Sumber: medium.com

Kebanyakan mahasiswa mengaku banyak yang salah dalam memilih jurusan kuliah sehingga mereka dengan terpaksa menjalani perkuliahan selama bertahun-tahun merasa menderita. Maka perlu dipelajari mengenai alasan dan rumus penting untuk memilih banyaknya dari jurusan kuliah yang tepat. Apalagi saat ini sudah mulai pendaftaran kuliah seperti pendaftaran UPH yang sudah di buka mulai pertengahan tahun 2020 ini.

Buat teman-teman yang baru lulus sekolah SMA atau bagi kamu yang ingin berjuang untuk dapat masuk ke Perguruan Tinggi, mungkin bulan-bulan pertengahan tahun 2020 ini menjadi bulan harap-harap cemas karena sudah dimulai pendaftaran kuliah 2020 yang banyak membuka kesempatan bagi kamu yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi.

Update Informasi Pengumuman

Bagi kamu yang ingin kuliah maka jangan sampai ketinggalan info mengenai jadwal pendaftarannya, pengumuman dan tesnya. Dengan demikian dalam mempersiapkan hal tersebut tentunya dalam bulan-bulan ini kamu harus bisa menentukan pilihan jurusan yang akan diambil. Karena saat ini pilihan jurusan yang tersedia ini banyak seperti ekonomi manajemen, akuntansi, komunikasi, teknik, hukum, sastra, bisnis dan juga kedokteran.

Pilihan jurusan tersebut sangatlah penting. Mengapa ? Karena nantinya perkuliahan akan dijalani selama beberapa tahun dengan mempelajari ilmunya, sehingga jangan sampai untuk menjalaninya dengan setengah hati dan nantinya  tidak menghasilkan apa-apa karena hanya akan membuang uang dan waktu dari kuliah.

Rumus Dan Tips Menentukan Jurusan Kuliah

Dengan demikian untuk mencegah adanya hal tersebut maka ada beberapa rumus atau tips dalam menentukan jurusan kuliah.

1. Pertama kamu harus menganalisa dulu sisi positif dan negatif dari jurusan yang diincar. Kemudian pikirkan indikator serta tolak ukur dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Pikirkan ulang motivasi apa yang membuat kamu memilih jurusan tersebut.

Lalu bagaimana rumus dalam memilih jurusan kuliah yang cocok dengan paling tepat. Pertama pastikan dulu apa yang akan dihadapi dan apa konsekuensinya yang akan dihadapi. Jika memang sudah menentukan jurusan kuliah maka pastikan harus tahu secara betul dan detail apa yang akan kamu alami pada saat kuliah nanti. Misalnya saja ketika memilih jurusan kuliah kedokteran maka kamu harus sudah siap untuk resikonya seperti membedah mayat atau ditempatkan mengabdi di daerah pedalaman.

2. Kemudian jangan memilih jurusan kuliah hanya karena adanya prospek finansial saja. Biasanya bahwa faktor yang satu ini yang menjadi salah satu pertimbangan orang tua yang ingin anaknya hidup dengan nyaman. Salah satu cara yang paling simpel menjadi orang kaya. Maka tidak jarang bagi orang tua yang berperan penting cukup besar dalam menentukan jurusan kuliah anaknya. Sebenarnya bagaimana menghargai keinginan itu dibandingkan dengan peluang finansial untuk mendapatkan peluang yang diinginkan.

3. Tips memilih jurusan berikutnya yaitu jangan memilih hanya berdasarkan mata pelajaran yang kamu kuasai. Bisa jadi hal tersebut menjadi indikator dalam nentuin jurusan kuliah. Akan tetapi pelajaran yang ada di sekolah bukan menjadi salah satu tolak ukur yang tepat dalam menentukan jurusan kuliah. Alasannya karena nantinya akan lebih luas dari mata pelajaran yang di sekolah.

Bahwa mata pelajaran yang ada di sekolah dapat menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah namun jangan menjadi satu-satunya faktor yang dilihat dalam diri kamu. Intinya bahwa membuat keputusan memilih jurusan kuliah ini kembali ke diri kamu sendiri. Sebab pada akhirnya bahwa kamu yang akan menjalani dan akan menerima konsekuensinya untuk seumur hidup kamu. Dengan kemudahan dalam mendaftar melalui goKampus segera pastikan jurusan kuliah yang kamu pilih dan segera mendaftar jurusan kuliah yang tepat.