Dunia digital adalah arena yang ramai. Persaingan semakin sengit dari sebelumnya karena bisnis dari segala bentuk dan ukuran bersaing agar suaranya didengar.

Jadi, bagaimana Anda memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk menonjol? Pada dasarnya, ini adalah untuk mengetahui dengan tepat apa tujuan Anda, siapa audiens Anda, dan cara paling efektif untuk mendapatkan perhatian mereka. Untuk membantu Anda, berikut adalah enam tip pemasaran digital sederhana untuk dipertimbangkan.

  1. KETAHUI TUJUAN PEMASARAN ANDA

Bagi UKM, keputusan untuk berinvestasi dalam kesadaran merek atau perolehan prospek bisa menjadi hal yang rumit. Membangun kesadaran merek adalah tentang meningkatkan ukuran audiens Anda dari waktu ke waktu, sementara perolehan prospek adalah tentang menangkap minat sekelompok pelanggan potensial dengan cepat. Idealnya, keduanya harus bekerja sama untuk memperkuat strategi pemasaran digital secara keseluruhan, karena keduanya penting untuk memajukan bisnis.

Meskipun demikian, ada kalanya memusatkan perhatian lebih pada kesadaran merek itu penting – terutama ketika bisnis baru saja dimulai. Membangun kesadaran merek adalah cara yang bagus untuk meletakkan dasar bagi perolehan prospek. Dan peningkatan prospek berkualitas berarti peningkatan penjualan

  1. KETAHUI APA YANG DIINGINKAN AUDIENS ANDA DAN JTBD

Untuk banyak merek dan bisnis saat ini, ada dorongan yang lebih besar untuk menjadi customer-centric dan fokus pada pengalaman pengguna. Secara alami, hal ini telah mengarahkan pemasar untuk memikirkan cara-cara baru untuk menempatkan kebutuhan pelanggan di jantung pengambilan keputusan.

Salah satu kerangka kerja yang membuat gelombang adalah teori Jobs to be Done (JTDB) . Pada dasarnya, teori ini berfokus pada keadaan yang terjadi dalam kehidupan pelanggan, dan mengembangkan konten inovatif – seperti artikel, video, atau kuis – yang menjawab masalah yang mereka hadapi. Jadi ini bukan tentang apa yang secara fungsional memotivasi mereka, tetapi lebih tentang apa yang memotivasi mereka secara emosional.

Ketika datang untuk meningkatkan daya tarik bisnis Anda, ada baiknya memikirkan pekerjaan yang menyebabkan sakit kepala dalam kehidupan pelanggan Anda, kemudian membuat konten yang akan segera menyelesaikan masalah mereka, yang kemudian memposisikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran.

  1. GUNAKAN SEO UNTUK MEMAHAMI AUDIENS ANDA

SEO harus menjadi prioritas utama untuk bisnis Anda. Ini adalah investasi jangka panjang dan hemat biaya yang memungkinkan Anda menjadi lebih terlihat di mesin telusur. Ini membantu menghasilkan lalu lintas, membangun pendapatan, meningkatkan kesadaran merek, dan pada akhirnya, mendorong penjualan.

Dengan menggunakan praktik terbaik SEO, Anda dapat memanfaatkan data mesin pencari untuk melihat apa yang dicari pelanggan yang diinginkan. Saat Anda dipersenjatai dengan informasi semacam ini, Anda dapat membuat kampanye bertarget dan memaksimalkan kehadiran online Anda melalui tiga pilar SEO – pengoptimalan di tempat, pemasaran konten, dan akuisisi tautan.

  1. UJI OPSI ANDA DAN OPTIMALKAN KAMPANYE

Pelanggan berada di lebih banyak tempat daripada sebelumnya, seringkali pada waktu yang sama. Jadi, penting untuk dipahami bahwa tidak ada strategi pemasaran digital yang ditetapkan atau akan berhasil setiap saat.

Saat membuat kampanye, ada banyak saluran pemasaran digital yang perlu dipertimbangkan, mulai dari pemasaran email dan iklan PPC, hingga pemasaran media sosial organik dan SEO.

Ranking website naik ke halaman 1 Google dengan bantuan Jasa SEO Murah, karena agency SEO jauh lebih tahu dan berpengalaman dalam optimasi website.

Untuk harga Jasa SEO, silahkan kunjungi website SEOElite.id

Memahami apa pilihan Anda akan tergantung pada tujuan bisnis Anda, anggaran, audiens, dan bidang keahlian. Tetapi tidak peduli strategi apa yang Anda putuskan, Anda harus menguji dan mengukur hasilnya. Melakukan ini akan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan apa yang berhasil dan memotong apa yang tidak.

Misalnya, jika Anda menjalankan iklan Facebook yang menargetkan dua audiens berbeda dan salah satunya mencapai keterlibatan yang lebih baik daripada yang lain, lebih baik mengalokasikan lebih banyak anggaran Anda untuk iklan yang tampil. Anda bahkan dapat menggunakan pembelajaran Anda dari data untuk membuat iklan baru yang mirip dengan iklan perform.

  1. PELAJARI BAGAIMANA MENGATUR WAKTU ANDA SECARA EFEKTIF

Menyulap banyak proyek dalam sehari? Kamu tidak sendiri. Dari SEO hingga media sosial, pemasaran digital sering kali terasa seperti satu tugas demi tugas. Tetapi jika Anda merasa seperti sedang meregangkan tubuh, berikut beberapa tip yang perlu dipertimbangkan:

Rencanakan strategi pemasaran Anda

Bagi tugas Anda menjadi mendesak vs. penting dan prioritaskan sesuai dengan itu. Anda bahkan dapat menggunakan alat manajemen waktu untuk mempermudah.

Ketahui kapan harus mengatakan “tidak”

Itu kata yang sederhana namun kuat. Sebelum melakukan tugas, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang penting, dan katakan “ya” hanya jika Anda tahu Anda bisa melakukannya dengan benar.

Ketahui batasan Anda dan mainkan kekuatan Anda

Mungkin perlu sedikit waktu untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, tetapi setelah Anda melakukannya, pastikan Anda mematuhinya. Jangan lupa tidak ada salahnya mendelegasikan.

  1. GUNAKAN DATA UNTUK MEMANTAU KEBERHASILAN KAMPANYE

Penemuan konten terus berubah, terutama dalam hal seluler. Karena bisnis harus pergi ke tempat pelanggan mereka berada, kampanye pemasaran digital sering kali tersebar di banyak saluran. Meskipun hasilnya bisa hemat biaya dan menarik, bagaimana Anda tahu jika kampanye Anda berhasil?

Menggunakan data adalah metode sederhana. Misalnya, 88% orang Australia berusia 65 ke atas yang menggunakan media sosial ada di Facebook. Jadi, jika konten Anda menargetkan demografis ini, kemungkinan besar Anda akan sukses dengan iklan Facebook dibandingkan dengan pemasaran email.

Keindahan kampanye digital adalah Anda dapat mengekstrak data dari upaya Anda, apakah itu melacak jumlah klik di situs web Anda, atau jumlah saham yang Anda dapatkan di media sosial. Sebelum Anda melihat datanya, pastikan Anda telah mengidentifikasi metrik yang tepat untuk diukur.