Cuaca panas saat liburan memang lebih menyenangkan jika berwisata ke objek wisata air. Tapi, jika Anda bosan dengan wisata air seperti waterboom dan wahana permainan air lainnya, Anda bisa memasukan objek wisata air yang satu ini ke dalam agenda liburan Anda. Salah satunya adalah Kedung Pedut di Kulonprogo.

Wisata air ini bernama Kedung Pedut. Ini merupakan kolam dengan kucuran air terjun yang tidak nampak deras. Kolamnya yang kecil dan tidak terlalu dalam membuat kedung ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berendam dan relaksasi.

Apalagi, lokasinya berada di antara dinding batu bukit yang suasananya masih segar dan alami. Tak heran jika Kedung Pedut ini banyak diincar para wisatawan yang hendak berwisata air dan ingin menghabiskan waktu liburan dengan berendam dan berenang.

Anda bisa ke sini dengan mudah karena akses transportasinya yang mudah. Dengan menggunakam sewa mobil Jogja juga akan menambah keseruan bersama dengan teman-teman.

Wisata Kedung Pedut yang Cantik

Kedung Pedut ini juga tak hanya mempunya satu kolam saja, namun bentuknya juga berundak dan sangat cantik karena bewarna biru bening bercampur dengan warna hijau. Jembatan-jembatan dan gazebo sederhana yang dibangun warga dari bambu juga cukup membuat Anda bisa mencapai lokasi ini tanpa perlu kesulitan lagi.

Bentuknya yang berundak dengan kucuran air terjun yang cantik, membuat sebagian wisatawan menjuluki Kedung Pedut ini dengan istilah waterpark alami. Wah kedengarannya sangat menakjubkan, bukan?

kedung pedut

sumber: visitingjogja.com

Lokasi Kedung Pedut

Kedung Pedut ini berada di Kulonprogo. Tepatnya berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Lokasinya juga cukup tersembunyi yang mengharuskan Anda untuk melewati jalanan kecil dengan berjalan kaki sejauh 400 meter. Medannya pun menanjak dengan lantai bertanah yang sudah dipadatkan sedemikian rupa. Namun meskipun Anda harus berjalan kaki, Anda akan disambut dengan keelokan sekeliling jalan yang berupa pepohonan hijau yang membuat suasana jadi teduh dan asri.

Jalan untuk mencapai lokasi ini juga cukup lumayan menantang. Anda harus siap melewati jalanan berkelok, menanjak dan sempit yang berada di sisi jurang. Anda harus berhati-hati dan pastikan menggunakan kendaraan yang mempunyai performa yang bagus.

Lalu untuk rute perjalanan yang harus Anda lalui jika dari kota Jogja, Anda bisa mengambil Jalan Godean dan lurus terus ke barat. Kemudian jika sudah sampai Pasar Godean, Anda perlu berjalan sampai melewati Sungai Progo. Setelah itu Anda akan melalui Jalan Kiskendo dan kemudian belok kanan ke arah Goa Kiskendo.

Dari Goa Kiskendo, Anda perlu belok kiri ke Desa Wisata Jatimulyo. Jika sudah sampai di pertigaan Grojogan Mudal, Anda harus belok kiri untuk sampai ke pertigaan setelah gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka. Dari sana, belok kiri lagi menuju ke Air Terjun. Jika dari kota Jogja, kira-kira Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan tergantung tingkat kemacetan.

Fasilitas yang Ada di Lokasi Wisata

Meskipun baru dibuka tiga tahun yang lalu, namun Kedung Pedut selalu mengembangkan diri. Salah satu pada segi fasilitas penunjang yang kadang harus ada untuk para wisatawan yang ingin datang ke Kedung Pedut.

Fasilitas yang ada di Kedung Pedut ini juga lumayan lengkap lho. Ada apa saja sih?

  • Toilet

Saat berkunjung ke Kedung Pedut, Anda tidak perlu khawatir masalah toilet. Di san sudah ada fasilitas toilet yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan.

  • Kamar Mandi

Selain itu, di sana juga ada kamar mandi, yang bisa Anda gunakan untuk membasuh tubuh setelah lama berendam atau pun berenang di Kedung Pedut. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas kamar mandi untuk berganti pakaian.

  • Gazebo Bambu

Di Kedung Pedut, Anda juga bisa menikmati panorama alam yang disajikan dengan berduduk santai di gazebo bambu yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

  • Menara Pandang

Selain gazebo bambu yang bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk santai, Anda juga menaiki tangga bambu menuju gazebo tertinggi yang disebut dengan menara pandang. Dari atas sana, Anda bisa menikmati suasana alam dari ketinggian. Kedung Pedut juga lebih terlihat cantik dari atas sana.

  • Parkir

Soal parkir, Anda tidak perlu mempemasalahkan. Di sini sudah tersedia area parkir yang siap menampung kendaraan Anda.

  • Warung

Jika Anda lupa membawa bekal minuman atau makanan ringan, Anda bisa membelinya di warung penjaja makanan yang ada di sana.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk bisa menikmati waterpark alami di Kedung Pedut, Anda bisa ke sana dengan membeli tiket masuk sebesar 6.000 rupiah saja. Cukup murah, kan? Dengan harga tiket sebesar 6.000, Anda sudah bisa berendam, menikmati pancuran air alami yang ada di sana sepuasnya.

Jam operasionalnya sangat fleksibel. Tempat ini buka setiap hari dari hari Senin sampai dengan Minggu. Jam buka juga cukup lumayan lama, yakni mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00. Anda bisa datang ke sana pada saat pagi hari dan bermain sepuasnya sampai sore hari.

Pesona Kedung Pedut Memikat Wisatawan

Jika sering dijuluki dengan waterpark alami, kira-kira ada wahana permainan air tidak ya? Jawabannya ada. Di sana ada pancuran air dari bambu yang mengucurkan air asli dari tujuh sumber mata air. Wah, Anda pasti sudah bisa membayangkan, bagaimana segarnya mata air itu membasahi tubuh Anda.

Lalu selain itu, terdapat tangga-tangga pijakan yang terbuat dari bambu. Itu bisa Anda gunakan untuk melintas di jembatan bambu tersebut. Anda juga bisa melompat dari atas dan menikmati sensasi debuman air Kedung Pedut.

Di Kedung Pedut ini terdapat juga tujuh sumber mata air yang bernama Penglarisan. Di sana juga terdapat beberapa kedung lain yang bentunya berundak. Kucuran dari atas akan mengaliri kolam di bawahnya dan seterusnya.

Ukuran kedung berbeda-beda, mulai dari satu meter sampai dengan empat meter. Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Di sana juga banyak anak-anak yang riang bermain air dan meloncat dari ketinggian. Tapi jangan sampai terlena karena Anda juga masih harus waspada dengan bebatuan yang ada di sekitarnya.

Lalu, bagi Anda yang mengajak anak-anak yang belum terlalu bisa berenang namun ingin mencoba berenang di kolam, Anda bisa menyewa pelampung maupun ban karet yang tersedia di sana. Kesan waterparknya jadi semakin jelas, bukan? Dan , katanya kini Kedung Pedut menambah satu wahana permainan yang tak kalah seru, yakni flying fox. Wow.

Anda harus agendakan liburan nanti untuk pergi ke Kedung Pedut bersama anak-anak ataupun rekan kerja Anda! Pilihlah sewa mobil Jogja lepas kunci yang terpercaya sehingga bisa membuat perjalanan menjadi lebih seru. Happy Holiday.