Pipa pvc adalah pipa yang digunakan untuk diperumahan pengganti dari pipa besi. Banyak sekali masyarakat yang memilih pipa ini dibandingkan dengan pipa besi karena harga pipa pvc cukup terjangkau dan juga bobotnya yang sangat ringan.  Karena bukan terbuat dari besi sehingga pipa ini ringan juga tidak mudah keropos jadi tak heran pipa PVC jadi andalan semua masyarakat,  karena jauh lebih kuat dan tahan lama.  Banyak sekali kelebihan yang di miliki pipa PVC ini di bandingkan dengan pipa besi salah satunya adalah instalasi dan perawatannya tergolong mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.

Pada dasarnya banyak sekali orang yang telah memakai pipa ini, namun sedikit orang yang tau betul apa fungsi yang sebenarnya dari pipa secara umum, maka dari itu saya akan mencoba menjelaskan beberapa fungsinya.

  1. Pipa ini banyak di gunakan menjadi alat penyalur air baik air bersih maupun air kotor.
  2. Pipa PVC juga sering digunakan sebagai alat saluran berbagai bahan kimia berbahaya
  3. Menjadi alat pelindung listrik pada jenis tertentu.
  4. Sangat baik digunakan untuk menjadi aliran air seperti irigasi, venting, bangunan hingga air minum (yang memiliki tekanan rendah)

Namun fungsi tesebut tergantung pada jenis pipa yang akan di gunakannya, untuk lebih mendalam kita simak bersama-sama.

Jenis pipa PVC

Meskipun terkenal sebagai produk perpipaan yang sederhana. Namun,  Pipa PVC ini terbagi menjadi berbagai macam jenis. Jenis- jenisnya di mulai dari besar ukuran, ketebalan, dan bentuknya.

  • Berdasarkan ukuran, di pasaran biasanya pipa ini tersedia dengan panjang hingga mencapai 4 meter. Diameter dari pipa ini diukur dengan menggunakan inci.. Untuk diameternyapun ada beberapa variasi mulai dari 1, 1 ¼ inch, ¾ inch, ½ inch, 2 inch, 2 ½ hingga 6 inch.
  • Berdasarkan ketebalannya, Pipa PVC ini memiliki dua varian produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tekanan/ ketebalan . Yaitu tipe AW dan tipe D. Tipe AW ditandai dengan strip biru sepanjang badan pipa, pipi ini lebih tebal dan memiliki kemampuan tekan hingga mencapai 10 bar (Kg/cm2),

Sementara tipe D, di tandai dengan strip merah disepanjang badan pipa, dan dinding pipanya lebih tipis dibandingkan dengan kelas pipa AW.  Biasanya tipe D digunakan untuk saluran air sederhana, sehingga memiliki tebal dinding lebih tipis. Tipe ini memiliki kemampuan setengahnya dari pipa PVC yaitu biasa digunakan untuk tekanan air tak lebih dari 5 bar atau 5 Kg/cm2. Misalnya untuk saluran buangan air hujan, atau saluran lain yang berjalan dengan memanfaatkan gravitasi. Pipa ini juga biasa digunakan juga untuk saluran air kotor atau limbah.

  • Berdasarkan bentuknya, pada pipa PVC ini ada berbagai macam bentuk, setiap bentuknya berbeda pula kegunaannya.
  1. pipa talang, adalah  pipa yang khusus untuk pengaliran air hujan/  jalan bagi air hujan yang jatuh ke atap rumah dan dipasang pada ujung jurai.
  2. Pipa MOF adalah pipa yang salah satu ujungnya memiliki ukuran lebih besar dari ujung yang lainnya. Pipa ini dapat disambungkan dengan pipa lain namun tidak perlu menggunakan alat penyambung atau fitting.
  3. Pipa polos, adalah jenis pipa PVC yang panjang batangnya sangat sama rata. Dalam proses penyambungannya, pipa ini memerlukan fitting atau pipa penyambung. Karena ujung ujungnya sama tidak ada yang lebih besar dan lebih kecil sehingga untuk menyambungkannya mrmbutuhkan fitting.
  4. Pipa fitting. Pipa ini berfungsi untuk menyambungkan lebih dari satu pipa dengan bentuk yang beragam. Jenis pipa fitting ini biasanya berbentuk L, T, PLUS, increaser dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itu merupakan jenis pipa PVC dan penggunaanya, semoga dapat membantu anda untuk mencari pipa mana yang anda butuhkan ya!