Pipa air bisa diibaratkan sebagai sebuah kayu yang bisa dibuat dan aplikasikan menjadi berbagai barang, termasuk barang kerajinan yang terbuat dari pipa air. Karena bentuknya yang kokoh dan kuat serta awet, menjadikan pralon ini cocok juga sebagai ornament maupun perabotan rumah.

Tentunya perabotan itu memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan sehari-hari kita. Meskipun sederhana. Nah, apa saja kerajinan yang bisa dibuat dengan pipa ini?

Benda Yang Bisa Dibuat Dari Pralon

Ada banyak sekali jenis kerajinan yang memiliki nilai tersendiri. Berikut ini beberapa benda yang bisa kita buat dengan bahan pipa.

1. Rak

Cukup potong pipa berukuran besar menjadi potongan-potongan kecil. Tata potongan itu menjadi bersusun selang-seling. Lem dengan lem pralon. Pasang di dinding sebagai rak. Bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang sesuai yang diinginkan. Misalnya sebagai rak sepatu, rak barang perkakas kecil-kecil, atau apapun yang dibutuhkan.

2. Lampu

Lampu yang dibuat dari pralon bervariasi sesuai desain yang diinginkan. Ada yang potongan pralon dilukis dan gambar. Ada pralon yang dipotong vertical di tengah lalu dimampatkan agar membentuk pola. Ada juga dengan mengukir pralon menggunakan bor listrik.

3. Meja Dan Kursi

Meja dapat dibuat dengan potongan kecil yang digabung menjadi satu lalu diberi 4 potongan sebagai kaki. Atau dapat dibuat rangka meja berbentuk rangka balok dengan sambungan pralon untuk menyatukan satu pralon dengan pralon yang lain.

Kursi dapat dibuat dengan teknik yang sama namun berbeda bentuknya. Menyesuaikan dengan bentuk yang diinginkan.

4. Tempat Pensil

Caranya sangat mudah dengan memotongnya. Misalnya bisa dipotong dengan potongan lurus maupun menyerong. Beri alas menggunakan kayu. Tata sebagai tempat pensil.

5. Dekorasi Rumah

Potong tipis pipa air sampai potongan menjadi banyak. Tata pralon selang seling dan lem menggunakan lem pralon. Tata membentuk bentuk yang diinginkan. Bisa menjadi pembatas ruangan, menjadi hiasan pinggir kaca, maupun sebagai hiasan saja.

6. Gantungan Baju

Buat potongan dengan potongan membentuk tiga sisi, lalu beri sambungan pipa berbentuk L sebagai sambungan antar pralon. Beri sambungan bentuk T sebagai kaki gantungan baju.

7. Pot Bunga

Pipa dilubangi di tengahnya sebagai pot bunga. Jadikan media tanam. Bisa juga dengan melubangi dengan beberapa lubang dengan bor.

8. Tempat Gantungan Gelas Berkaki

Cukup lubangi bentuk garis lurus horizontal pada salalh satu sisi pralon. Pasang pralon di bawah lemari bagian atas di dapur Anda. Masukkan kaki gelas berjajar di dalam pipa.

Masih banyak barang dan perabotan yang bisa dibuat dari pipa air Rucika. Anda bisa berkreasi sendiri untuk membuatnya.