Akuntansi biaya merupakan laporan akuntansi yang memberikan analisa tentang biaya perusahaan. Akuntansi biaya akan mencatat apa saja jenis biaya yang timbul pada perusahaan akibat bisnis utama maupun akibat di luar bisnis utama.

Melalui akuntansi biaya, kamu dapat menemukan informasi seperti jumlah biaya yang digunakan untuk belanja perusahan, asal muasal dan transaksi biaya lainnya. Laporan akuntansi biaya sangat membantu manajemen untuk melihat efisiensi perusahaannya.

Pengertian Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang membukukan laporan biaya pada periode akuntansi tertentu. Tidak hanya itu, akuntansi biaya juga memiliki sistem, informasi dan analisa. Pada awalnya akuntansi biaya ini digunakan untuk usaha manufaktur karena usaha ini memiliki banyak jenis biaya operasional.

Namun saat ini sistem akuntansi biaya telah banyak digunakan pada berbagai jenis perusahaan lainnya. Melalui Informasi yang disajikan dari akuntansilengkap.com, pihak manajemen dapat melihat bagaimana strategi untuk penetapan harga jual maupun pengembanngan produksi. Pasalnya seluruh biaya dan pengeluaran bisa dilihat dengan jelas.

Jenis Jenis Akuntansi Biaya

Karena pada setiap bisnis perusahaan muncul banyak biaya sehingga kami akan memberikan jenis-jenis biaya dalam akuntansi biaya.

Biaya langsung

Sesuai namanya biaya langsung adalah biaya yang muncul sebagai akibat dari proses bisnis utama perusahaan. Contoh biaya langsung adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya persediaan dan biaya distribusi.

Biaya tidak langsung

Biaya tidak langsung adalah biaya yang muncul bukan karena bisnis utama perusahaan. Contoh biaya langsung diantaranya biaya listrik dan biaya iklan pemasaran.

Biaya variabel

Biaya variabel adalah biaya yang muncul dan nilainya berubah sesuai dengan jumlah produksi barang oleh perusahaan. Misalnya perusahaan pembuatan sepeda motor maka membutuhkan besi atau plastik yang termasuk dalam golongan Biaya variabel.

Pasalnya ketika jumlah produksi sepeda motor akan ditambah tentu terjadi peningkatan pembelian besi dan plastik. Dengan kata lain Biaya variabel tidak akan sama jika ada perubahan jumlah produksi setiap periodenya.

Biaya tetap

Biaya tetap adalah biaya yang muncul pada perusahaan untuk tempat kegiatan perusahaan supaya bisa terus beroperasi. Biaya tetap juga tidak berubah meskipun jumlah produksi bertambah maupun penjualannya bertambah.

Contoh Biaya tetap adalah biaya sewa gedung. Jadi meskipun jumlah produksi perusahaan bertambah nilai atau biaya untuk sewa gedung akan tetap sama.

Biaya operasional

Biaya operasional adalah biaya untuk menjalankan usaha maupun bisnis perusahaan sehari-hari. Biaya operasional tidak termasuk biaya Pembelian bahan baku produk. Jadi biaya operasional adalah biaya yang timbul selain dari biaya variabel maupun biaya tetap