Letak Astronomis Indonesia: Dampak dan Keuntungannya | Indozone.id

source gambar : indozone.id

Di sekolah, Anda tentu sudah tahu bahwa letak astronomis Indonesia adalah berada di garis bujur 95° hingga 141° Bujur Timur. Sementara garis lintangnya, Indonesia berada di titik koordinat 6° Lintang Utara dan 11° Lintang Selatan, lalu apa pengaruh semua ini terhadap Indonesia?

  • Letak Astronomis

Letak astronomis adalah posisi satu wilayah yang ditentukan dengan sistematika garis bujur dan garis lintang. Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, menyebabkan geografis Indonesia berada di garis khatulistiwa dan beriklim tropis.

  • Bagian Wilayah Batas Astronomis

Beberapa wilayah di Indonesia yang berada di perbatasan letak astronomis Indonesia adalah Pulau We, Breueh, Rote, dan Sungai Fly. Pulau We yang berada di daerah Nangroe Aceh Darussalam menjadi wilayah yang berada di titik koordinat 6° LU.

Pulau Breueh menjadi daerah batas titik koordinat 95° Bujur Timur berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini adalah wilayah Indonesia paling barat.

Pulau Rote adalah batas Indonesia paling selatan yang berada di titik 11° Lintang Selatan. Sementara batas Indonesia paling timur berada di titik koordinat 141° BT dengan wilayah bernama Sungai Fly, di Kota Merauke.

  • Bagian Wilayah di Titik Khatulistiwa

Pengaruh astronomis Indonesia yang menyebabkan negara ini berada di garis khatulistiwa membuat beberapa daerah dilewati garis ekuator. Garis ekuator atau garis khatulistiwa adalah garis lintang yang berada di titik lintang nol derajat.

Beberapa wilayah yang dilewati garis ini di antaranya, Kota Bonjol, Sumatera Barat. Ada juga Kota Pontinak di Provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Provinsi Sulawesi juga wilayah yang berada di titik zero lattitude. Wilayah lainnya adalah Pulau Halmahera di Maluku Utara, Kepulauan Batu di Sulawesi Utara, dan Pulau Waigeo di Papua Barat.

  • Pengaruh Garis Lintang terhadap Indonesia

Pengaruh letak astronomis Indonesia adalah menjadikan negara ini beriklim tropis karena koordinat garis lintangnya. Hal itu membuat Indonesia bisa dikenali dengan sebutan negara beriklim tropis.

Selain itu, ciri lain negara Indonesia adalah temperatur udara tinggi, ketika musim kemarau maupun hujan. Curah hujan yang terbilang tinggi juga menjadi karakteristik negara ini.

Negara Indonesia hanya memiliki dua musim, dan di kedua musimnya, cahaya matahari tetap bisa menyinari wilayah Indonesia. Hal ini terjadi karena garis lintang Indonesia yang menyebabkan sinar matahari berkemungkinan masuk sepanjang tahunnya.

Sementara itu, Indonesia juga punya hutan hujan tropis. Ditambah lagi kekayaan flora dan fauna karena lembapnya suhu daerah hutan hujan tropis.

  • Pengaruh Garis Bujur terhadap Indonesia

Letak garis bujur Indonesia yang berada di titik koordinat 95° hingga 141° BT menyebabkan negara ini memiliki tiga waktu. Hitungan waktu berdasarkan Greenwich Mean Time (GMT) letak wilayah Indonesia di waktu +7 GMT berada di Pulau Jawa.

Selain Jawa, Sumatera, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Pulau Madura dan beberapa pulau kecil di sekitarnya termasuk Waktu Indonesia Barat. Sementara itu, wilayah lainnya berdasarkan GMT disebut WITA dan WIT.

WITA (Waktu Indonesia Tengah) berada di 8+ GMT. Daerah yang termasuk WITA salah satunya Bali. Sementara itu, untuk wilayah yang termasuk WIT (Waktu Indonesia Tengah) adalah Pulau Maluku dan Papua.

  • Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Di antara keuntungan letak astronomis Indonesia adalah memiliki lahan subur, tumbuhan dan hewan yang beragam ada di setiap daerah, khususnya di wilayah hutan hujan tropis. Destinasi alam Indonesia menjadi daya tarik wisatawan, selain itu Indonesia juga terhindar dari bahayanya angin topan.

  • Kesimpulan

Letak astronomis Indonesia adalah penyebab Indonesia memiliki kualitas tanah yang subur. Dampak positif lain juga hadir karena letak astronomis ini, seperti banyaknya destinasi wisata yang bakal menambah devisa negara.

Nah, itulah pengertian dan akibat dari letak astronomis Indonesia. Menarik, bukan negara Indonesia? Letak astronomis sangat mempengaruhi Indonesia.