Perubahan teknologi turut mempengaruhi pergeseran pola perilaku masyarakat, dan menghadirkan cara mengelola bisnis online, sesuai perkembangan jaman.  Sejauh apa ya peluang bisnis online ini sehingga sangat menggiurkan?

Selama pandemi peluang bisnis online tumbuh sangat pesat dan ikut mendongkrak perekonomian Indonesia. Yang mencengangkan lagi para pelaku usaha kecil, para pebisnis pemula dan online shop tetap bisa diandalkan. 

Saat ini zamannya serba online, transaksi penjualan jadi lebih mudah. Jaringan internet telah membuka peluang bagi siapapun melakukan bisnis, alasannya peluang bisnis online sangat besar dibandingkan dengan pasar tradisional. Menarik ya?

Lalu apa saja potensi bisnis online yang menggairahkan para pelaku bisnis saat ini berikut penjelasanya ;

Tanpa batas teritorial 

Potensi bisnis online tidak terbatas oleh batasan teritori tertentu, pokoknya asal ada jaringan internet bisa akses social media, marketplace artinya Anda bisa menjangkau calon pelanggan Anda. Berbeda dengan bisnis offline yang terbatas pada gedung atau ruko tempat Anda berjualan, dengan bisnis online cukup online, melakukan promosi, upload photo produk barang dan jasa Anda pada website maupun social media. Pangsa pasar yang Anda miliki tidak terbatas bukan hanya dari luar daerah, memungkinkan juga pembeli Anda berasal dari luar negri.

Tidak terbatas semua calon pelanggan dari berbagai kalangan merupakan potensi terjadinya pembelian. Apalagi jika website jualan Anda ditunjang dengan artikel yang menarik, SEO friendly, dan berbagai strategy digital marketing yang membantu membantu bisnis anda tumbuh dan profit.

Minimal cost 

Selain memiliki pangsa pasar yang luas, bisnis online juga dipilih karena lebih hemat biaya. Untuk memiliki bisnis online Anda tidak perlu sewa tempat, hired banyak SDM bahkan terkadang tidak perlu stok barang.

Tingginya biaya pada bisnis offline inilah yang menjadi salah satu alasan para pengusaha menutup sebagian atau seluruh gerai tokonya seperti Matahari Departemen Store, Giant, Centro, Bata, Gramedia dan banyak lagi yang lainnya. Sebagian dari para pelaku bisnis akhirnya mulai membuka bisnisnya dengan cara online, alih alih mengeluarkan biaya yang begitu besar karena sewa tempat dan SDM, pelaku bisnis mengalokasikan biayanya untuk meningkatkan potensi bisnis online nya dengan berbagai strategy digital marketing, termasuk membangun website bisnis yang mampu meningkatkan prospek, omset dan brand awareness dari bisnis yang dikelola.

Kolaborasi promosi meningkatkan penjualan 

Di tengah pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia, aktivitas belanja online masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian pun makin meningkat. 

Bahkan, pada laporan “Navigating Indonesia’s E-Commerce: Omnichannel as the Future of Retail”, tercatat 74,5 persen konsumen lebih banyak berbelanja online daripada berbelanja offline.

Dengan meningkatnya tren belanja online masyarakat pun turut mendorong para pelaku UMKM untuk mengadaptasi ekosistem digital dengan berjualan melalui marketplace, website bisnis ataupun social media bisnis  sehingga mampu meningkatkan penjualan dan terus memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak dipungkiri kolaborasi promo dan program yang diberikan ikut menunjang naiknya penjualan, seperti promo free ongkir, flash sale diskon, bundling promo atau promo pembayaran dengan moda bayar cashless seperti credit card, ovo, gopay, paylater dan lain sebagainya.

Promo dan program terbukti meningkatkan penjualan

Anda bisa memasang iklan atau mempromosikannya melalui social media dan website bisnis yang didesain menggunakan strategi khusus marketing sebagai media promosi dan mampu menarik trafik cukup padat. 

Survei Sea Insights menunjukkan, sebanyak 54% responden pengusaha UMKM semakin adaptif menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan.
Metodologi survei ini dilakukan kepada 20.000 anak muda berusia 16 hingga 35 tahun. Sebanyak 2.200 di antaranya adalah pelaku bisnis online yang disurvei melalui platform Garena dan Shopee selama periode Juni 2020.

Keuntungan berlipat

Potensi bisnis Online yang begitu menggiurkan membuat banyak orang berlomba menjadi pelaku bisnis, meski banyak yang tumbang namun tidak sedikit juga yang bertahan bahkan sukses.

Apalagi pada moment tertentu seperti Ramadhan, lebaran, imlek, natal bahkan harbolnas banyak pelaku bisnis bisnis online yang kebanjiran omset.

Siapapun Anda jika ingin menang harus paham medan dan punya taktik strategy. Nah bagi pelaku bisnis online salah satu alat perang yang mampu membuat keuntungan berlipat 

Ketika Anda mulai menggunakan website untuk bisnis, didukung strategy digital marketing yang sistematis menggunakan bantuan konsultan SEO ahli, ini secara tidak langsung membantu perkembangan bisnis.

Website dengan strategy digital yang tepat akan meningkatkan potensi kunjungan yang lebih besar oleh calon pembeli yang tidak terbatas lokasi dan waktu. 

 

Selanjutnya ketika website anda naik lebih tinggi pada hasil pencarian akibat banyaknya pengunjung website anda setiap harinya, tentu cuan pun akan mengalir dengan omset yang lebih besar karena permintaan yang meningkat, dan keinginan untuk meraih keuntungan yang berlipat bukan hal yang mustahil.