Daftar HAKI Merek

Hibra.co.id – Daftar HKI merek menjadi salah satu bagian penting yang tidak boleh terlupakan. Ketika Anda menjalankan bisnis ataupun ingin membuat produk atau juga nama. Seringkali merek HKI itu diartikan sebagai merek dagang atau jenis kekayaan intelektual yang bisa berupa nama, simbol yang diasosiasikan menggunakan produk atau bisa juga jasa tertentu.

Tapi untuk melakukan pendaftaran HKI tersebut nyatanya terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan. Bahkan Anda juga harus rela mengeluarkan beberapa jumlah uang. Tapi semua itu bertujuan untuk keamanan merek dagang Anda. Biaya tersebut juga mencapai jutaan atau lebih tepatnya Rp 4.000.000. Tetapi apabila anda mendaftarkan ketika program sosialisasi HKI merek maka untuk UMKM adalah Rp 1.400.000. Sedangkan untuk non UMK adalah Rp 2.900.000.

Daftar HKI Merek yang Penting Dilakukan

Melakukan pendaftaran merek ternyata juga mempunyai banyak fungsi. Tahukah Anda apa saja fungsinya? Perlu Anda ketahui bahwasannya pendaftaran tersebut pada suatu merek dagang atau logo, atau tak lain merupakan salah satu cara memberitahu masyarakat umum bahwa nama atau logo tersebut merupakan simbol yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Sekarang ini simbol tersebut sedang dalam proses pendaftaran hak atas merek dagang yang berfungsi untuk melakukan kegiatan bisnis.

Selain itu juga bisa berfungsi sebagai alat promosi. Sehingga, ketika anda melakukan promosi hasil produksi maka hanya cukup dengan menyebutkan mereknya saja Apa. Tak hanya itu saja tetapi pemakaian merek juga berfungsi untuk jaminan atas bermutunya produk dan menjadi penunjuk dari mana asal produk tersebut.

Perlu Anda ketahui juga, tidak semua merek itu bisa didaftarkan pada HKI merek. Terutama merek yang bertentangan dengan ideologi negara, peraturan perundang-undangan, moralitas, religi, kesusilaan, dan ketertiban umum. Tak hanya itu saja, tetapi merek tersebut juga memuat unsur yang bisa menyesatkan masyarakat mengenai asal, jenis, ukuran, tujuan, serta kualitas penggunaan barang atau jasa tersebut.

Apalagi jika merek tersebut juga memuat keterangan yang tidak sesuai dengan kualitasnya, manfaatnya. Paling penting lagi merek tersebut harus mempunyai daya tarik atau pembeda dari merek pada umumnya. Apabila anda membuat merek yang sama dengan nama umum ataupun lambang milik umum maka daftar HKI merek akan sulit dilakukan.

Prosedur Pendaftaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk melakukan cara pendaftaran merek tersebut terdapat beberapa prosedur yang harus Anda lakukan pula. Pertama Anda harus melakukan permohonan pendaftaran terlebih dahulu. Dalam prosedur ini Anda bisa melakukannya melalui dua cara yakni secara elektronik ataupun nonelektronik. Kemudian setelah itu lengkapi persyaratan untuk melakukan prosedur permohonan pendaftaran HKI.

 

Biasanya Anda harus mengisi formulir serta melampirkan beberapa dokumen penting. Tak cukup di situ saja, Anda juga harus melakukan monitoring pengumuman dalam berita resmi merek. Apabila kelengkapan tersebut sudah terpenuhi semua maka, nantinya anda akan diberikan tanggal untuk penerimaan serta menteri hukum serta HAM akan menyatakan permohonan merek melalui berita resmi selama 2 bulan. Terakhir prosedur melakukan daftar HKI merek adalah penerbitan sertifikat merek.

Artikel Terkait: Hak Kekayaan Intelektual (HKI)