Semua pekerja di Indonesia baik level buruh sampai dengan manager wajib mengatahui yang namanya protokol keselamatan kerja standar internasional. 

Karena kondisi ini menjadi sangat penting mengingat kasus kecelakan kerja yang jumlahnya tidak sedikit terus meningkat setiap saat.

Kecelakaan kerja sendiri bisa disebabkan oleh faktor external dan internal. Dimana bisa karena human eror, atau karena kondisi yang tidak bisa di hindari misalkan ketika anda bekerja dalam bangunan yang tinggi tiba tib ada angin besar yang membuat tempat anda menaruh tali pengaman putus mislakan nah ini masuk dalam kecelkaan karena faktor alam.

Sebaliknya kerap kali terjadi karena kesalahan teknis yang mengakibatkan anda cacat menjadi faktor yang semuanya ini harus di pahami sehingga kasus kecelakaan akbiat kerja bisa dikurangi.

Kondisi inilah yang kerap kali menjadi sebuah cara kita terutama yang bekerja dengan risiko terbesar mengambil tindakan antisipasi salah satunya dengan mengasuransikan diri kita. Karena jika di tinjau dari fungsi asuransi kecelakaan diri sendiri hadir untuk memberikan solusi akan masalah ini.

Dalam panduan resmi yang dikeluarkan pemerintan sendiri sudah ada sebenanya kurikulum dan platihan resmi yang dinamakan dengan K3. K3 ini akan diperkenalkan ke semua karyawan di seluruh perusahaan demi menjaga angka kecelakaan kerja menurun.

Makanya mungikin anda sering sekali mendengar istilah adanya pelatihan K3 yang selalu rutin di selenggarakan.

Sedangkan menurut data yang diberikan oleh badan kesehatan khususnya indonesia mengatakan ada setidaknya 10 orang yang mengalami musibah kecelakan dan ini data di dapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan yang tentu saja mengklaim asuransi mereka.

Belum lagi dari perusahaan asuransi ternama lainya seperti Sequis misalkan berapa data yang bisa ia sebutkan, belum lagi yang tidak terdata maka dapat kita tarik kesimpulan kondisi kecelakaan kerja ini sangat dekat sekali dan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Maka kami sarankan anda selalu waspada, hati hati dan berikan cover kepada keluarga anda sendiri salah satunya dengan cara membeli asuransi kecelakaan kerja mislakan.

Pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja ini bisa ditinjau dari azas manfaat yang akan anda dapatkan. Karena potensi kecelakaan kerja sendiri tidak hanya rentan bagi mereka yang kerja di luar ruangan, dibangunan tinggi, dengan mesin pemotong bahkan mereka yang kerja di dalam ruangapun akan memiliki kans dalam mengalami kondisi ini.

Maka dari itu cek dulu beberapa manfaat K3 dibawah ini:

  1. Memberikan dampak postif terhadap sebuah perusahaan dalam hal kemajuan dimasa yang akan datang. Karena bagaimapaun juga jika angka kecelakaan kerja tinggi dalam sebuah perusahaan maka cost yang akan dikeluarkan akan semakin banyak dan trust pegawai mulai berkurang dan ini berbahaya bagi sebuah kehidupan perusahaan.
  2. Meningkatkan kualitas pekerja, karena dari pelatihan ini sendiri semua pekerja akan mendapatkan ilmu baru terutama dalam menjaga keselamatan mereka dan tim.

Penyakit Akibat Kerja

Bagian terakhir akan coba kami bahas penyakit akibat kerja yang harus anda wasapadai. Dari jenis penyakit ini sendiri akan memiliki klompok yang tidak sama.

Misalkan bagi anda yang bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik. 

Bisa jadai penyakit seperti punggung keseleo bisa anda alami, sebaliknya bagi anda yang bekerja di dalam ruangan dengan menggunakan APD yang membuat anda kesusahan dalam bernafas secara alami bisa jadi anda akang mengalami sesak dan lain sebagainya sesuai dengan jenis perusahaanya.

Sedangkan ketika kita meninjau dari penyebab sendiri kemungkinan terbesar bisa jadi karena tidak mengabaikan keselamatan diri misalkan tidak menggunakan sarung tangan anti benda tajam, tidak menggunakan sepatu bot alhasil anda di gigit ular misalkan sampai dengan pengaruh pada daya tahan tubuh akibat usia semakin tua.