Dari sekian banyaknya investasi, pastilah obligasi jadi salah satu incaran kamu, ya kan? Nggak heran sih, karena investasi seperti ini memiliki resiko yang rendah dan keuntungan maksimal, sehingga tak heran jika investasi obligasi adalah cara favorit para investor dalam menginvestasikan uangnya.

Di Indonesia sendiri, kita mengenal ada yang namanya investasi obligasi negara atau Surat Berharga Negara (SBN). Ini adalah surat utang Pemerintah Indonesia yang hanya dijual kepada individu yang merupakan Warga Negara Indonesia melalui agen yang telah ditunjuk, salah satunya adalah digibank by DBS.

SBN sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok produk yaitu:

  • Berdasarkan underlying asset: Konvensional (SBR, ORI, FR, INDON) dan Syariah/Sukuk (ST, SR, INDOIS)
  • Berdasarkan pasar penjualannya: di Pasar Perdana (SBR, ORI, ST, SR) dan di Pasar Sekunder (FR, INDON, INDOIS)

Nah, kamu juga bisa lho, ikut menjadi salah satu investor obligasi negara melalui digibank by DBS. Selain aman karena memiliki resiko yang rendah, obligasi juga dapat memberikan keuntungan yang maksimal karena memiliki bunga obligasi yang besar. Selain itu, investasi obligasi negara ini juga dijamin oleh pemerintah RI.

Soal jumlah investasi?

Teang saja, kamu bisa start dari angka Rp 1 juta saja lho!

Selain itu, dengan berinvestasi obligasi negara, kamu juga telah ikut serta dalam membantu pembangunan negara Indonesia.

Cara untuk mulai berinvestasi SBN bersama digibank by DBS juga gampang sekali. Yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Pertama, kamu harus download Aplikasi digibank by DBS dari App Store atau Play Store. Setelah itu, masukkan data diri untuk membuat rekening tabungan digibank. Jangan lupa siapkan e-KTP kamu sebelumnya ya.
  2. Kalau sudah, klik “Obligasi” dan cek ketersediaan produk. Jika produk tersedia, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui profil risiko dan membuat nomor SID. Apabila nomor SID sudah dibuat, tunggu sampai kamu mendapatkan notifikasi email.
  3. Setelah email notifikasi kamu terima, segera login kembali ke Aplikasi digibank by DBS, dan klik “Registrasi e-SBN” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  4. Kamu bisa memilih produk yang tersedia di sana sambil memasukkan jumlah yang diinginkan. Lalu, lakukanlah pembayaran.
  5. Pastikan kamu melakukan pembayaran hingga 3 jam setelah pemesanan, atau pemesanan kamu akan dianggap batal dan kuota pemesanan individu kamu akan bertambah sejumlah pembatalan dua hari kerja berikutnya.
  6. Setelah proses pembayaran selesai, kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) pada laman konfirmasi pembayaran.
  7. Jangan lupa cek status pesanan di bagian “Dalam Proses”. Jika pembayaran berhasil, pesanan kamu akan ditandai dengan “Sudah dibayar”, sedangkan yang belum akan ditandai dengan “Menunggu dibayar”.

Selain bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran dan membeli investasi obligasi, Aplikasi digibank by DBS juga bisa berfungsi untuk mengecek dan menjual obligasi yang kamu miliki. Jadi, hanya dengan layanan 24 jam dari satu Aplikasi digibank by DBS saja, kamu sudah bisa melakukan semuanya. Kamu pun bisa tenang melakukan transaksi investasi secara online melalui digibank by DBS, karena sesuai dengan tekad digibank by DBS, yaitu DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik.

Oh ya, Obligasi Negara Ritel ini bisa diperjualbelikan sebelum tanggal jatuh tempo. Caranya juga mudah, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi digibank by DBS.

Semua proses registrasi, pemesanan, sampai penjualan obligasi negara milik kamu melalui Aplikasi digibank by DBS ini juga gratis! Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan di luar uang investasi yang kamu gunakan untuk membeli obligasi negara. Dan, setelah proses registrasi dan pembelian selesai, kamu tinggal menunggu keuntungan investasi cair setiap bulannya.

Yuk, daftar untuk berinvestasi obligasi negara sekarang juga lewat Aplikasi digibank by DBS di App Store atau Play Store