Ada sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan yang membantu mengelola perusahaan global besar dan perangkat lunak manajemen bisnis kecil yang lebih mudah diterapkan dan digunakan.

Perangkat lunak manajemen bisnis kecil dapat berupa rangkaian program untuk pekerjaan kantor atau paket khusus seperti akuntansi, manajemen inventaris, manajemen armada, atau perangkat lunak tempat penjualan. Ada juga aplikasi bisnis khusus industri seperti manajemen sekolah dan perangkat lunak manajemen ritel.

Bagaimana Software Bisnis Membantu Bisnis?

Mempercepat proses bisnis adalah salah satu cara utama perangkat lunak membantu bisnis. Misalnya, pengolah kata telah mengubah kecepatan pembuatan, pengeditan, penyimpanan, dan pengambilan dokumen bisnis. Bayangkan hari-hari mesin ketik ketika setiap revisi signifikan akan melibatkan pengetikan ulang seluruh dokumen, dan praktik rumit menggunakan kertas karbon untuk membuat banyak salinan dokumen (beberapa di antaranya mungkin tidak pernah digunakan, mengakibatkan pemborosan kertas).

Dengan office suite yang khas saat ini, Anda dapat melakukan beberapa hal. Anda dapat membuat dokumen sesuai permintaan, melakukan perhitungan yang rumit, mengembangkan presentasi penjualan yang fantastis, dan mengelola database besar yang menyimpan informasi tentang pelanggan, pesanan, penjualan, dan transaksi bisnis lainnya.

Aplikasi fungsional memperluas keuntungan menggunakan komputer untuk mencakup lebih banyak proses bisnis. Software akuntansi bisnis, misalnya, tidak hanya mempercepat proses akuntansi tetapi juga meningkatkan kualitas akuntansi, penganggaran dan pelaporan. Sekarang dimungkinkan untuk menghasilkan laporan analitis yang rumit yang tidak praktis untuk dikompilasi menggunakan proses tulisan tangan.

Semua area hasil utama utama mendapat manfaat dari penggunaan perangkat lunak manajemen khusus. Perangkat lunak manajemen inventaris membantu melacak tingkat stok semua item inventaris dan memantaunya terhadap tingkat minimum, maksimum, dan pemesanan ulang, misalnya. Perangkat lunak manufaktur memungkinkan para manajer untuk memiliki gambaran yang jelas tentang status operasi terkini di lantai pabrik setiap saat. Perangkat lunak penjadwalan memungkinkan mereka untuk mengembangkan jadwal kerja shift berdasarkan kriteria yang kompleks dengan cara yang tidak membebani pekerja mana pun.

Sementara perangkat lunak manajemen proyek membantu manajer proyek melaksanakan proyek dalam waktu dan biaya yang diizinkan, perangkat lunak manajemen aset membantu melindungi aset fisik bisnis. Kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang kompleks adalah bidang lain di mana perangkat lunak bisnis membantu.

Aplikasi Web menambahkan Dimensi baru

Aplikasi web seperti email dan pesan instan mengubah skenario komunikasi. Situs web dan e-commerce memungkinkan bisnis kecil dengan sumber daya terbatas untuk berdagang secara global. Telepon Internet mengurangi biaya panggilan jarak jauh ke hampir tingkat panggilan lokal.

Dan sekarang komputasi awan membuat pengeluaran besar yang terlibat dalam pembelian perangkat keras dan perangkat lunak tidak diperlukan. Sebaliknya, bisnis dapat bekerja dengan aplikasi di Web, membayar hanya untuk apa yang mereka gunakan, dan bahkan menyimpan data mereka di server Web. Selain menurunkan biaya, komputasi awan juga memungkinkan untuk mengakses data dari mana saja di dunia.

Perangkat lunak yang lebih kecil seperti perangkat lunak yang meningkatkan kemudahan dan efektivitas manajemen waktu dan kalender membantu pekerja individu untuk mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Perangkat lunak manajemen kontak bisnis dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan karena mempertahankan kontak pelanggan menjadi urusan yang jauh lebih tahan kegagalan.

Perangkat lunak manajemen bisnis dan Internet telah sepenuhnya mengubah cara bisnis dikelola. Mereka telah mempercepat, meningkatkan kualitas, dan memperluas jangkauan operasi bisnis.

Sebagai akuntan dengan kualifikasi manajemen bisnis dan pengalaman puluhan tahun untuk bisnis di posisi senior hingga tingkat atas, Gopinathan membantu bisnis kecil hingga menengah dengan memulai bisnis baru, peningkatan kinerja bisnis, dan pemasaran. Dia menggunakan teknik pemodelan bisnis terstruktur untuk membantu semua ini, dan telah meluncurkan situs web dukungan bisnis untuk memberikan bantuan dengan cara yang nyaman terlepas dari jarak dan batas geografis.