Kipas angin adalah salah satu alat elektronik yang paling sering digunakan, apalagi oleh perusahaan penyedia layanan sewa kipas blower. Karena sering digunakanlah menyebabkan kipas angin rentan mengalami kerusakan. Kerusakannya bermacam-macam, ada yang mengalami masalah pada baling baling seperti baling baling kadang berputar kadang tidak, berputar lambat, berputar namun menimbulkan suara yang berisik, putarannya tidak stabil dan aneh. Atau masalah pada komponen dalam yang tersambung dengan listriknya, misalnya mati total, hidup hanya jika kabelnya ditekuk, masalah pada tombol seperti tombol yang terpendam, tidak berfungsi, hanya berfungsi beberapa, dan terlepas.

Jika anda mengalami masalah masalah ini, sebetulnya anda masih bisa memperbaikinya sediri. Melalui artikel ini, saya akan membagikan cara gampang memperbaiki kipas angin yang rusak.

1. Cek komponen yang rusak

Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan megecek satu persatu bagian pada kipas angin anda. Pertama, bongkarlah kipas angin yang bermasalah tersebut, lalu lihat mulai dari kabel stop kitaknya. Dari sana sampai ke motherboard-nya apakah ada kabel yang terputus atau tidak. Masalah kabel harus ditekuk agar menyala biasanya ada masalah dibagian ini. Lalu ceklah kemudian bagian komponen moteherboard-nya, apakah ada yang meleleh, hangus, rusak, atau tidak berfungsi. Cek apakah komponen berfungsi atau tidak menggunakan AVO meter. Jika ada yang rusak, biasanya masalah yang timbul adalah mati total. Setelah itu cek bagian mesin atau motor listrik. Lihat apakah ada benang, rambut, debu dan kotoran yang tersangkut. Jika ya, segeralah bersihkan. Kotoran tersebut akan menyebabkan kipas angin berputar tidak maksimal. Lalu berikanlah pelumas.

2. Ganti komponennya

Jika anda menemukan komponen yang rusak, maka cobalah untuk menggantinya dan membelinya dengan yang baru. Hindari menggunakan komponen yang sama yang sudah malfungsi atau memaksanya dengan memberikan ganjalan, mensoldernya untuk memaksa funsinya. Jika ada bagian yang patah dan terputus, maka menyambungkannya adalah cara yang bagus, namun hindari mengganjal atau memaksa satu komponen bekerja padahal sudah kurang berfungsi dengan baik. Jadi, gantilah komponen yang rusak tersebut.