Era serba digital saat ini menjadikan banyak kegiatan manusia berjalan lebih cepat dan mudah. Salah satunya adalah terkait transaksi keuangan yang menggunakan sistem Pembayaran QRIS. Pembayaran dengan bantuan aplikasi digital ini bisa praktis digunakan kapan saja dan dimana saja. Yuk intip apa itu QRIS dan bagaimana cara pembayarannya.

5 Langkah Praktis Menggunakan QRIS

1. Mengunduh QR Code

Quick Response Code Indonesian Standard atau bisa disebut dengan QRIS ini merupakan standart pembayaran yang menggunakan metode QR Code. Metode pembayaran ini resmi mendapat ijin dari Bank Indonesia. Sehingga akan memudahkan dalam proses transaksi digital yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Langkah pertama dalam menggunakan QRIS adalah dengan mengunduh QR Code. Cara mengunduhnya cukup mudah. Setelah melakukan pengunduhan, pastikan bahawa aplikasi tersebut sudah masuk dan tersimpan dalam handphone anda. Setelah itu, anda bisa melakukan penginstalan aplikasi QR tersebut.

2. Membuka Aplikasi Pembayaran

Pembayaran QRIS yang sudah mulai banyak digunakan saat ini mempunyai banyak kelebihan. Selain transaksi bisa lebih praktis dan cepat, transaksi juga akan terjaga keamanannya. Terlebih bila digunakan untuk transaksi keuangan bisnis. Tentu hal ini akan membantu banyak alur keuangan dan pembukuan bisnis dengan efisien.

Langkah berikutnya adalah dengan membuka aplikasi pembayaran yang anda inginkan. Banyak aplikasi yang bisa anda pilih untuk melakukan transaksi. Beberapa diantaranya adalah seperti OVO, Gojek, Dana, Link Aja, atau aplikasi mobile-banking lainnya yang Anda miliki. Aplikasi tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan fungsinya masing masing.

3. Memilih Opsi Bayar

Pembayaran QRIS juga sangat praktis karena sudah terintegrasi dengan berbagai macam merchant yang tersebar di banyak tempat. Beberapa transaksi digital seperti e-wallet, misalnya Dana, OVO, GoPay, ShopeePay, LinkAja, dan banyak lainnya. Pilihan opsi pembayaran bisa anda temukan di bagian menu kanan atas.

4. Masukkan Jumlah Nominal

Langkah selanjutnya bisa anda lanjutkan dengan memasukkan jumlah nominal harga yang akan dibayarkan. Untuk beberapa jenis pembayaran akan terdapat limit transaksi yang bisa dilakukan dalam setiap transaksi. Untuk limitnya biasanya adalah Rp 2 juta untuk sekali transaksi, namun kebijakan ini masih bisa berubah sesuai kebijakan penyedia pihak aplikasi.

5. Isi Data Diri

Langkah Pembayaran QRIS selanjutnya adalah dengan mengisi data diri sebelum melakukan transaksi. Namun data diri yang dibutuhkan tidak lengkap seperti mengisi form pendaftaran. Namun data diri yang dibutuhkan hanya nama lengkap saja sebelum melakukan transaksi dengan aman.

Aplikasi pembayaran online dengan kualitas terbaik dan terpercaya bisa anda temukan di Duitku. Banyak pilihan metode pembayaran yang akan membuat transaksi keuangan bisnis anda lebih nyaman dilakukan kapan saja. Dapatkan penawaran harganya yang bersaing dan kunjungi website resminya sekarang juga.