Harga Emas Perhiasan dan Cara Merawatnya

Berita Harga Emas Terbaru Hari Ini

Emas adalah jenis logam mulia yang sering digunakan sebagai perhiasan wanita. Dengan menggunakan perhiasan emas akan membuat penampilan seseorang akan kelihatan mewah dan elegan.

Harga Emas Perhiasan Hari Ini

Kadar (%) Kadar (Karat) Harga per gram dalam Rupiah
375 9 karat 270.676 – 416.114
420 10 karat 286.836 – 456.513
700 16,8 karat 488.833 – 674.670
750 18 karat 521.152 – 739.309

 

Tabel harga emas hari ini di atas adalah perkiraan harga perhiasan emas per 1 gram sesuai dengan harga pasar per 17-09-2022. Harga ini adalah acuan untuk harga buyback dan harga jual perhiasan di toko emas terdekat anda.

Cara Perawatan Perhiasan Emas

Agar perhiasan emas awet, anda harus rajin merawatnnya. Berikut cara merawat perhiasan yang baik dan benar :

  1. Lepaskan Perhiasan Ketika Melakukan Olahraga Atau Aktivitas Berisiko

Tips perawatan pehiasan emas yang pertama adalah lepaskan perhiasan saat melakukan olahraga atau aktivitas yang berisiko. Perlu anda ketahui bahwa perhiasan emas itu merupakan logam lunak. Sehingga hal ini membuat kualitas perhiasan emas akan menurun akibat tergores, terbentur, atau terbanting. Tentunya hal ini akan merugikan anda karena akan mempengaruhi harga jual kembali emas tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya lepaskan perhiasan emas saat anda saat akan melakukan olahraga maupun aktivitas yang berisiko.

 

  1. Hindari Klorin

Tips perawatan perhiasan emas berikutnya adalah hindari klorin. Karena apabila paparan klorin ini berulang, maka akan melemahkan struktur perhiasan emas anda yang akhirnya bisa menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, pastikan untuk melepaskan perhiasan emas sebelum anda masuk spa atau kolam renang.

 

  1. Perhatikan Cairan Pembersih

Cairan pembersih perabotan rumah tangga yang mengandung asam atau zat abrasive dapat merusak lapisan emas di perhiasan anda. Oleh karena itu, gunakanlah sarung tangan karet pada saat atau lepaskan perhiasan emas keika anda membersihkan perabotan rumah tangga dengan menggunakan cairan yang mengandung zar abrasive. Setidaknya ada beberapa jenis cairan pembersih rumahan yang bisa digunakan untuk merawat perhiasan emas agar tetap kinclong.

  • Yang pertama, gunakanlah campuran detergen dan soda. Cairan ini bisa anda buat dengan mencampurkan detergen dan soda ke dalam satu wadah. Lalu aduk rata dan masukkan perhiasan emas ke dalam cairan tersebut. Diamkan selama 10-20 menit, lalu angkat dan gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkannya secara perlahan sampai bersih. Setelah itu, cuci perhiasan dengan air dan keringkan menggunakan kain lembut.
  • Yang kedua, menggunakan sabun cuci piring. Caranya dalah tuangkan sedikit sabun cuci piring bercampur air dan aduk merata. Lalu rendam perhiasan emas di dalam cairan tersebut selama 5 menit. Bersihkan kotoran secara perlahan menggunakan sikat lembut. Lalu bilas perhiasan dengan air dan keringkan dengan kain lembut

 

  1. Lepaskan Perhiasan Ketika Menggunakan Make-Up

Penggunaan makeup, lotion, dan hairspray saat merias diri dapat merusak lapisan emas di perhiasan anda. Maka dari itu, lepaskan perhiasan emas terlebih dahulu saat anda akan merias diri.

 

  1. Lepaskan Perhiasan Sebelum Mandi

Tips merawat perhiasan emas yang terakhir adalah lepaskan perhiasan sebelum mandi. Karena menggunakan perhiasan saat mandi, akan menyebabkan pernumpukan sabun pada perhiasan emas anda. Tentunya hal ini akan membuat perhiasan emas anda karatan. Jadi, lepaskan terlebih dahulu perhiasan anda sebelum hendak mandi.