Tanaman lidah buaya atau aloe vera sudah lama dikenal berkhasiat meredakan peradangan kulit, termasuk cara mencegah timbulnya jerawat. Bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes hidup di hampir setiap kulit manusia, khususnya di wajah.

Biasanya, bakteri alami lainnya yang tersedia di kulit menjaga bakteri jerawat selalu terkendali. Namun, akibat berbagai aspek layaknya hormon, obat-obatan, dan stres, bakteri berkembang dan jerawat pun bermunculan ke permukaan.

 

Kandungan Lidah Buaya

Daging lidah buaya punya kandungan berbagai model vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, B12, C, E. Ada pula antioksidan kuat layaknya asam folat, kolin, kalsium, dan seng. Kandungan lidah buaya yang kaya bakal berbagai model vitamin dan mineral inilah yang menjadikan lidah buaya tenar di dunia kecantikan.

Lidah buaya sering digunakan sebagai takaran berbagai kosmetik, losion, dan krim kecantikan. Gel bening lidah buaya termasuk aman untuk diaplikasikan segera ke kulit. Karena miliki dampak mendinginkan kulit, lidah buaya benar-benar baik untuk meredakan peradangan.
Kandungan lidah buaya yang kaya bakal vitamin dan mineral membawa dampak tumbuhan ini miliki banyak khasiat, khususnya untuk wajah berjerawat.

 

Beberapa faedah lidah buaya untuk jerawat, antara lain:

 

Anti Peradangan

Salah satu faedah lidah buaya terhadap kulit berjerawat adalah sebagai anti radang. Jerawat berlangsung sebab proses peradangan. Lidah buaya sanggup meredakan peradangan selanjutnya agar mempercepat meredakan jerawat yang merah, menggembung, dan nyeri.

 

Antibakteri

Lidah buaya miliki dampak antibakteri agar sanggup menghindar bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya sudah terbukti aman digunakan sebagai kosmetik dan bahan perawatan wajah. Jadi, tidak usah curiga manfaatkan lidah buaya untuk mengatasi wajah berjerawat.

 

Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk jerawat lainnya adalah sebagai penghilang jerawat. Lidah buaya termasuk punya kandungan zat yang sanggup mempercepat pembentukan kolagen agar sanggup membantu menghilangkan bekas jerawat bersama lebih baik.

 

Pelembap untuk Wajah Berjerawat

Meskipun wajah berjerawat kebanyakan berminyak, bukan artinya tidak perlu pelembap. Apalagi, obat jerawat kebanyakan miliki dampak mengeringkan kulit. Anda sanggup menjadikan aloe vera sebagai pilihan pelembap harian sebab tidak bakal menyumbat pori agar aman untuk wajah berjerawat.

 

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

 

Lidah buaya sanggup didapat bersama mudah sebab kebanyakan produk perawatan wajah punya kandungan ekstrak aloe vera. Namun, pilihan selalu tersedia di tangan Anda. Anda sanggup memilih lidah buaya yang sudah di dalam kemasan atau memakainya segera berasal dari tanaman lidah buaya segar.

Bagi Anda yang memilih cara alami bersama mengambil alih segera berasal dari tanamannya, Anda sanggup manfaatkan aloe vera sebagai masker.

 

Berikut ini sebagian cara manfaatkan lidah buaya untuk mengatasi jerawat:

 

Lidah Buaya Murni

Cara paling mudah untuk meraih khasiat lidah buaya adalah bersama mengeruk gel lidah buaya yang terkandung terhadap daging lidah buaya. Beberapa tahapan cara manfaatkan lidah buaya murni untuk jerawat adalah sebagai berikut:

-Pertama, cuci wajah Anda bersama sabun lembut dan air hangat.
-Keringkan bersama handuk lembut bersih.
-Oleskan 1/4 sendok makan lidah buaya ke kulit Anda yang bersih. Jika Anda manfaatkan lidah buaya segar, cuci bersih lidah buaya. Kuliti anggota atas, dan membuang anggota tepi yang bergerigi.  Selanjutnya, keruk lidah buaya bersama sendok dan tempatkan di wadah bersih.
-Aplikasikan ke wajah Anda hingga merata. Hindari lidah buaya perihal anggota mata, mulut, dan telinga.
-Setelah menanti kurang lebih 10-15 menit, bilas wajah hingga bersih.

 

Lidah Buaya dan Air Lemon

Lemon yang punya kandungan asam sitrat sanggup membuat sembuh jerawat. Lidah buaya berperan di dalam mengurangi iritasi yang ditimbulkan oleh lemon. Dengan mencampurkan keduanya, Anda bakal meraih faedah lidah buaya untuk jerawat.

Anda sanggup mencampurkan lidah buaya dan air lemon bersama perbandingan 8:1. Setelah itu, poleskan secara merata ke wajah, lantas menanti selama kurang lebih 10 menit, sesudah itu basuh bersama manfaatkan air hangat. Hal yang wajib Anda mencermati adalah menjauhkan daerah mata sebab bakal membawa dampak mata sakit.

 

Lidah Buaya, Madu, dan Kayu Manis

Manfaat lidah buaya untuk jerawat lainnya sanggup Anda peroleh berasal dari masker lidah buaya, madu, dan kayu manis. Madu dan kayu manis miliki karakter antibakteri dan antiinflamasi yang hampir serupa bersama lidah buaya. Oleh sebab itu, Anda sanggup membawa dampak masker berasal dari bahan-bahan tersebut.

Cara untuk membawa dampak masker berasal dari lidah buaya, madu, dan kayu manis, yakni bersama mencampurkan 2 sendok makan madu, 1 sendok makan lidah buaya, dan 1/4 sendok teh kayu manis di dalam mangkok kecil. Selanjutnya, poleskan secara merata terhadap wajah, dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, membersihkan bersama air hangat.

 

Lidah Buaya dan Tea Tree Oil

Terakhir, cara manfaatkan lidah buaya untuk jerawat yang sanggup Anda cobalah adalah bersama membawa dampak masker berasal dari campuran lidah buaya dan tea tree oil. Anda sanggup membuatnya bersama mencampurkan air, lidah buaya, dan 2-3 tetes minyak esensial tea tree oil.

Jika Anda menginginkan membuat sembuh jerawat di tubuh, mandilah bersama sabun dan air khususnya dahulu. Selanjutnya, poleskan gel lidah buaya ke anggota tubuh yang mengalami jerawat. Selain itu, menjauhkan manfaatkan kosmetik hingga sebagian besar jerawat Anda sudah sembuh.

Menghilangkan jerawat tak melulu diatasi bersama obat-obatan kimia yang dibeli di apotek atau toko obat. Anda pun sanggup manfaatkan bahan alami layaknya lidah buaya atau aloe vera.

Meski demikian, terkecuali Anda belum pernah coba sebelumnya dan Anda jadi khawatir, konsultasikan lebih pernah bersama dokter perihal penggunaan lidah buaya, sekaligus situasi jerawat Anda. Semoga bermanfaat!