Baru-baru ini, ada banyak informasi atau transfer media berbasis web yang berbicara tentang berbagai contoh potensial atau yang selamat dari perangkap Pinjaman Online Terdaftar Ojk yang tidak sah. Jerat ini adalah cara terbaru untuk mendapatkan secara ilegal di mana korban potensial tiba-tiba dikirim beberapa aset meskipun mereka tidak pernah memperoleh aset apa pun dari uang muka.

Nantinya, uang muka yang tidak sah itu akan memaksa korban untuk membayar harta yang telah diberikan dengan bunga dan denda yang tidak masuk akal. Kasus misrepresentasi semacam ini tentu sangat meresahkan masyarakat karena tidak lazim pemilihan dilakukan dengan cara yang tidak sopan dan kompromistis.

Beberapa bahkan hotel kekejaman dan penganiayaan pada korban untuk mendapatkan kembali uang “dipinjamkan” kepada orang yang bersangkutan. Untuk menghindari musibah besar, Direktur Eksekutif AFPI, Kuseryansyah, punya beberapa tips mengelola pertukaran aset yang melanggar hukum. Bagaimana kalau kita lihat!

1. Laporkan Perolehan Yang Melanggar Hukum

Perangkap Pinjaman Online Terdaftar Ojk seperti kasus di atas umumnya dilakukan dengan tahapan pinjaman gelap. Biasanya namanya jarang terdengar dan kalau dicek ke OJK, namanya tidak akan muncul di daftar kredit resmi OJK. Anda dapat melaporkan kemajuan yang melanggar hukum kepada spesialis. Berikut adalah beberapa cara berbeda untuk melaporkan uang muka yang melanggar hukum:

– Layanan Jendela AFPI
Bantuan ini dapat dicapai melalui:
Telepon: 150505 (pelengkap)
Email: [email protected]
Situs: www.afpi.or.id

Polisi Cyber Indonesia
– Merinci kemajuan yang melanggar hukum kepada polisi harus dimungkinkan melalui:
– Situs: https://patrolisiber.id
– Email: [email protected]

Gugus Tugas Waspada Usaha (SWI)
– SWI adalah unit OJK yang menangani kasus-kasus pinjaman gelap. Perincian harus dimungkinkan melalui:
– Email: [email protected]

2. Simpan dan jangan manfaatkan aset yang didapat

Agar tidak dituding memperoleh barang haram, sebaiknya Anda tidak memanfaatkan harta yang Anda peroleh. Simpan dan catat jumlah pelunasan yang masuk ke dalam catatan Anda sebagai verifikasi aset improvisasi yang masuk. Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan bukti saat merinci dan pihak peminjam gelap tidak bisa meminta Anda untuk membayar aset yang Anda gunakan.

3. Jika Ditagih Katakan Jika Anda Tidak Merasa Meminjam

Ketika seorang ahli pinjaman gelap meminta bermacam-macam, mereka akan menanyakan apakah Anda pernah mendapatkan uang melalui yayasan mereka. Katakan dengan tegas bahwa Anda tidak pernah mengajukan kredit.

Anda dapat mengatakan bahwa Anda memiliki bukti aset tidak jelas masuk dan tidak pernah mengajukan aset atau menggunakan uang tunai. Kemudian, pada saat itu, katakan bahwa Anda siap untuk mengurangi jumlah yang didapat.

4. Melapor Ke Mabes Polri Terdekat Jika Mendapat Bahaya, Teror, Ketakutan, Atau Kebrutalan

Tidaklah fenomenal bagi Pinjaman Online Terdaftar Ojk yang tidak sah untuk menggunakan strategi keras untuk mengumpulkan. Mereka mungkin melakukan ketakutan dan teror, dan bahkan merusak dan mengganggu jika korban menyangkal atau tidak dapat mengembalikan uang muka.

Jika ini terjadi, pastikan Anda mendapatkan data sebanyak mungkin dari si penindas psikologis dan segera laporkan kasus Anda ke markas polisi terdekat. Dengan begitu, kasus Anda dapat segera ditangani dan Anda serta orang-orang terdekat Anda bisa mendapatkan kepastian dari para ahlinya.

Terlepas dari keempat tips di atas, pastikan Anda selalu menahan data Anda sendiri agar tidak digunakan secara sembunyi-sembunyi oleh perkumpulan yang tidak bertanggung jawab. Selalu berhati-hati saat berbagi data, terutama yang terkait dengan masalah keuangan.