Terdapat bervariasi jenis-jenis gudang untuk kebutuhan penyimpanan logistik suatu perusahaan. Definisi gudang yakni layanan infrastruktur yang difungsikan untuk ruangan spesifik penyimpanan. Fasilitas ini sangat perlu untuk dimiliki sebuah perusahaan lebih-lebih yang bergerak di bidang manufaktur untuk kelancaran kesibukan produksi maupun distribusi.

Sederhananya, gudang atau warehouse sesungguhnya memiliki manfaat utama yang sama, yakni ruangan spesifik menyimpang barang-barang. Meski demikian, berdasarkan standing kepemilikannya warehouse dibagi di dalam lebih dari satu macam yakni warehouse punya pribadi, publik, sewa, dan sebagainya. Kebanyakan perusahaan lebih menentukan untuk menyewa warehouse dikarenakan menimbang pengeluaran anggaran yang lebih terjangkau.

Jika ditinjau dari faktor peruntukannya terkandung lebih dari satu macam model gudang di dalam kesibukan industri. Misalnya penyimpanan material mentah, produk setengah jadi, hasil produksi, sampai barang siap distribusi kepada para pelanggan. Berikut ini penjelasan mengenai tipe-tipe gudang berdasarkan fungsinya yang perlu Anda ketahui.

 

Warehouse untuk Raw Material (Bahan Baku)

Sesuai dengan namanya, warehouse model ini dikhususkan peranan penyimpanan material mentah sebagai bahan baku produksi barang. Contohnya bijih besi, karet, pohon, hasil pertanian, dan lain sebagainya. Warehouse model ini biasanya banyak terkandung di kawasan industri sehingga gampang diakses kala akan melaksanakan pemrosesan produksi barang.

Anggaran yang dibutuhkan untuk gudang bahan baku sendiri relatif lebih rendah dibanding model lainnya. Hal ini dikarenakan model warehouse untuk penyimpanan bahan baku tidak membutuhkan banyak mesin berteknologi tinggi. Jika Anda menentukan untuk menyewa tempat pergudangan, harganya termasuk relatif lebih murah.

 

Warehouse untuk Barang Setengah Jadi

Aktivitas produksi membutuhkan lebih dari satu step proses yang perlu dilewati. Sebelum didistribusikan kepada para pelanggan secara massal, barang-barang selanjutnya perlu diberikan perlakukan khusus. Misalnya penempelan label, proses pengemasan ulang, dan sebagainya. Ini sanggup dibilang sebagai tahapan setengah jadi.

Barang setengah jadi selanjutnya setelah itu akan diproses lebih lanjut sampai sangat jadi hasil produksi yang sempurna. Untuk mobilisasi proses seperti penempelan label maupun pengemasan ulang dan sebagainya, tentu membutuhkan ruangan spesifik sebagai tempat penyimpanan. Tempat penyimpanan ini disebut dengan warehouse untuk barang setengah jadi.

 

Warehouse untuk Produk JadiSetelah Melalui Tahap Produksi

Jenis-jenis gudang selanjutnya adalah warehouse untuk menyimpan produk jadi sesudah melalui serangkaian tahapan produksi. Produk yang lolos pengujian dan siap dipasarkan akan disimpan terhadap warehouse model ini. Aktivitas penyimpanan barang jadi mempunyai tujuan untuk sediakan stok bagi kebutuhan pasar.

Ini untuk mengantisipasi jikalau terkandung permohonan dari pasar dengan volume tinggi terhadap momen-momen tertentu. Dengan terdapatnya stok melimpah, tentunya Anda tidak akan kesulitan sediakan barang waktu ada lonjakan pesanan. Sebalinya, ini termasuk berfungsi untuk mengantisipasi jikalau permohonan menurun. Jika disimpan secara spesifik dengan pengelolaan yang baik, produk Anda akan senantiasa terjaga kualitasnya.

 

Jasa Sewa Gudang yang Terbaik

Harga lahan yang tambah tinggi mengakibatkan pemilik bisnis perlu memutar otak sehingga kesibukan bisnisnya senantiasa lancar. Salah satu solusinya yakni menyewa warehouse di lokasi-lokasi strategis. Inproperti adalah penyedia sewa warehouse terkemuka yang udah berpengalaman sediakan jasa sewa gudang selama lebih dari 10 tahun , salah satu service unggulan nya adalah sewa gudang PIK 2 .

Kami datang menambahkan support untuk kesibukan industri lebih-lebih di dalam bentuk properti logistik secara modern. Kami menerapkan standar dan juga spesifikasi internasional yang tentunya mendukung kinerja perusahaan Anda di dalam kesibukan bisnis. Silakan menghubungi kita melalui web site inproperti.com untuk memperoleh informasi lebih cermat tentang spesifikasi maupun prosedur penyewaan.

Dengan menentukan wilayah warehouse kita yang strategis, Anda tidak perlu cemas mengenai kelancaran kesibukan produksi maupun bisnis secara keseluruhan. Kami memiliki 13 warehouse di lebih dari satu lokasi, pada lain tempat bandara Halim (Jakarta Timur), kawasan industri Cibitung, Bekasi, Cimanggis Depok, Jababeka, dan juga Cileungsi. Tentukan jenis-jenis gudang cocok kebutuhan perusahaan Anda.