Generator digunakan untuk pembangkitan tenaga listrik. Pada dasarnya ada dua jenis generator: generator siaga dan generator portabel. Generator memastikan bahwa sebagian besar peralatan penting dapat dijalankan setiap kali ada pemadaman listrik. Generator siaga menyediakan daya cadangan di rumah dan kantor dan dipasang secara permanen di luar rumah atau gedung kantor. Mereka dicolokkan ke sirkuit listrik atau kabel rumah. Generator siaga dapat secara otomatis mendeteksi gangguan pada pasokan listrik biasa dan mulai memasok daya dalam beberapa detik. Genset portable biasanya digunakan di tempat-tempat yang tidak ada suplai listrik atau yang membutuhkan daya kurang seperti di lokasi kamp konstruksi. Generator ini cukup untuk penerangan dan menjalankan peralatan seperti televisi, lemari es, pompa bah dan tungku.

 

Generator tersedia dalam berbagai ukuran dan daya keluaran. Pilihan untuk membeli jenis genset yang tepat tergantung pada sejumlah faktor seperti kapasitas watt, peringkat tegangan, jenis bahan bakar, efisiensi bahan bakar, tingkat kebisingan, portabilitas, dan harga.

 

Generator untuk penggunaan di rumah paling sering menggunakan bahan bakar seperti bensin, solar, gas alam atau propana. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bensin tidak mahal dan mudah didapat. Generator bensin memberikan daya terbesar per unit berat tetapi membutuhkan perawatan yang sering. Juga berisik, mengeluarkan karbon monoksida yang berbahaya dan mesin lebih cepat aus daripada generator diesel, propana atau gas alam.

 

Diesel mudah didapat tetapi relatif lebih mahal. Generator diesel membutuhkan lebih sedikit perawatan dan hemat bahan bakar. Kerugiannya adalah lebih berisik, mengeluarkan lebih banyak asap dan bau, dan lebih sulit untuk memulai dalam cuaca dingin.

 

Propana mahal dan layak untuk pemilik rumah yang sudah memiliki tangki penyimpanan untuk menyimpan propana. Generator propana membutuhkan lebih sedikit perawatan, tidak memiliki kondensasi dan tidak ada masalah memulai dalam cuaca dingin seperti generator bensin. Namun, generator gas propana atau gas alam mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar per kilowatt tenaga yang dihasilkan daripada generator diesel. Generator gas alam paling nyaman digunakan karena ada pasokan bahan bakar yang terus menerus. Mereka dapat dihubungkan ke saluran gas rumah.

 

Generator harus selalu digunakan sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh pabrikan. Perhatian harus diberikan untuk memastikan generator tidak kelebihan beban. Kabel ekstensi tugas berat harus digunakan untuk menghubungkan peralatan ke generator. Seorang teknisi listrik yang memenuhi syarat harus dipanggil untuk memasang sakelar transfer untuk menyambungkan generator ke sistem kabel rumah. Pengisian bahan bakar generator saat beroperasi harus dihindari. Tumpahan bahan bakar pada komponen yang dipanaskan dapat menyebabkan kebakaran.

 

Generator yang lebih kecil dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan daya dasar pemilik rumah. Membeli generator yang lebih besar akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar untuk menyalakan peralatan yang sama dengan generator yang lebih kecil. Generator portabel 5 kilowatt dapat menyalakan lampu utama, televisi, pompa bah dan lemari es. Generator dengan kapasitas watt yang lebih tinggi juga tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemilik rumah. Perusahaan komersial mungkin memerlukan generator siaga yang memiliki kapasitas keluaran lebih dari 200 KW dan menyuplai daya tiga fase, yaitu 120, 240, 480 volt.

Genset Pekanbaru-Itu selalu bijaksana untuk berinvestasi dalam generator berkualitas baik. Semua merek dan model genset tercantum di – cara yang sangat mudah untuk menemukan kesepakatan terbaik.