Nama dangdut pada aliran musik dangdut merupakan suatu onomatope yang dihasilkan dari suara alat musik tabla yang berasal dari India yang menghasilkan bunyi ‘ndut’.

Musik dangdut dapat dikatakan sebagai salah satu jenis aliran musik tradisional yang populer di Indonesia yang bila diperhatikan mengandung unsur musik dari Arab, India, serta Melayu.

Ciri khas aliran musik dangdut ini yaitu suara dentuman alat musik tabla dan gendang. Musik dangdut juga dipengaruhi dari musik India klasik atau Bollywood.

Sejarah dan Perkembangan Musik Dangdut di Indonesia

Sejarah musik dangdut di Indonesia diawali dari pengaruh musik India lewat film Bollywood oleh Ellya Khadam yang menyanyikan  lagu “Boneka India” yang populer di era 1950-an.

Sejak itu, lalu muncullah Haji Rhoma Irama pada 1968, yang bermain sebagai tokoh utama dalam film yang mengusung tema musik dangdut. Istilah ‘dangdut’ sendiri baru dikenal luas di tahun 1970-an.

Karakter musik dangdut identik dengan musik india, terutama pada suara alat musik tabla, yang juga dipengaruhi oleh musik Arab pada bagian harmonisasi serta cengkoknya.

Mulai tahun 1970-an, musik dangdut dapat dibilang telah matang dalam bentuk modern. Sebagai musik populer yang punya lumayan banyak penggemar, dangdut bersifat terbuka dengan adanya pengaruh dari jenis musik lainnya, seperti langgam, keroncong, gambus, rock, pop, hingga house music. 

Sejak zaman dulu hingga kini pun, musik dangdut akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan  selera masyarakat.

sumber : chord