Bicara tentang pipa air pastinya tidak lepas dari fitting atau sambungan. Tanpa fitting atau sambungan pastinya akan sulit melihat instalasi dalam rumah atau bangunan yang bagus.

Fitting pun ada banyak jenisnya. Contohnya saja yang dimiliki oleh Rucika. Ada dua jenis fitting yang dirilis untuk kebutuhan pemipaan. Yaitu access fitting dan special fitting.

Bedanya Antara Access Fitting Dengan Special Fitting

Meski Access fitting dan Special fitting sama-sama diadaptasi dari perusahaan Jepang, namun keduanya diproduksi karena adanya kerjasama dengan perusahaan Jepang yang terkemuka akan bidang perpipaan. Keduanya mungkin hampir sama fungsinya, yaitu untuk pipa air pembuangan namun masih tetap berbeda fungsi spesifiknya.

Access fitting merupakan sambungan pipa air yang termasuk ke dalam Rucika Hygenic System. Biasanya Access fitting digunakan untuk menangani sumbatan-sumbatan yang kadang terjadi di saluran pipa air pembuangan.

Umumnya penyumbatan terjadi pada saluran kitchen sink yang disebabkan oleh sisa-sisa lemak makanan yang juga menjadi penyebab bau tidak sedap.

Dengan menggunakan Access fitting dari Rucika inilah masalah penyumbatan terselesaikan. Betapa tidak, fitting jenis ini memiliki lubang akses di beberapa titik tertentu sehingga memudahkan tukang untuk memperbaiki bagian-bagian saluran pipa yang tersumbat. Selain itu sistem perawatan Access fitting ini bisa dilakukan di dalam dan di luar ruangan.

Sementara Special fitting adalah inovasi terbaru dari produsen yang dapat digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pemasangan pipa. Terutama pada sistem air pembuangan. Keunggulan-keunggulan special fitting ini menjadi pelengkap instalansi pipa dengan 21 ukuran yang berbeda.

Manfaat utama dari fitting ini yang pertama adalah pemasangan dan pengukuran pipa semakin mudah dan cepat.  Karena tidak memerlukan incian. Berbeda dengan fitting biasa yang memerlukan inchian atau pipa tambahan dan memerlukan ruang tertentu.

Sementara yang kedua ialah pemasangan pipa tidak harus dilakukan di ruang yang luas. Instalansi ini dapat dilakukan di ruang yang sempit. Dan yang ketiga ialah aliran air kotor lebih lancar.

Special fitting pipa air Rucika juga memiliki keunggulan-keunggulan yang lainnya yaitu pengaplikasian Eccentric Increaser dengan cara normal dapat memperlancar aliran air kotor sementara pemasangan terbalik dapat mencegah arus balik. Untuk pengaplikasian Elbow Increaser hanya memerlukan satu fitting.

Terakhir, Eccentric Increaser Bushing diaplikasikan dengan cara langsung dimasukkan ke dalam socket fitting sehingga tidak memakan banyak space. Jadi menggunakan Special Fitting itu lebih save time save energy.