Upin & Ipin Musim 14 - Kain Merah Ipin Full Episode 1 | Upin Ipin Terbaru  2021 - YouTube

Upin dan Ipin merupakan serial kartun anak yang berasal dari Malaysia yang sangat populer di Indonesia. Sejak tayang perdana pada 2007 silam, popularitas serial animasi ini terus mengalami peningkatan hingga saat ini.

Ada beberapa hal menarik seputar Upin dan Ipin yang mungkin belum anda ketahui. Berikut 8 hal menarik tentang Upin dan Ipin :

  1. Sejarah Serial Upin dan Ipin

Serial Upin dan Ipin pertama kali muncul pada September 2007. Perlu diketahui bahwa awalnya, Upin dan Ipin ini dibuat sebagai tayangan khusus Ramadhan untuk anak-anak. Tetapi, serial kartun ini ternyata mendaapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat, baik di Malaysia sendiri maupun di luar Malaysia seperti di Indonesia.

  1. Nama Lengkap Upin dan Ipin

Upin Ipin merupakan karakter utama dalam serial kartun Upin & Ipin. Namun, tahukah anda nama lengkap dari karakter kedua anak berkepala plontos tersebut? Nama lengkap Upin adalah Aruffin Bin Abdul Salam. Sedangkan Ipin, nama lengkapnya adalah Ariffin Bin Bin Abdul Salam.

  1. Alasan Karakter Dibuat Kembar

Karakter Upin dan Ipin yang kembar ini dibuat bukan tanpa alasan. Anak kembar pada serial kartun ini memiliki makna tersendiri bagi negara Malaysia. Dimana, karakter kembar Upin dan Ipin ini menunjukkan bahwa Malaysia sebagai negara kembar Saban dan Serawak.

  1. Pernah Ditolak di Berbagai Stasiun TV

Perlu diketahui bahwa sebelum populer seperti sekarang ini, ternyata serial kartun Upin dan Ipin pernah ditolak di berbagai stasiun televisi. Sampai akhirnya, serial kartun Upin dan Ipin ini dipercaya oleh Direktur TV9. Hal ini dikarenakan serial Upin dan Ipin dinilai memiliki cerita yang lucu dan menarik.

  1. Kritik Terhadap Serial Upin dan Ipin

Serial Upin dan Ipin yang disiarkan oleh Disney Channel pada 2009 ini diterjemahkan ke dalam tiga bahasa, yakni Melayu, Mandarin, dan Inggris.

Namun, banyak orang yang mengkritik serial kartun anak ini karena dianggap tidak memiliki kaidah bahasa Inggris yang baik, padahal serial Upin dan Ipin versi English ini sendiri diterjemahkan langsung oleh Disney Channel.

Menanggapi hal tersebut, akhirnya pihak produksi Les’ Copaque mengambil alih penerjemahan bahasa Inggris di serial Upin & Ipin hingga saat ini.

  1. Soundtrack Upin dan Ipin Made In Indonesia

Walaupun Upin dan Ipin merupakan serial kartun buatan Malaysia, namun ternyata soundtrack Upin & Ipin yang berjudul “Sahabat Selamanya” merupakan buatan salah satu band terkenal asal Indonesia, yakni band Padi yang bekerjasama dengan Les’ Copaque.

Ini dilakukan dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia yang sama-sama masih serumpun bangsa Melayu.

  1. Upin dan Ipin Sempat Dimaki

Setiap serial tentunya memiliki penggemar dan pembenci, tidak terkecuali serial Upin & Ipin. Yang mana, serial Upin dan Ipin ini sempat dimaki oleh Paul Moss, seorang juri Malaysian Idol saat serial Upin & Ipin meraih penghargaan Best Screen Chemistry di Shout! Awards pada tahun 2009 yang lalu.

Di program yang disiarkan secara live itu, Paul Moss mengeluarkan pernyataan negatif. Atas perbuatannya itu ia pun banyak mendapatkan kecaman dari para netizen di Malaysia.

  1. Serial Upin & Ipin Tayang di Berbagai Negara

Upin dan Ipin merupakan serial kartun anak yang sangat populer. Sehingga tidak aneh kalau serial Upin dan Ipin tayang di banyak negara, tidak hanya di Malaysia saja namun juga di Asia Tenggara seperti Indonesia serta negara Eropa seperti Turki.