liburan di masa pandemi – Untuk mengurangi kejenuhan anak-anak dimasa liburan sekolah, dan termasuk selama dirumah saja akibat tidak bisa kemana-mana gara-gara pandemi covid-19, banyak perihal yang bisa mereka lakukan di tempat tinggal atau dilingkungan area tinggal mereka, seperti lakukan olahraga yang bisa melindungi stamina tubuh mereka kala tatanan kehidupan normal baru (new normal) diberlakukan oleh pemerintah daerah.

Hal itulah yang dilaksanakan oleh anak-anak yang tersedia di lingkungan perumahan Desa Kampung Baru Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Rasa suntuk dan kejenuhan yang mereka alami selama ini gara-gara tetap berada di tempat tinggal masing-masing, bisa terobati di kehidupan new normal selagi ini, meskipun cuma bersama dengan bermain badminton di halaman tempat tinggal mereka atau lingkungan area tinggal mereka.

Kecerian terpancar berasal dari muka mereka masing-masing, kala berada diluar tempat tinggal untuk bermain bersama dengan teman-temannya, atau saudara-saudaranya. Walaupun cuma hanyalah berolah raga saja itu sudah lumayan bagi mereka.

Melakukan olah raga dalam keadaan sekarang bagi anak-anak untuk isi liburan mereka dirasa sangat tepat sekali untuk mereka. Selain bisa melindungi kekuatan tahan tubuh atau sistem imun tubuh mereka, termasuk bisa untuk menangkal mungkin mereka terinfeksi virus corona.

Dengan lakukan olahraga teratur tiap-tiap harinya seperti, berlangsung kaki, bermain badminton, atau olahraga fisik lainnya yang bisa dilaksanakan di dalam tempat tinggal atau di lingkungan lebih kurang dapat bisa menambah sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Anak- anak yang tengah bermain badminton di halaman tempat tinggal mereka , dan menanyakan apakah mereka bahagia bersama dengan kesibukan olahraga yang dilaksanakan dirumah saja, mereka menjawab secara serentak “senaaaaaang”, teriak mereka sambil tertawa malu.

Selama libur sekolah kerap tinggal ditempat ummi Dewi kakak ibu Aka, daripada berada di tempat tinggal Aka di Desa Rambai. Di tempat tinggal rambai aka tidak miliki kawan tak hanya dua adik perempuan yang tetap kecil dan tidak bisa kemana-mana cuma dikurung dirumah saja, tapi terkecuali ditempat ummi Dewi , Aka miliki banyak kawan dan miliki banyak saudara yang bisa Aka ajak main”, ungkap Azka bocah berusia 8,5 th. yang tengah bermain badminton bersama dengan saudaranya.

Setiap sore Azka, adik, dan saudara-saudara sepupunya menghabiskan selagi bersama dengan bermain badminton di halaman tempat tinggal mereka. Selama pandemi mereka tidak kemana-mana, cuma menghabiskan selagi dirumah saja bersama dengan bermain atau berolahraga bersama dengan saudara-saudaranya.