Sedot wc – Menyedot WC atau septic tank (tangki septik) secara rutin merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi lingkungan agar selalu bersih, nyaman, dan sehat. Kapasitas tangki truk penampung limbah biasanya terdiri dari 2 meter kubik, 4 meter kubik, dan 6 meter kubik (m3). Harga yang ditawarkan pun tergantung penyedia jasa dan wilayah masing-masing.

Salah satu penyedia jasa swasta di Jabodetabek misalnya, menentukan biaya sedot WC per meter kubik mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Sementara itu, biaya sedot WC atau limbah dari pemerintah diatur melalui peraturan daerah (perda).

WC salah satu bagian dari rumah yang perlu dijaga dan dirawat. Salah satu metode perawatan yang umum digunakan adalah dengan sedot WC. Sedot WC perlu dilakukan karena seiring dengan penggunaan secara rutin, isi tangki pembuangan akan menjadi semakin penuh. Karena itu, perlu dibuang supaya isinya tidak mencemari ke mana-mana.

Penyedotan Limbah / Sedot WC

Selain bisa mencemari saluran lain atau lingkungan sekitar, tangki septik yang penuh bisa jadi membuat proses flushing bermasalah, sehingga kotoran lebih sulit masuk ke dalam WC. Tidak hanya itu, tangki septik yang penuh juga berpotensi mengeluarkan aroma yang tidak sedap yang dapat mengganggu lingkungan sekitar rumah. Alasan lain, ukuran tangki septik berbeda-beda di tiap rumah atau lokasi. 

Secara umum, tangki septik yang ada di rumah bisa digunakan dalam waktu maksimal hingga tiga tahun. Apabila jumlah bakteri yang terdapat di dalam tangki septik sudah tidak mampu lagi untuk menghancurkan kotora, maka otomatis kemampuan tangki septik untuk mengolah kotoran menjadi lebih lambat. Sedot WC perlu dilakukan berkala agar WC di rumah tidak mampet sehingga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap serta berpotensi menimbulkan penyakit.

Waktu Terbaik Untuk Sedot WC

Sedot WC sebaiknya dilakukan secara berkala dalam kurun waktu 1-3 tahun sekali. Hal ini selain untuk menghindari pencemaran lingkungan dan masalah pada WC saat digunakan, seperti mampet. Terlalu lama membiarkan septic tank penuh juga bisa mempengaruhi kualitas air yang kita gunakan untuk mandi. Jadi, sebaiknya rutin bersihkan septic tank dengan menggunakan jasa sedot wc terdekat.

Beberapa manfaat melakukan sedot WC secara rutin, yaitu:

Hemat air : Dalam melakukan penyiraman untuk menghilangkan kotoran pada toilet akan lebih mudah jika septictank tidak penuh, dan air yang digunakan untuk menghilangkan noda dan kotoran akan lebih sedikit. Terutama anda yang berada di kota-kota besar, pada saat musim kemarau tiba akan sulit mendapatkan air bersih. dan pada saat itulah dijadwalkan untuk melakukan sedot wc.

WC mudah Dibersihkan : Dengan melakukan sedot wc secara rutin dan teratur maka septictank yang ada dirumah tidak akan mudah penuh. Dengan septictank yang tidak penuh maka kotoran yang ada di toilet rumah anda akan mudah dibersihkan. Namun jika septictank yang ada dirumah anda sudah penuh, akan susah disiram dan dibersihkan sehingga akan tertinggal di toilet anda.

Membantu pembuangan limbah : Sebelum ada jasa sedot WC. kebanyakan orang membuat septictank baru di tempat yang berbeda. Selain membuat fungsi lahan berkurang, juga membutuhkan dana yang lebih besar. Tetapi saat ini sudah ada jasa sedot WC yang akan membuat septictank anda menjadi kosong kembali dan tidak perlu membuat septictank di tempat yang baru, dengan cara mudah anda bisa memanggil jasa sedot WC berpengalaman dan ahli di wilayah anda.