini untuk membuat produk atau layanan, dan kemudian menjualnya dengan cara yang paling efektif.

Untuk mempermudah pemasaran online untuk jangka panjang bisa menggunakan teknik Email Marketing, Tentu saja setelah melakukan teknik sebelumnya.

Tujuan pemasaran adalah untuk menciptakan dan mempromosikan kesadaran merek dan membangun sejumlah besar prospek yang dapat berubah menjadi penjualan dan pendapatan. Dengan kata lain, ini tentang menyebarkan berita tentang bisnis Anda dan apa yang membuat Anda istimewa. Berikut beberapa taktik pemasaran yang sangat bagus untuk bisnis kecil.

Kembangkan kehadiran online

Periklanan digital terus berkembang sebagai sebuah industri. Faktanya, diperkirakan $ 389,29 miliar dolar akan dihabiskan di seluruh dunia untuk iklan digital pada tahun ini saja. Artinya, untuk bersaing di pasar yang Anda pilih, Anda tidak boleh kehilangan lalu lintas online.

Ini tidak harus mahal. Media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, dan sejenisnya benar-benar gratis. Anda juga dapat ‘meningkatkan’ posting Anda dengan sedikit uang. Anda juga dapat mempelajari blog atau menerapkan praktik SEO untuk mengembangkan keberadaan online yang kuat.

Ketahui apa yang membuat Anda berbeda

Langkah terbesar untuk menembus kerumunan adalah mengetahui apa yang membuat Anda berbeda dari bisnis lain di industri Anda. Ini disebut titik penjualan unik, atau USP.

Dengan merangkul USP Anda, ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya periklanan Anda pada sesuatu, menunjukkan kepada calon pelanggan bagaimana produk Anda lebih baik daripada produk serupa dari perusahaan besar.

6 Tips SEO Blogging untuk bisnis UKM

Meskipun pemasaran digital sedang naik, kita tidak boleh melupakan strategi pemasaran cetak. Selebaran, majalah, buletin, dan buklet seperti yang berasal dari Duplo International bisa sangat efektif bila digunakan dengan benar.

Anda juga dapat membayar uang untuk memasang iklan di koran atau majalah desa setempat. Ini dapat memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak audiens lokal yang mungkin lebih bersedia untuk ‘berbelanja kecil’ jika mereka mendukung bisnis lokal, terutama saat pandemi sedang berlangsung.

Mempromosikan citra merek yang konsisten

Secara keseluruhan, senjata terbaik dalam gudang periklanan Anda adalah tetap konsisten di semua platform. Jika Anda menggunakan campuran pemasaran cetak dan digital, pelajari itu, dan coba dan integrasikan kampanye pemasaran Anda.

Mungkin Anda perlu memberikan alamat email untuk mengikuti kompetisi cetak, atau situs web dapat merujuk Anda ke brosur Anda. Apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan, tetap konsisten dan gigih, dan Anda pasti akan berhasil.