Istilah ini mengacu pada proses di mana perilaku pasar dan konsumen dianalisis untuk kemudian mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, dengan tujuan utama menarik dan mempertahankan pelanggan melalui kepuasan kebutuhan mereka, sehingga memperoleh uang keuntungan bagi perusahaan , hal ini dianggap penting ketika ingin meraih sukses di pasar tertentu karena dapat mengantisipasi kebutuhan pasar, mengembangkan produk baru yang memudahkan kehidupan sehari-hari.

Apa itu pemasaran

Menurut American Marketing Association , istilah diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok institusi untuk berkomunikasi, membuat, mengubah dan menyampaikan penawaran yang memiliki banyak nilai bagi setiap konsumen di dunia, baik itu klien, perusahaan, maupun perusahaan. rekan kerja, antara lain.

Maka dapat dikatakan bahwa pemasaran mempunyai rangkaian teknik, strategi dan praktek yang tujuan utamanya adalah meningkatkan nilai suatu merek atau produk suatu perusahaan, hal ini agar barang dagangan itu lebih dipentingkan, sehingga konsumen dapat memperolehnya dengan mudah .

Benar-benar tidak tepat untuk berpikir bahwa pemasaran hanya berfokus pada penjualan suatu produk, karena itu benar-benar mencakup seluruh proses penjualan , mulai dari produksi, logistik, dan pemasarannya hingga produk berada di tangan konsumen.

Kata ini berasal dari bahasa Inggris pasar, yang artinya mengacu pada komoditas, tetapi kata “ing” ditambahkan untuk merujuk pada pemasaran atau, jika gagal, untuk pemasaran, ini berarti bahwa istilah tersebut mengacu pada studi atau analisis tujuan, sebab dan hasil yang dihasilkan berkat berbagai cara untuk menghadapi pasar .

Jenis pemasaran

Seperti istilah lainnya, pemasaran memiliki jenisnya masing-masing dan masing-masing akan dijelaskan di bawah ini.

Mkt sosial

Ini menerapkan teknik mkt komersial dalam studi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program yang dirancang untuk menghasilkan pengaruh pada perilaku sukarela audiens target, untuk meningkatkan kesejahteraan sosial mereka dan komunitas mereka. Ini dicirikan oleh prosesnya yang konstan dan karena difokuskan pada penerima.

Mkt komersial

Tujuannya adalah untuk menjual produk atau jasa , sehingga memperoleh keuntungan ekonomi. Tujuannya adalah untuk menentukan kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi, untuk menciptakan penawaran yang menghasilkan pendapatan yang cukup yang dapat menutupi biaya dan keuntungan, agar perusahaan dapat berkembang dalam lingkungan pasar yang kompetitif dan bebas. Di sini penerapan pemasaran jaringan dapat dilakukan, namun, beberapa pedagang lebih memilih untuk mendapatkan bantuan dari agen pemasaran agar lebih aman.

Industri mkt

Ini adalah jenis pemasaran bisnis yang dicirikan oleh jenis pasar dan produk di mana prinsip dasar mkt diterapkan, karena sektor atau bidang pekerjaannya adalah industri, strategi pasar harus ditujukan untuk menyoroti kinerja teknis produk dalam kaitannya dengan harga jualnya .

Mkt internasional

Ini mencakup semua strategi yang dapat diterapkan dalam budaya yang berbeda , tujuannya adalah untuk mengetahui ketidaksetaraan lingkungan di mana perusahaan bergerak melalui wilayah internasional yang berbeda, dengan strategi yang berorientasi pada globalisasi produk di pasar internasional.

Mkt olahraga

Ini adalah salah satu yang mengacu pada serangkaian strategi yang ditujukan untuk komersialisasi dan distribusi produk dan layanan, dalam konteks olahraga . Ketika berbicara tentang jenis strategi ini, perbedaan harus dibuat antara: Promosi acara dan entitas olahraga dan penyebaran merek atau produk melalui acara dan entitas ini.

Mkt politik

Ini adalah salah satu yang terdiri dari serangkaian teknik penelitian, manajemen dan komunikasi yang biasanya digunakan dalam desain dan implementasi tindakan strategis selama kampanye politik , baik itu propaganda pemilu atau kelembagaan. Pemasaran semacam ini muncul pada pertengahan abad ke-20 di Amerika Serikat, sedangkan di Amerika Latin masih dianggap sebagai fenomena baru.

Mkt perbankan

Ini adalah salah satu yang berkaitan dengan studi, perencanaan, pengendalian dan koordinasi, antara berbagai departemen dalam bank, serta strategi yang ditujukan untuk pasar saat ini dan pasar potensial, untuk memenuhi kebutuhan pengguna secara permanen dan menguntungkan .

Mkt layanan

Layanan adalah tindakan tidak berwujud yang memenuhi fungsi untuk memenuhi kebutuhan klien tertentu . Ini adalah cabang pemasaran yang dicirikan dengan mengadaptasi beberapa strateginya dengan karakteristik layanan, yaitu intangibility, variability, dan fusable nature. Itulah mengapa untuk aspek ini, ini akan menjadi pusat suplai Anda ke pasar .

Strategi pemasaran

Dalam aspek ini, semuanya berfokus pada tindakan yang dapat diterapkan dalam jangka panjang , yaitu situasi yang mungkin muncul di masa mendatang dan bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi pergerakan barang dagangan sehari-hari. Bergantung pada pendekatan yang diberikan pada pemasaran, ia memiliki strategi sebagai karakteristik utamanya, karena hanya dengan demikian ia memiliki kemampuan untuk menentukan dan mengidentifikasi setiap tindakan yang berlaku untuk melaksanakan situasi yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, meminimalkan pelaksanaan sumber daya dan mengubah bisnis menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan dan bertahan lama.

Cukup dapat diterapkan untuk menjalankan strategi pemasaran nirlaba untuk memaksimalkan keuntungan atau hanya fokus pada membantu masyarakat melalui pemasaran sebab akibat, mkt global, pemasaran konten, mkt seluler atau pergi dengan agensi pemasaran juga dapat diterapkan, dari Either way, mereka adalah semua strategi yang memaksimalkan penjualan dan menarik perhatian konsumen.

Perlu diingat bahwa tujuan utama sebuah perusahaan adalah membuat dirinya dikenal dan bagaimana ini bisa dicapai? mencapai bahwa barang dagangan mencapai konsumen berkat berbagai praktik. Mempertimbangkan hal ini, perlu dijelaskan semua strategi yang dapat digunakan untuk terhubung dengan konsumen.