Ibu-ibu yang hobi mengoleksi tanaman hias pasti sudah mengenal tanaman hias tapak dara. Tanaman ini juga dikenal sebagai periwinkle Madagaskar, ibu.

Tanaman hias tapak dara terkenal dengan warna bunganya yang biru, lho. Bunga ini juga sangat mirip dengan jenis bunga tropis lainnya.

 

Tanaman hias tapak dara merupakan tanaman perdu dengan batang tegak dan daun lonjong tertutup rapat berwarna hijau tua mengkilat. Tapak dara juga memiliki pelepah berwarna hijau muda lho, Moms.

 

Jika tapakdala ditanam dalam pot kecil sebagai dekorasi kantor atau tempat kerja, maka Anda tetap perlu merawatnya, meskipun sebenarnya ada. Berikut tips merawat dan menumbuhkan Hias Bunga Tapak Dara, diantaranya:

 

Gunakan sekam kayu dan air secukupnya. Masih baru tanaman bunga tadara diberi sekam kayu yang sudah dibasahi dan diberi air secukupnya. Mirip dengan menanam jamur tiram. Jangan terlalu banyak terkena sinar matahari karena akan membuat bunga layu dan mati. Yang terbaik adalah menyiram setiap hari atau setiap hari.

 

Gunakan wadah atau wadah yang tidak terpakai dan kabel kecil. Tanaman hias bunga tapak dara dicabut beserta akarnya yang sehat. Selanjutnya anda tempatkan tanaman bunga tapak dara dalam wadah yang berisi air secukupnya. Sistem penanaman bunga ini menggunakan tipe gantung. Dengan demikian, diperlukan waktu 4-5 hari untuk mengganti air di wadah bunga. Dan umumnya berada di sekolah-sekolah atau kantor-kantor kecil lainnya.

 

Selanjutnya adalah hidroponik. Tumbuh hidroponik tumbuh dengan kerikil, tanah dan pasir dan banyak air. Penanaman jenis ini biasanya dilakukan ketika Anda tidak memiliki lahan atau lahan yang luas untuk menanam.

Jika bunga tapak ditanam di dalam pot, cara penempatannya sebaiknya digantung. 

 

Penanaman bunga tapakdara ini biasanya dilakukan dalam pot besar. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan, cukup air dan sinar matahari. Air sekali sehari. Pupuk yang cukup harus diberikan setiap minggu.

 

Jika Anda tertarik untuk merawat tanaman hias tapak dara, Anda harus mengetahui cara merawatnya yang benar. Dilansir dari laman Houseplant Guide, berikut tips dan cara merawat tanaman hias tapak dara.

 

1. Cahaya

Tanaman hias tapak dara akan tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, bu. Jika tidak ada cukup cahaya, itu akan menumbuhkan kaki dan tidak akan mekar.

Tanaman tapak dara membutuhkan banyak cahaya untuk mekar. Tempatkan telapak tangan perawan Anda di tempat di mana Anda bisa mendapatkan beberapa jam sinar matahari setiap hari. Jangan khawatir, Bu. Tapak dara merupakan tanaman hias yang tahan panas.

 

2. Air

Sementara bunga dan tanaman hias sangat menyukai sinar matahari yang cerah, jangan lupa untuk menyiramnya ya Moms. Siram secara menyeluruh untuk menjaga tanah tapak asli tetap lembab.

Jika menanamnya dalam wadah seperti pot, gunakan pot dengan lubang drainase. Ini akan menjaga tanah agar tidak basah.

 

3. Suhu dan kelembaban

Tanaman hias tapak dara merupakan tanaman asli tropis yang menyukai udara lembab. Jika kelembaban relatif turun di bawah 50%, letakkan pot di atas nampan dengan kerikil basah.

Selain itu, induknya, tapak dara bisa tumbuh di suhu sekitar 18 hingga 29 derajat Celcius. Jika cuaca hujan atau dingin, di bawah 16 derajat Celcius, tapak perawan dapat ditempatkan di dalam ruangan.

 

4. Tanah

Karena tergolong tanaman perdu hias, bisa langsung ditanam di tanah atau di pot, Bu. Jika Anda ingin menggunakan tanaman pot, pastikan untuk menggunakan campuran tanah yang dikeringkan dengan baik.

anda dapat mencampur campuran serba guna dan menambahkan sedikit perlit. Bunda, ini akan membuat tapak semakin subur.

 

5. Pupuk

Sama seperti tanaman hias lainnya, tanaman tapakdala membutuhkan makanan, mama. Oleskan pupuk seimbang yang larut dalam air, diencerkan menjadi dua, setidaknya setiap dua minggu saat tanaman tumbuh dan mekar.

Untuk memperbanyak palem yang baru lahir, benih bisa ditaburkan di dalam ruangan saat musim hujan dan dijaga suhunya 21 derajat Celcius ya. Biji membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk berkecambah.

Baca Juga all about gardening activities