Sosiologi merupakan salah satu kajian dalam ilmu sosial yang mengkaji interaksi sosial, tata kehidupan masyarakat serta fenomena sosial. Istilah sosiologi pertama kali dicetuskan oleh seorang pemikir asal Perancis Auguste Comte dalam tulisannya berjudul Cours De Philosophie Positive.

 

Seiring berkembangnya waktu ilmu sosiologi mulai terkenal dan berkembang pada awal abad ke-19. Tokoh sosiologi pada waktu itu adalah Maximilian Weber atau lebih dikenal dalam kalangan akademisi dengan sebutan Max Weber.

Max Weber adalah seorang tokoh bapak sosiologi modern. Ia mampu membawa perkembangan ilmu sosiologi menjadi seperti sekarang ini. Tokoh yang lahir Erfrut Jerman pada 21 April 1864 memberikan kontribusi yang signifikan dalam perkembangan ilmu sosiologi.

Salah satu kontribusi Weber adalah penjelasannya mengenai hubungan calvinisme dengan tata kehidupan masyarakat. Selain itu ia membawa sosiologi sebagai ilmu yang berusaha menjelaskan tentang teori tindakan sosial dan efeknya yang terjadi dalam masyarakat.

Karya fenomena Max Weber adalah sebuah tulisan yang berjudul The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism. Dalam tulisanya Max Weber menjelaskan tentang pengaruh calvinisme berperan kuat di dalam etos kerja kaum protestan.

Kaum protestan calvinis memahami kesuksesan dan kekayaan di dunia akan menjadikanya orang yang juga sukses di kehidupan akhirat. Semangat bekerja keras tidak hanya bersumber pada pemenuhan kebutuhan melainkan keyakinan.

Namun kaum protestan calvinis memahami bekerja keras dan menjadi kaya raya merupakan salah satu bentuk ibadah. Hal ini lah yang membuat kapilatisme di Eropa khususnya Inggris berkembang cepat.

Max Weber menemui fakta bahwa para pemilik modal awal kapitalime sebagian besar adalah seorang penganut Calvinis. Dari sini ia menaruh perhatian lebih pada peran calvinisme dalam pembentukan tata kelola masyarakat.

Beberapa pernyataan Weber menjadi pembenaran atas fenomena koloniaslisme yang dilakukan oleh masyarakat Barat. Faktanya kolonialisme tidak hanya berbicara tentang kekuasaan dan harta kekayaan tetapi juga berbicara tentang penyebaran keyakinan.

Sebagai bapak sosiologi modern hasil pemikiran Max Weber masih menjadi kajian penting dalam ilmu sosial hari ini. Begitu jelas dan singkat Semangat Calvinisme adalah semangat kapitalisme