Mungkin banyak yang sudah tahu dengan sistem pendidikan sekolah PAUD di Indonesia, namun siapa sangka, nyatanya ada banyak sekali pelayanan yang diberikan dan mungkin sebagian besar dari anda yang belum tahu. Penasaran apa saja pelayanan PAUD yang ada di Indonesia? berikut kutipannya.

Pelayanan PAUD  di Indonesia untuk Buah Hati

1. Taman Kanak-Kanak (TK)

Pada dasarnya ada banyak pelayanan PAUD yang di berikan bagi bauh hati. Salah satu pelayanan yang di berikan adalah taman kanak kanak atau biasa di sebut dengan TK. Untuk taman kanak-kanak ini adalah satu PAUD yang mana telah menyelenggarakan program bagi buah hati dari usia 4 hingga 6 tahun secara terstruktur.

2. Kelompok Bermain (KB)

Berbeda dengan teman kanak-kanak, untuk kelompok bermain atau KB ini adalah satuan PAUD yang menyelenggarakan berbagai program bagi si kecil dari umur 2 hingga 4 tahun, namun biasanya juga ditoleransi sampai 6 tahun. Umumnya untuk toleransi ini akan diberikan jika di lingkungan sekitar belum memberikan pelayanan taman kanak-kanak.

3. Satuan PAUD Sejenis (SPS)

Jenis pelayanan yang ketiga ini ada sekolah PAUD atau satuan PAUD sejenis yang mana penyelenggaraannya dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan yang diberikan. Pelayanan yang dimaksud antara lain adalah pos pelayanan terpadu (posyandu), bina keluarga balita (BKB), taman pendidikan Al-Qur’an (TPA), yaman pendidikan anak sholeh (TAPAS), bina anaprasa, dan lainnya.

Tidak hanya itu, satuan PAUD sejenis ini juga menyangkut berbagai kelompok layanan bagi anak usia dini yang berada di bawah binaan organisasi wanita ataupun kemasyarakatan. Salah satu program yang sering dilakukan dari satuan PAUD sejenis adalah pos PAUD yang telah diintegrasikan dengan berbagai layanan posyandu dan juga BKB.

4. Taman Penitipan Anak (TPA)

Perlu diketahui, bahwasannya untuk taman penitipan anak atau TPA adalah satuan dari bagian PAUD yang telah menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan dan juga pengasuhan bagi buah hati sejak usia 3 bulan hingga di umur 6 tahun. Biasanya ini akan banyak di ikuti oleh ibu-ibu muda.

5. PAUD Berbasis Keluarga (PBK)

PAUD berbasis keluarga atau biasa disebut dengan PBK adalah layanan sekolah PAUD yang diselenggarakan di lingkungan keluarga. Untuk fasilitas di PAUD berbasis keluarga ini bisa dikerjakan dengan menggunakan program pendidikan keorangtuaan. Tujuan dari sistem sekolah atau layanan PAUD ini adalah untuk menyeimbangkan program dari satuan PAUd dan juga dari rumah.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan lengkap di atas adalah ada 5 jenis pelayanan PAUD di Indonesia dan bisa diterapkan ke buah hati. Kelima pelayanan yang di maksud antara lain adalah taman kanak-kanak (TK), kelompok bermain (KB), satuan PAUD sejenis (SPS), taman penitipan anak (TPA), dan yang terakhir PAUD berbasis keluarga (PBK).

Jika Anda menginginkan pendidikan terbaik untuk buah hati Anda, maka jangan ragu untuk menempatkan mereka di ke Sekolah Murid Merdeka.