5 Tips Belajar Nyaman dan Efektif di Rumah Buat Kaum Rebahan

Di masa Pendemi segala sesuatu memang dilakukan tidak seperti seharusnya seperti belajar, bekerja, berolahraga dan masih banyak lagi kegiatan yang hanya bisa dilakukan dirumah. Nah hal itu membuat banyak orang kebingungan sekaligus stress, apa lagi dalam hal belajar. Banyak sekali siswa atau pun mahasiswa yang merasa kegiatan daring atau belajar dirumah tidak efektif. Namun kalian tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips untuk tetap efektif belajar dirumah. Nah bagi kalian yang penasaran seperti apa berita terbaru, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Merenovasi ruang belajar

Tips pertama adalah merenovasi ruang belajar, nah dilansir dari Washington University, mengatakan bahwa sangat penting untuk memisahkan antara ruang belajar dan ruang relaksasi. Mau tidak mau kalian harus mengusahakan tempat belajar dengan tempat tidur harus terpisah. Setelah dailakukan uji coba tersebut, banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa belajarnya menjadi lebih efektf karena ruangan belajarnya tidak tercampur dengan tempatĀ  tidur untuk merilekskan tubuh. Dengan memisahkan ruangan, kamu juga akan memaksimalkan istirahat saat belajar, ketika kamu akan istirahat kamu tidak akan terbayang-bayang oleh pelajaran.

2. Senantiasa Menjaga Kondisi Kesehatan

Hal selanjutnya yang harus kalian perhatikan agar tetap maksimal saat melakukan kegiatan belajar dirumah yaitu senantiasa menjaga kesehatan, baik kesehatan jasmani dan rohani. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu perlu benar-benar memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Selain memperhatikan asupan makanan dan minuman, kalian juga perlu melakukan peregangan tubuh sebelum memulai belajar, hal ini dapat membantu otakmu agar beristirahat selama dalam proses belajar.

3. Tetap Bersosialisasi

Hal ini memang terdengar remeh, namun hal ini adalah hal yang penting dalam mempengaruhi kualitas belajar seseorang. Kamu bisa bersosialisasi dengan keluarga mengobrol santai, dan refreshing di taman yang ada di rumah. Atau setidaknya kamu harus bersosialisasi dengan teman-temanmu melalui video call agar kamu tidak merasa kesepian saat berada di dalam rumah. Dari sumber Washington University, hal ini dapat membuat kamu menjadi lebih fokus saat belajar, mengapa? Ternyata secara tidak langsung kegiatan sosial dapat menumbuhkan motivasi positif dalam dirimu, maka dari itu kamu harus sering bersosialisasi.

4. Mencatat Yang Perlu Saja/Merangkum

Kegiatan belajar secara online memang menjadi hal yang sangat baru dan membosankan untuk dijalani. Jika biasanya kamu sering mencatat semua hal yang disampaikan oleh guru atau dosen, maka ketika kamu melakukan kegiatan belajar dirumah kamu tidak perlu mencatat semuanya tetapi dirangkum saja. Mencatat semua hal yang disampaikan oleh guru akan membuat kamu merasa jenuh dan menurunkan kualitas belajarmu untuk jangka waktu kedepan, maka dari itu tidak perlu terlalu rajin mencatat ketika belajar dirumah.

5. Dipahami Bukan Dihafal

Sebenarnya tips ini juga berlaku untuk belajar tatap muka bukan hanya online saja, mengapa? Kebanyakan mahasiswa atau siswa memilih metode menghafal pelajaran, hal inilah yang membuatkalian stress. Jika seorang guru atau dosen menyampaikan pelajaran, kamu tak perlu menghafal semuanya melainkan pahami terlebih dahulu apa substansi yang disampaikannya, hal ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dan tidak membuat kalian mudah bosan. Nah mulai sekarang kamu hanya perlu memahami apa yang disampaikan oleh guru kalian, dan ingat catat ranguman seperlunya saja.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara belajar efektif dirumah saja, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.