Jika Anda telah memutuskan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak manajemen keuangan pribadi, penting bagi Anda untuk memilih perangkat lunak yang tepat untuk Anda. Berikut beberapa tip untuk membantu Anda memilih perangkat lunak yang tepat:

1. Buat daftar semua hal yang Anda harapkan dilakukan oleh perangkat lunak manajemen keuangan pribadi Anda. Ini dapat mencakup melacak pengeluaran, membayar tagihan secara online, kategori pajak, perencanaan investasi dan penganggaran. Anda dapat terus menambahkan ke daftar ini saat Anda menelusuri fitur-fitur produk yang berbeda dan Anda menemukan sesuatu yang menarik bagi Anda.

2. Jika Anda belum pernah menggunakan perangkat lunak manajemen keuangan sebelumnya, Anda mungkin ingin memulai dengan versi yang sangat dasar yang memiliki sekumpulan fitur kecil, mudah digunakan dan memiliki sebagian besar fitur yang Anda perlukan.

3. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan versi dasar jika Anda mungkin kewalahan dengan semua fitur lanjutan yang tersedia dalam aplikasi perangkat lunak terbaru.

4. Anda perlu memutuskan antara perangkat lunak online dan perangkat lunak akuntansi desktop. Jika Anda cenderung ingin mengakses perangkat lunak Anda dari berbagai lokasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan versi online. Mereka aman dan hanya mengharuskan Anda memiliki browser internet untuk mengaksesnya.

5. Anda perlu memastikan bahwa produk yang Anda pertimbangkan untuk dibeli kompatibel dengan sistem yang ada. Perangkat lunak tidak mungkin membenarkan biaya perbaikan sistem dan kemungkinan besar Anda tidak akan menggunakan perangkat lunak Anda sama sekali jika tidak kompatibel dengan sistem Anda.

6. Pertimbangkan untuk membeli produk yang dilengkapi dengan uji coba gratis. Ini akan memungkinkan Anda untuk menguji fitur-fiturnya dan jika Anda merasa tidak nyaman dengan apa pun, Anda tidak diwajibkan untuk menghabiskannya.

7. Periksa apakah perangkat lunak yang Anda pertimbangkan kemungkinan besar perlu ditingkatkan secara berkala. Sekalipun biaya perangkat lunak mungkin rendah, peningkatannya dapat membuatnya menjadi sangat mahal.

8. Periksa dengan bank Anda jika mereka merekomendasikan perangkat lunak tertentu. Berguna untuk menerima saran ini karena Anda akan perlu menautkan ke rekening giro Anda dan Anda tidak akan menemukan setelah membeli perangkat lunak bahwa Anda tidak dapat melakukannya.