Banyak manfaat memang yang didapat jika memasang behel gigi atau kerap disebut dengan behel. Mulai dari; merapikan gigi yang tidak rata, meningkatkan kepercayaan diri, hingga membuat senyuman terlihat semakin menawan. Apalagi, ditambah dengan harga pasang behel gigi pun tidak begitu mahal, tentu ini akan sangat menguntungkan untuk yang ingin memakainya.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan untuk yang baru pertama kali memasang behel, salah satunya tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan karena dikhawatirkan nanti malah bisa mengganggu kinerja dari behel gigi tersebut. Berikut merupakan makanan-makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh yang baru memakai behel gigi,  check it out:

  1. Permen. Siapa coba yang tidak suka dengan permen? Rasanya yang manis dan mudah didapat, membuat makanan satu ini menjadi primadona di semua kalangan, baik tua maupun muda. Namun, sayang, untuk yang memakai behel ada baiknya tidak mengonsumsi makanan manis satu ini. Mengapa? Lantaran, tekstur permen yang cenderung keras akan sangat berisiko melonggarkan bracket yang menempel di behel. Tidak cuma itu, sisa-sisa permen yang tanpan sengaja lengket pada behel pun bisa memicu gigi berlubang dan mengikis lapisan gigi.
  2. Kacang-kacangan. Mengonsumsi kacang-kacangan memang bagus untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, serat, kalsium, dan lain sebagainya. Akan tetapi, sebaiknya kacang-kacangan tidak dikonsumsi oleh yang memakai behel. Lantaran, kacang-kacangan memiliki tekstur sangat kecil dan keras. Apabila digigit bisa berisiko mematahkan bracket behel karena itu tidak disarankan untuk dikonsumsi. Apalagi, kacang-kacangan bisa menyangkut di sela-sela kawat gigi yang mana akan sangat sulit untuk diambil.
  3. Keripik dan popcorn. Keripik dan popcorn cocok dijadikan sebagai camilan menonton televisi maupun bioskop. Tapi, untuk kamu yang menggunakan behel alangkah baiknya tidak mengonsumsi kedua makanan ini. Sebab popcorn maupun keripik memiliki tekstur yang sedikit keras sekaligus tajam, apabila dikonsumsi maka bisa menyangkut di sela gigi.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh yang memakai behel. Meski ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi, tapi kamu pasti tetap tertarik memasang behel ini, kan? Nah, untuk yang tertarik, maka dianjurkan memilih metode clear aligner yang diperkenalkan oleh Rata, The First Indonesian Clear Aligner. Metode ini bisa membantu merapikan gigi yang terlihat berantakan tanpa menggunakan kawat gigi melainkan cetakan transparan.