Kertas adalah salah satu bahan kemasan tertua, berasal dari abad ke-17. Kertas dan kertas karton banyak digunakan untuk mengemas makanan kering. Setelah pelapisan atau waxing, aplikasinya meluas ke pengemasan dan penyajian makanan basah dan berlemak. 

Beberapa Jenis Kertas Untuk Cetak Kemasan Makanan

Berikut beberapa jenis kertas untuk cetak kemasan makanan.

Kertas

Tergantung pada metode produksi dan tujuan pengemasannya, jenis kertas yang digunakan untuk cetak kemasan makanan adalah kertas Kraft, kertas sulfit, kertas tahan minyak, Glassine, atau kertas perkamen.

1.       Kertas kraft adalah jenis kertas terkuat dan digunakan dalam kemasan tepung, gula, dan buah-buahan kering.

2.       Kertas sulfit relatif lebih lemah dan lebih ringan dan digunakan untuk membungkus biskuit dan permen.

3.       Kertas tahan minyak dan Glassine mengandung serat selulosa yang padat – Glassine semakin terhidrasi – yang meningkatkan ketahanan kertas terhadap minyak, sehingga cocok untuk mengemas makanan ringan, biskuit, makanan cepat saji, dan makanan berminyak.

4.       Kertas perkamen adalah kertas yang diolah dengan asam, yang membuatnya tidak dapat ditembus oleh cairan tetapi tidak terhadap udara dan uap.  Ini digunakan dalam pengemasan mentega dan makanan berlemak.

Kertas Karton

Karton adalah bahan yang relatif lebih tebal dan lebih berat daripada kertas untuk cetak kemasan makanan. Ini banyak digunakan sebagai kemasan sekunder yang tidak bersentuhan langsung dengan makanan. Jenis kertas karton bervariasi antara whiteboard, solid board, chipboard, dan fibreboard.

1.       Whiteboard adalah satu-satunya kertas karton yang disarankan untuk kemasan primer.

2.       Solid board adalah kertas karton yang kuat dan tahan lama, digunakan untuk mengemas susu, jus buah, dan minuman ringan.

3.       Chipboard adalah bentuk kertas karton termurah, terbuat dari kertas daur ulang, dan digunakan sebagai lapisan luar karton makanan, seperti sereal dan teh.

4.       Fibreboard digunakan untuk mengirimkan makanan curah karena kekuatan dan ketahanannya terhadap benturan goresan dan kerusakan akibat remuk.

 

Bentuk lain dari kertas untuk cetak kemasan makanan adalah kertas laminasi, yang dilapisi dengan bahan khusus. Kertas jenis ini memiliki sifat penghalang yang ditingkatkan, dan digunakan dalam kemasan makanan basah seperti sup dan lainnya,

Untuk membantu Anda dalam menemukan percetakan untuk cetak kemasan makanan, Anda bisa menggunakan aplikasi Cetakanku atau kunjungi website resminya di https://cetakanku.com/. Cetakanku memudahkan Anda menemukan percetakan profesional dan terpercaya untuk kemasan produk makanan Anda