Menyembuhkan Sariawan – semua orang pasti tidak mau mengalami sariawan, tapi setiap orang selama dia hidup pasti pernah mengalami sariawan. Sariawan merupakan masalah yang terjadi diarea rongga mulut, baik itu dibagian gusi, lidah dan bibir. Sariawan umunya tercipta karena adanya luka kecil, luka tersebut bisa berasal akibat tergigit, tertusuk duri saat makan atau luka akibat terlalu keras dalam menggosok gigi.

Sariawan ditandai dengan bintik merah dengan titik putih, terasa perih dan sakit serta terkadang membuat meradang. Seseorang yang sedang mengalai sariawan pastilah mengeluh karena terganggunya aktivitas, baik itu saat ingin makan, minum dan berbicara akan menimbulkan rasa sakit.

Untuk itu jika kamu sedang mengalami sariawan cobalah sesegera menyembuhkanya, tidak perlu menggunakan obat-obatan yang dijual ditoko-toko. Kamu bisa menggunakan beberapa tanaman herbal untuk mengatasi masalah sariawan.

Berikut beberapa tanaman yang diklaim mempunyai khasiat dalam megobati masalah sariawan diantaranya.

1. Daun kemangi.

Yang pertama ada daun kemangi, daun kemangi umunya dikonsumsi sebagai lalapan saat makan. Padahal tahukah kamu bahwa daun ini mempunyai khasiat penting bagi tubuh lho. Untuk kesehatan, daun kemangi diketahui mampu mengatasi masalah jerawat, melancarkan sistem pencernaan, mencegah stres serta mampu mengobati sariawan.

Untuk itu cobalah konsumsi daun kemangi untuk mengatasi sariawanmu. Caranya cikup ambil beberapa helai daun kemangi kemudian cuci hingga bersih, kunyah daun kemangi beberapa menit sembari dioleskan ke area yang ada sariwan. Atau kamu juga bisa perbanyak lalapan daun kemangi saat makan, lakukan cara ini dalam beberapa hari kedepan untuk hasil yang maksimal.

2. Aloevera

Khasiat aloevera tak hanya baik kulit untuk wajah, aloevera alias lidah buaya juga bisa menjadi solusi dalam mengobati sariawan kamu. Lidah buaya mengandung sifat antibakteri, antirandang dan antiinflamiasi yang membuatnya dapat membunuh bakteri dan mempercepat penyembuhan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit dan mengurangi peradangan.

Untuk menyembuhkan sariawan dengan tanaman satu ini, kamu perlu menyiapkan daun lidah buaya kemudian cuci hingga bersih, setelah itu oleskan getah lidah buaya (aloevera) pada area yang terdapat sariawan. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat, lakukan berulang dalam 2-3 hari kedepan agar mendapatkan hasil.

3. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat alami seperti anti-jamur dan anti-bakteri yang terbukti mampu mengatasi masalah sariawan. Ekstrak dari tea tree oil juga bisa mengendalikan pertumbuhan bakteri sekaligus meregenerasi jaringan sel rusak lebih cepat.

Cara menggunakanya cukup teteskan tea tree oil ke dalam air hangat, lalu gunakan air larutan tersebut sebagai obat kumur, lakukan beberapa menit setiap harinya selama 2 atau tiga hari kedepan.

4. Getah jarak cina

Atasi sariawan dengan jarak cina, tanaman satu ini biasa disebut juga dengan jarak tintir, jarak gurita, pohon yodium hingga pohon betadine. Jarak cina mampu menyembuhkan sariawan karena getahnya memiliki kemampuan dalam membunuh bakteri, mempercepat regenerasi sel, mencegah peradangan dan antiiflamasi.

Cukup oleskah getah tanaman jarak cina ke area yang terdapat sariawan maka dalam beberapa hari kedepan masalah sariawan bisa sembuh secara perlahan. Harap sedikit berhati-hati karena getah jarak cina akan terasa sedikit perih saat mengenai luka.

Nah itulah beberapa tanaman yang bisa menyembuhkan sariawa, sebenarnya masih ada banyak tanaman yang mempunyai kemampuan dalam menyembuhkan sariawan, diatas hanya sebagian contoh dari beberapa tanaman lainya.

Untuk mengobati sariawan secara alami kamu memerlukan perhatian lebih, karena pengobatan tidak akan sembuh dengan cepat apa bila hanya melakukan pengobatan hanya sekali. Sumber: healty99