Sejak usia kehamilan 5 bulan, janin mulai mengalami pertumbuhan rambut hingga tingkat ketebalan meningkat 4 minggu jelang kelahiran. Para ahli berpendapat bahwa hormon sang ibu dan faktor genetik menjadi penyebab bayi memiliki rambut yang tebal atau tipis. Meski tidak ada yang bisa menjelaskan kenapa sebagian bayi lahir dengan kondisi rambut tebal atau tidak memiliki rambut sama sekali. Penyubur rambut bayi bisa menjadi pilihan produk untuk meningkatkan ketebalan rambut si kecil nanti.

Cara merawat rambut pada bayi

Memiliki buah hati merupakan anugerah terindah yang diberikan Sang Maha Pencipta. Orangtua pasti menikmati momen merawat dan membesarkan buah hati tercinta. Seluruh bagian tubuh bayi memerlukan perawatan yang maksimal termasuk urusan rambut. Berikut cara merawat rambut bayi yang baik dilansir dari artikel parenting terbaik!

1.  Jangan mencuci rambut bayi terlalu sering

Orangtua tidak boleh menganggap bahwa intensitas mencuci rambut bisa membuat kesuburan rambut lebih baik. Anda harus tahu mana mitos dan fakta yang sebenarnya, ya! Sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang bisa membuat rambut menjadi lebih tipis atau rusak. Gunakan sampo untuk mencuci rambut bayi setidaknya dua kali seminggu saja.

2.  Gunakan takaran yang benar

Selain memilih produk sampo bayi yang tepat, Anda wajib membaca panduan yang benar. Agar rambut si kecil tetap sehat dan berkilau, gunakan takaran shampo yang tepat. Menggunakan takaran yang berlebihan bisa membuat rambut lebih tebal hanya mitos belaka.

3.  Melakukan trik mencuci rambut yang baik

Orangtua wajib mencuci rambut bayi dengan cara memegang erat si buah hati agar ia merasa lebih nyaman. Mengajak bayi berbicara dengan nada lembut bisa membuat bayi lebih suka sesi keramas.

4.  Gunakan sisir rambut yang berkualitas

Jangan lupa untuk memilih produk sisir yang terbuat dari bahan berkualitas dan tidak menyakiti kepala si bayi. Pilih sisir dengan bulu halus atau memiliki gigi jarang, ya!

5.  Bersihkan kotoran lebih dahulu

Jika rambut bayi terkena kotoran, sebaiknya bersihkan lebih dulu sebelum memulai sesi keramas. Anda wajib menyisir rambut yang kotor lebih dahulu agar tidak menyebabkan rambut menjadi kusut.

6.  Membilas rambut dengan bersih

Cara merawat rambut bayi dan balita adalah membilas rambut yang sudah diberi sampo dengan bersih. Gunakan air mengalir atau shower dengan posisi kepala anak miring ke belakang agar tidak ada residu sampo.

7.  Jangan terlalu sering mengenakan aksesoris

Pada bayi perempuan, Anda tidak boleh terlalu sering mengenakan bando atau pengikat rambut yang bisa menyebabkan rambut terlalu tertarik dan rusak. Rambut yang rusak dan rontok bisa menjadi penyebab kondisi rambut si kecil semakin tipis.

Jika ingin menggunakan produk artikel parenting, jangan lupa mengecek keamanan bahan yang digunakan, ya! Produk yang tepat bisa meningkatkan ketebalan dan kilau alami rambut si kecil.