Membuat Rencana Pemasaran Digital

Karena munculnya pandemi COVID-19 di seluruh dunia pada tahun 2020, bukan rahasia lagi bahwa online adalah masa depan. Laju transformasi digitalisasi bisnis meningkat secara eksponensial, dan tren ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Tidak masalah apakah itu untuk proyek pemasaran digital jangka panjang atau pendek – rencana sangat penting untuk setiap kampanye pemasaran yang sukses.

Dengan kerja tim yang baik, membangun rencana pemasaran digital yang transparan, jelas, dan terdefinisi akan membuat semua orang tetap berada di kapal yang sama dan bekerja untuk mencapai tujuan akhir. Itulah yang coba kami terapkan saat membangunan Agency Jasa SEO Semarang, SEO Zilla Indonesia, walaupun belum terealiasai dengan baik.

Berikut adalah seluk beluk pembuatan rencana pemasaran digital tahunan, setengah tahunan, atau triwulanan.

  1. APA TUJUAN ANDA?

Sebelum mulai membuat rencana pemasaran, tanyakan pada diri Anda apa tujuan Anda? Sasaran yang berbeda memerlukan pendekatan yang berbeda dan pendekatan apa yang Anda gunakan akan memengaruhi keseluruhan anggaran pemasaran digital Anda.

Jangan hanya menetapkan sasaran umum, seperti lebih banyak penjualan, lebih banyak lalu lintas, atau lebih banyak prospek.

Buatlah spesifik sehingga setiap orang mengerti tentang angka-angkanya. Misalnya meningkatkan penjualan untuk 3 bulan ke depan sebesar 20% dibandingkan periode sebelumnya.

Tidak yakin bagaimana cara menetapkan tujuan untuk bisnis Anda? Bagaimana dengan menggunakan metode SMART klasik ?

Dengan kata lain, tetapkan tujuan yang Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Realistis, dan Berbatas Waktu.

Tujuan Anda harus mengandung semua elemen di atas sebagai target Anda.

Diskusikan dengan tim Anda atau mintalah lebih banyak pendapat dari atasan Anda untuk menyempurnakan tujuan.

  1. SIAPA TARGET AUDIENS ANDA?

Setelah Anda memutuskan tujuan pemasaran Anda, selanjutnya identifikasi target audiens Anda. Jika Anda masih yakin bahwa Anda hanya memerlukan satu rencana pemasaran untuk menaklukkan dunia, itu tidak akan berhasil.

Rencana pemasaran Anda harus disesuaikan dan memenuhi target audiens. Apakah Anda ingin menargetkan kelompok klien yang lebih luas, atau kelompok yang lebih kecil, untuk pasar khusus? Jelaskan. Perhatikan bahwa masing-masing memiliki pro dan kontra.

Seringkali, setelah menjalankan kampanye pemasaran Anda beberapa saat, Anda akan menyadari jika Anda menargetkan audiens yang tepat. Atau Anda mungkin secara tidak terduga menemukan sekelompok klien baru. Siapa tahu?

Bersikaplah realistis saat mengidentifikasi audiens target Anda untuk produk atau layanan Anda. Jangan bersikap terlalu serakah dan targetkan semuanya; ini adalah contoh menetapkan tujuan yang tidak realistis.

  1. APA USP ANDA?

Langkah selanjutnya adalah menentukan proposisi penjualan unik (USP) Anda. Ini adalah poin penting untuk membuat Anda menonjol dari persaingan atau berbeda dari yang lain.

Apakah Anda menawarkan harga kompetitif yang lebih baik? Nilai tambah atau layanan tambahan, atau fitur unik ekstra untuk membuat semua orang mengingat merek Anda?

Mengetahui USP Anda akan membuat klien Anda fokus pada bisnis Anda daripada pesaing Anda. Sertakan USP Anda dalam tagline, deskripsi produk, dan materi pemasaran untuk secara konsisten membangun kepercayaan pada bisnis Anda.

Tanyakan pada diri Anda berulang kali: Mengapa calon pelanggan Anda harus membeli dari Anda? Pasar sudah memiliki begitu banyak pesaing yang menjual produk yang sama – mengapa mereka harus memilih Anda?

  1. BAGAIMANA MENCAPAI TARGET ANDA?

Strategi pemasaran digital dan metode pemasaran digital yang tepat dapat membantu Anda mencapai target.

Ketika berbicara tentang pemasaran media sosial, ada banyak sekali pilihan: Iklan Facebook , Instagram , Twitter , YouTube , TikTok , Linkedin . Untuk pengoptimalan mesin telusur menggunakan Jasa SEO, opsinya adalah Google Ads , pemasaran email , pasar ( Lazada , Shopee ), dan lainnya.

Tak ketinggalan bisa menggunakan Alibaba.com untuk menghadirkan lebih banyak eksposur guna memaksimalkan peluang bisnis Anda.

Jika Anda memiliki sumber daya, coba-coba pada lebih banyak platform untuk mengetahui respons yang Anda dapatkan. Jika tidak, pilih platform atau metode yang menurut Anda akan memberi Anda keuntungan tertinggi. Cari tahu platform mana yang sering menjadi target pelanggan Anda untuk memutuskan dengan lebih baik.

Faktanya, banyak bisnis yang memulai dengan hanya berfokus pada satu platform saja (seperti menjual produk menggunakan Instagram ) kemudian perlahan-lahan berkembang membangun toko e-commerce sebelum berkembang ke pasar populer.

Ingat, semakin jelas dan jelas rencana Anda, semakin dekat Anda dalam mencapai tujuan pemasaran.

  1. CATAT HASIL

Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan oleh banyak bisnis. Ya, Anda mungkin memiliki semua data dan laporan, tetapi perlu diingat bahwa Anda juga perlu memantau, menganalisis, dan memverifikasi apakah hasilnya akurat.

Ini sangat membantu ketika bisnis ingin mengetahui alasan di balik fluktuasi pendapatan.

Meskipun tidak mungkin menemukan korelasi yang sempurna atau mengidentifikasi rumus rahasia, namun tetap merupakan praktik terbaik untuk memahami setiap metrik yang dilacak bisnis Anda.