Dulu sekitar tahun 2016 saya sedang bernafsu-nafsunya untuk menjelajahi pulau lombok. Pasalnya, pulau yang masih asing di telingaku ini kok sering sekali muncul di beberapa acara televisi yang bertajuk wisata dan traveling. 

Sebut saja program my trip my adventure yang menjadi acara favorit pecinta dunia traveling yang paling ngehits ini berulang kali menayangkan setiap sisi keindahan pulau lombok. Gimana gak ngiler akunya?

Rasanya pengen lempar tuh tv tabung dan ganti dengan TV led yang lebih ramping. ehehe..

Tabungan belum cukup dan hutang terus nambah, sementara jajan si doi makin intens aja. Disitu kadang aku ingin putus yaelah..

Syukurnya di penghujung tahun 2016 aku dapat ketiban rezeki nomplok. Waktu itu aku sukses brokerin sebidang tanah yang harganya mencapai miliaran dan komisiku sekitar 200-an juta. (sekarang sudah habis).

Begitu terima komisi, hal pertama yang aku lakuin adalah membeli tiket bolak-balik ke lombok. Sementara hotel belum berani booking sebab belum jelas itinerary perjalananku. 

Aku termasuk orang yang kalo pergi wisata gak suka pakai guide atau paket-paketan, rasanya gak puas aja sebab kebanyakan diarahin buat belanja sama tour guidenya.

Namun resikonya, aku merasa jadi orang paling asing di pulau seribu masjid itu. Untungnya ada sebuah aplikasi bernama Lombok in Hand besutan Lombok Journey sebuah perusahaan tour operator di pulau lombok.

Aplikasi tersebut sangat membantuku dalam hal navigasi ke spot-spot wisata di seluruh pulau lombok. Mulai dari air terjun, hotel, pantai, bukit hingga gunung.

Hal yang paling kusukai dari aplikasi ini adalah kemampuan aplikasi untuk mengukur destinasi wisata terdekat dengan posisi kita saat ini.

Namun, yang namanya buatan manusia tentu tidaklah sempurna. Di dalam aplikasi ini masih ada destinasi wisata yang belum dimasukkan ke dalam database aplikasi navigasi wisata lombok in hand. Semoga tulisan ini dibaca oleh developer aplikasinya dan segera diperbaiki.

Aku berharap dikunjunganku berikutnya nanti, aku menemukan spot-spot wisata baru di aplikasi ini. Tentu ini bukan harapanku sendirian, tapi harapan ribuan orang pengguna aplikasi ini.

Maju terus pariwisata lombok, dan pariwisata indonesia.