Trafik website turun tiba-tiba

Mendiagnosis penurunan lalu lintas situsMasuk ke akun Google Analytics Anda dan melihat tren penurunan yang tajam di statistik lalu lintas Anda bisa jadi menakutkan.

Apa yang tadinya tampak seperti tren yang menjanjikan dalam pertumbuhan lalu lintas yang meningkat dapat dengan cepat berubah menjadi visi pintu tertutup dan rencana perluasan yang dibatalkan jika tidak ada lalu lintas penelusuran alami yang pernah Anda andalkan.

Untungnya, beberapa penyebab kemacetan lalu lintas dapat diatasi dengan mudah, sementara penyebab lainnya membutuhkan waktu lebih lama untuk diperbaiki. J

adi sebelum Anda mulai panik, ikuti langkah-langkah diagnostik berikut untuk menentukan dengan tepat apa yang menyebabkan penurunan jumlah pengunjung Anda:

Langkah # 1 – Lihat apakah situs Anda aktif dan berjalan

Meskipun langkah pertama ini mungkin tampak agak jelas, reaksi langsung Anda terhadap penurunan lalu lintas situs web seharusnya adalah menentukan apakah situs Anda aktif atau tidak.

Sejumlah hal dapat merusak situs web – mulai dari masalah hosting hingga masalah dengan pencatat nama domain Anda dan banyak lagi. Jika Anda melihat bahwa situs Anda tidak aktif , segera hubungi penyedia hosting Anda untuk informasi tentang apa yang mungkin menyebabkan pemadaman Anda saat ini.

Banyak cara untuk bisa masuk halaman 1 Google tanpa repot buat backlink, misalnya dengan bantuan Jasa Backlink PBN Permanen, anda bisa lebih santai dan tidak repot.

Langkah # 2 – Pastikan kode analitik Anda dipasang dengan benar

Jika situs Anda aktif, langkah Anda selanjutnya adalah memeriksa integrasi kode analitik Anda. Ini adalah langkah yang sangat penting untuk diambil jika Anda telah menambahkan kode analitik ke situs Anda menggunakan plugin, karena kehadiran beberapa plugin dapat menyebabkan konflik di mana satu program mengganggu operasi yang lain.

Selain itu, membuat perubahan pada kode situs Anda atau memperkenalkan modifikasi kode analitik pihak ketiga dapat menyebabkan situs Anda berhenti melaporkan data lalu lintas dengan benar. Periksa ini sebelum Anda mengkhawatirkan penyebab kemerosotan lalu lintas yang lebih serius.

Langkah # 3 – Tentukan apakah situs Anda telah diretas atau tidak

Selanjutnya, jika situs Anda berjalan dan kode analisis Anda tampaknya dipasang dengan benar, Anda pasti ingin melihat apakah situs Anda telah diretas, karena ini dapat mengakibatkan lalu lintas Anda disalurkan ke situs eksternal.

Cara termudah untuk memeriksa apakah situs Anda telah diretas adalah dengan memasukkan kueri “links: yoururl.com” (tanpa tanda kurung) ke Google. Jika Anda melihat konten spam apa pun di cuplikan yang muncul, kemungkinan Anda telah diretas. Hubungi penyedia hosting web khusus Anda atau pengembang situs web yang memenuhi syarat untuk membantu mendapatkan kembali situs Anda.

Langkah # 4 – Masuk ke akun Alat Webmaster Anda

Langkah penting lainnya dalam proses diagnosis penurunan lalu lintas adalah masuk ke akun Alat Webmaster Google Anda (dengan asumsi Anda telah menyiapkannya sebelum memperhatikan penurunan lalu lintas Anda).

Setelah Anda berada di dalam, navigasikan ke bagian “Pesan”. Di sinilah Google memberi tahu webmaster tentang masalah utama yang muncul; termasuk situs yang tidak dapat diakses oleh program pengindeksan Google, situs yang terdeteksi melanggar pedoman webmaster perusahaan, dan situs yang telah diberi hukuman manual dalam hasil penelusuran.

Jika Anda melihat pemberitahuan di sini, Anda mungkin bisa mendapatkan beberapa wawasan tentang apa yang salah dengan lalu lintas situs Anda dan langkah apa yang perlu Anda ambil untuk memperbaiki situasi tersebut. Namun jika Anda tidak memiliki pesan baru dari Google, Anda harus melanjutkan ke langkah terakhir dalam proses diagnosis…

Langkah # 5 – Periksa blog SEO untuk berita tentang pembaruan algoritma

Google dan mesin pencari lainnya terus-menerus mengubah algoritme mereka. Akibatnya, penurunan lalu lintas yang tiba-tiba dapat berarti bahwa situs Anda tidak lagi memenuhi standar mesin dan turun dalam peringkat penelusuran biasa – yang menyebabkan penurunan lalu lintas yang sesuai.

Cara termudah untuk menentukan apakah salah satu dari pembaruan ini telah terjadi atau tidak adalah dengan mengunjungi blog SEO populer seperti Dunia Mesin Pencari ,

Mesin Pencari Land atau Moz , karena situs-situs ini sering kali menjadi yang pertama melaporkan perubahan dalam mesin utama. Mereka juga akan menjadi yang pertama melaporkan metode yang dapat digunakan situs untuk mendapatkan kembali peringkat mereka yang hilang, yang mungkin berperan penting dalam kemampuan Anda untuk mendapatkan kembali lalu lintas yang hilang dari situs Anda.

5 Langkah Membangun Rencana Pemasaran Digital

Namun, ketahuilah bahwa proses pemulihan dari lalu lintas yang hilang karena perubahan algoritme bisa jadi sulit dan memakan waktu – jika Anda bisa memulihkan sepenuhnya. Karena jenis penurunan lalu lintas ini dapat merusak bisnis, sebaiknya hindari menggunakan teknik SEO abu-abu atau topi hitam, karena ini dapat membahayakan stabilitas jangka panjang situs Anda. Alih-alih, fokuslah untuk menambahkan banyak konten hebat ke situs web Anda dan buat tautan dengan cara yang alami – daripada menggunakan teknik manipulatif untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Semoga penyebab penurunan traffic Anda yang tiba-tiba akan menjadi sesuatu yang dapat diselesaikan dengan mudah, seperti dalam beberapa langkah pertama yang dijelaskan dalam proses ini. Namun jika bukan ini masalahnya, ketahuilah bahwa pemulihan dapat dilakukan, meskipun Anda mungkin menghadapi jalan yang panjang untuk mengembalikan situs Anda ke pola lalu lintas sebelumnya

Jika ingin tahu bagaimana cara melakukan SEO dengan benar, bisa belajar SEO WordPress melalui Kaffah Academy, gratis dan mudah.