Keutamaan Yang Dapat Dirasakan Umat Muslim Yang Rajin Membaca Surat Al Mulk

Surat Al Mulk: Keutamaan, Tafsir, Bacaan, Lengkap dengan Artinya

Allah SWT menurunkan alquran kepada nabi Muhammad SAW agar dijadikan pedoman hidup bagi seluruh umat muslim sampai akhir hayatnya. Tidak heran kalau umat muslim diperintahkan untuk selalu menjaga dan mengamalkan bacaan yang ada didalam alquran. Itu karena semua kalimat yang ada didalam alquran merupakan jawaban dari Allah atas segala permasalahan yang sedang dirasakan oleh umat muslim.

Didalam alquran sendiri terdapat 114 surat yang setiap suratnya memiliki makna dan kandungan yang berbeda – beda. Dari sekian banyak surat yang ada didalam alquran, ada satu surat yang menjelaskan tentang kekuasaan Allah SWT atas langit dan bumi. Surat tersebut tidak lain adalah surat Al Mulk yang merupakan surat ke-67 yang ada didalam alquran dan termasuk kedalam golongan surat Makiyyah.

Surat Al Mulk sendiri memiliki arti kekuasaan atau kerajaan yang didalamnya terdapat 30 ayat. Berdasarkan penjelasan yang ada didalam hadits, diketahui bahwa orang yang rajin membaca surat Al Mulk ini maka akan mendapatkan syafaat dari Allah SWT. Salah satu diantara syafaat yang bisa dirasakan yaitu surat Al Mulk dapat menyelamatkan orang yang membacanya dari siksa api neraka.

Selain bisa memberi syafaat tersebut, ternyata masih ada keutamaan lainnya yang bisa dirasakan bagi orang – orang yang rajin membaca dan menghafal surat Al Mulk ini. Berikut beberapa keutamaan yang bisa dirasakan.

  1. Diberikan ampunan atas dosa yang pernah diperbuat

Bagi orang – orang yang rajin membaca dan mengamalkan apa yang dijelaskan dalam surat Al Mulk, kelak di hari akhir Allah SWT akan memberikan syafaat agar dosa – dosanya diampuni. Hal ini juga dijelaskan didalam hadits riwayat Abu Dawud yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwasanya suatu surat di dalam Alquran mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakallazi bi yadihil mulk, Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan.”

  1. Mendapat pertolongan di hari akhir kelak

Saat hari akhir atau kiamat datang kelak maka tidak ada satu makhluk pun di muka bumi ini yang bisa lolos. Dengan mengamalkan dan rutin membaca surat Al Mulk ini maka Allah akan memberikan syafaat agar mendapatkan pertolongan di hari akhir kelak. Hal ini juga dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi yang mengatakan Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu surat ‘Tabarakaladzi’”.

  1. Diangkat derajatnya dan dihapuskan segala keburukannya

Dengan membaca dan mengamalan isi dari surat Al Mulk ini maka Allah SWT akan tinggikan derajat orang tersebut dan dihapuskan segala keburukannya. Berdasarkan yang dijelaskan didalam hadits dikatakan bahwa Allah SWT akan memberikan 30 kebaikan, 30 ampunan, dan dinaikan derajatnya 30x lipat kepada umatnya yang membaca surat Al Mulk.

  1. Diselamatkan dari siksa kubur

Setelah meninggal dunia sebelum akhirnya manusia ditentukan masuk ke surga atau neraka. Manusia terlebih dahulu akan melewati fase di alam kubur yang dimana terdapat siksa kubur untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatan yang pernah dilakukan di dunia. Tidak ada satupun manusia yang bebas dari siksa kubur kecuali orang tersebut semasa hidupn rajin membaca dan mengamalkan surat Al Mulk.