Sabun cuci piring digunakan untuk membersihkan piring dengan lebih mudah. Tentunya menggunakan sabun ini bermaksud untuk membuat piring lebih bersih dari kuman dan kotoran. Menemukan sabun cici piring juga sangat mudah. Ada banyak merek yang bisa anda temukan. Selain menggunakan sabun cuci yang sudah ada, anda juga bisa membuatnya sendiri. Cara membuatnya juga terbilang sangat simpel. Hanya menggunakan bahan – bahan yang mudah ditemukan dengan harga yang murah anda sudah bisa membuat sabun cuci piring sendiri di rumah. Ulasan kali ini akan membahas mengenai cara membuat sabun cici piring sendiri dengan lebih mudah dan murah. Penasaran dengan bagaimana caranya? Langsung saja jika ulas satu per satu.

Cara yang pertama adalah menggunakan baking soda dan garam. Baking soda menjadi bahan utama ketika ingin membuat sabun cici. Hal ini dikarenakan baking soda mempunyai kandungan bikarbonat yang mana sangat ampuh untuk mengangkat noda dan minyak yang membandel di piring. Cara membuatnya adalah mencampurkan baking soda dengan garam ditambah air hangat sedikit saja. Tambahkan air hingga adonan berubah menjadi kental. Setelah itu oleskan pada piring diamkan selama satu menit lalu bilas dan cuci piring tersebut.

Cara kedua yakni tetap menggunakan baking soda namun ditambah dengan lemon. Baking soda memang tetap harus digunakan untuk membuat sabun cuci piring. Caranya hampir sama dengan cara yang pertama. Hanya menggunakan baking soda ditambah lemon. Setelah menjadi sebuah campuran baru maka anda bisa mulai mengoleskan bahan tersebut pada piring yang akan dibersihkan. Kandungan yang dimiliki baking soda dan lemon akan membuat piring lebih mudah dibersihkan.

Cara ketiga masih menggunakan baking soda namun dicampur dengan cuka. Cuka mempunyai kandungan asam sehingga bisa digunakan untuk mengangkat minyak bahkan karat yang menempel. Bahan ini cocok untuk dijadikan sebagai sabun cuci piring. Cara menggunakannya adalah campurkan beberapa sendok cuka dengan air. Buatlah sesuai dengan kebutuhan anda. Setelah itu taburkan baking soda dan aduk secara merata. Anda bisa langsung menggunakan adonan tersebut sebagai sabun cuci piring.

Cara ke empat yakni menggunakan buah lerak. Pernah mendengar buah lerak? Buah ini ternyata bisa digunakan sebagai sabun cuci. Menggunakan bahan ini bisa membuat tampilan piring lebih kinclong dengan mudah. Lerak mempunyai kandungan saponin sehingga menghasilkan busa ketika digosok. Cara menggunakan buah lerak ini juga mudah, hanya tinggal merebus biji lerak sesuai kebutuhan anda. Tunggu hingga air meluap lalu dinginkan. Saring agar tersisa airnya saja. Air yang sudah ada bisa dijadikan sebagai sabun cuci.

Cara ke lima bisa menggunakan jeruk nipis dengan cuka. Jeruk nipis ini akan memberikan kesegaran ketika dijadikan sebagai sabun cuci piring. Sedangkan cuka bisa digunakan untuk mengangkat minyak dan kerak yang tertinggal. Caranya hanya tinggal memeras jeruk nipis lalu campurkan cuka. Anda bisa membuat bahan ini sesuai dengan kebutuhan anda. Setelah dicampur anda bisa segera menggunakannya. Itulah beberapa cara membuat sabun cici piring yang bisa anda coba. Tentunya cara tersebut sangat mudah dilakukan. Hampir semua orang bisa membuat sabun cuci tersebut. Bahan cuci piring tersebut sangat mudah untuk anda temukan, selain itu harganya juga murah. Kini anda bisa membuat sabun cici piring anda sendiri di rumah tanpa ribet. Pilih cara yang anda anggap paling mudah.