resep herbal untuk batuk rejan

Batuk rejan atau pertussis itu berbeda dari batuk biasa. Batuk satu ini bisa memberi efek sesak dan menyakitkan di dada. Tetapi dengan herbal sambiloto, Anda bisa membantu mengatasi keluhan pertussis ini. Mengutip dari deherba.com, berikut cara memanfaarkan daun sambiloto sebagai resep herbal batuk rejan.

Mengenal Lebih Baik Penyakit Batuk Rejan

Batuk rejan atau secara medis dikenal sebagai pertussis ini merupakan keluhan pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis. Batuk rejan akan menyebabkan seseorang mengalami batuk yang terasa dalam, menekan dan kadang menyakitkan.

Gejala batuk rejan sendiri bisa dikenali dari bentuk batuk yang dialami penderitanya. Batuk pada pertussis akan terdengar lebih kuat dan dalam. Terdengar suara tarikan nafas melengking yang mendahului.

Penyakit ini biasanya menyerang anak anak, meski tidak sedikit orang dewasa yang juga mengalami keluhan ini. Batuk semacam ini bisa berlangsung lama bahkan hingga bulanan. Menyebabkan penderitanya sulit tidur, mudah lelah, kehilangan selera makan dan kerap merasa sesak selama waktu yang lama.

Penularannya terjadi seperti kebanyakan penyakit pernafasan lain. Dari air liur yang turut keluar ketika penderita batuk. Kemudian terbang di udara atau melekat di benda. Jika bersamaan dengan itu tidak lama unsur bakteri ini terhirup oleh orang sehat di sekitarnya, potensi penularannya akan tinggi.

Bakteri akan bergerak menuju paru paru dan melekat pada dinding paru paru. Membentuk peradangan dan mengganggu kinerja produksi mucus di dinding tenggorokan dan paru paru. Akibatnya pasien merasakan rasa gatal tenggorokan dan dada, rasa panas, batuk kering, sesak dan lain sebagainya.

Saat ini sebenarnya batuk rejan sudah terdapat vaksinnya. Anda mendapatkannya di usia bayi bersama dengan vaksin Difteri dan Tetanus. Namun potensi penularan tetap mungkin terjadi pada mereka dengan imunitas yang buruk atau paparan bakteri yang intens.

Bagaimana Sambiloto Bekerja Sebagai Resel Herbal Batuk Rejan?

Pengobatan untuk pertussis secara medis relatif rumit dan panjang. Biasanya terapi akan memakan periode beberapa pekan sampai terapi dinyatakan berhasil. Tetapi, Anda juga bisa membantu mengatasi keluhan dan sumber penyakit dengan mengonsumsi sambiloto. Daun yang dikenal dengan rasa pahit ini ternyata sangat baik bekerja pada masalah infeksi pernafasan, termasuk sebagai resep herbal batuk rejan.

Tanaman sambiloto atau dikenal dengan nama ilmiah Androphagis paniculata  adalah tumbuhan perdu yang lazim ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sejak lama secara tradisional daun sambiloto ini dimanfaatkan untuk terapi batuk, sesak nafas, asma, gangguan paru paru. Bahkan dewasa ini sambiloto dikenal pula sebagai alternatif untuk COVID 19 yang diakui secara klinis oleh banyak institusi.

 

Sambiloto juga dikenal memiliki efek baik untuk pencernaan dan memiliki efek sebagai hepaprotektif.  Herbal ini juga baik untuk terapi pra stroke, kardioprotektor, dan membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Dalam peran daun sambiloto untuk resep herbal batuk rejan, daun ini mengandalkan senyawa unik Andrographolide. Senyawa ini menjadi rahasia utama mengapa daun sambiloto baik untuk sistem pernafasan.

Efeknya sangat baik mengembalikan kondisi normal kelenjar mucus, mengatasi lendir yang kental, meredakan peradangan, membantu memperbaiki kapasitas paru paru, membantu meringankan sesak nafas dan bersifat imun stimulator.

Ramuan Tradisional Batuk Rejan Dengan Bahan Daun Sambiloto

Untuk membuat ramuan tradisional resep herbal batuk rejan, Anda perlu menyiapkan daun sambiloto segar sekitar 5 – 7 lembar. Pastikan daun sambiloto sudah dicuci bersih, Kemudian seduh dengan air panas mendidih sekitar ½ cangkir. Diamkan sampai suhu air menjadi dingin.

Setelah dingin, saring ramuan sambiloto tadi dan tambahkan madu untuk membantu meringankan rasa pahit dari daun sambiloto. Anda juga bisa tambahkan perasan jeruk lemon bila suka. Aduk merata dan minum segera. Anda ulangi sehari 2 kali sampai batuk rejan sembuh. Bila Anda juga mengonsumsi obat dari dokter, pastikan mengonsumsi resep herbal batuk rejan ini setidaknya 1 jam setelah minum obat medis.