Hai pecinta bus pariwisata Jogja, kalian sebagai pecinta armada bus tentu kalian sudah tahu bahwa bus pariwisata memiliki 3 tipe. Salah satunya adalah tipe bus medium atau bus ukuran sedang. Tipe bus ini memiliki kapasitas maksimal 30 seat dengan formasi seat 2-2 dan 4 seat khusus ditempatkan di baris paling belakang. Peminat bus medium ini rupanya tak sedikit. Hal ini dapat dibuktikan banyaknya pengguna jasa sewa bus 30 seat Jogja yang memilih armada 30 seat ini sebagai transportasi andalan di berbagai acara. 

Fasilitas Lengkap: Keunggulan Sewa Bus 30 Seat Jogja

Sama seperti jenis bus kecil dan bus besar, bus ukuran sedang dengan kapasitas maksimal 30 penumpang ini juga memiliki fasilitas yang super-lengkap. Mulai dari fasilitas utama hingga fasilitas pelengkap. 

Fasilitas utama yang disediakan oleh jasa sewa bus 30 seat Jogja antara lain supir, armada bus, dan BBM. Ketentuan terkait fasilitas ini hanya berlaku untuk sewa dengan durasi 12 jam saja atau untuk sewa dengan rute dalam kota saja. 

Akan berbeda ketentuannya apabila anda menyewa bus medium dengan durasi lebih dari sehari. Anda, sebagai pihak penyewa, harus memberi fee charge untuk biaya extra BBM, biaya makan dan penginapan untuk supir. Sedang untuk pembelian tiket masuk objek wisata, biaya tol, biaya parkir, biaya tip untuk supir, dan biaya retribusi menjadi tanggungan pihak penyewa. 

Kembali ke bahasan fasilitas, pihak agen sewa bus 30 seat Jogja juga menyediakan fasilitas pendukung seperti sarana hiburan, toilet, dan juga area bagasi. Sarana hiburan di sini biasanya meliputi TV, DVD player, mikrofon, dan masih banyak lainya. 

Tersedia juga fasilitas kecil tapi memiliki peranan yang sangat penting seperti stop kontak, wifi gratis, bottle stand, bantal, dan juga selimut. Wah, sangat lengkap, bukan? Tidak lupa dengan ketersediaan AC yang rasanya wajib ada di semua bus. Pendingin ruangan tentu akan membuat keseluruhan ruang di interior bus menjadi sejuk dan udaranya menjadi lebih bersih. 

Seat Nyaman, Formasi Tepat: Keunggulan Sewa Bus 30 Seat Jogja

Meski kalah ukuran dengan big bus, medium bus juga tak kalah mewah dan nyaman dengan big bus. Salah satu kemewahan dan sisi elegan yang dapat kita jumpai di bus yang dapat dengan mudah disewa di agen sewa bus 30 seat Jogja adalah seat. 

Tempat duduk pada tipe bus ini begitu nyaman. Model seat pada sebagian besar bus keluaran terbaru adalah reclining seat, yaitu sebuah tipe seat yang bisa diatur derajat kemiringan sesuai dengan selera penggunanya. 

Kemudian finishing pada seat berupa bahan kulit sintetis yang tidak panas atau pun dingin, bertekstur halus, dan pastinya waterproof. Alhasil, seat mudah dibersihkan. Soal warna, tiap pabrikan bus memiliki selera warna yang berbeda. 

Untuk formasi, seat pada kabin bus diposisikan 2-2 (sepasang di sebelah kanan dan sepasang lagi di sebelah kiri). Terdapat 4 buah seat yang memang sengaja ditempatkan di baris paling belakang sebagai bangku cadangan. 

Desain Eksterior dan Interior Modern dan Keren

Tampilan eksterior bus yang dapat anda sewa di jasa sewa bus 30 seat Jogja ini sungguh elegan dan mewah. Terlebih bagian double glass yang semakin menambah kesan modern pada bagian muka bus. Grill tampak menonjol, menambah sisi gagah pada bus medium ini. Sepasang lampu sein dan juga fog lamps juga terlihat begitu serasi dengan keseluruhan muka bus.

Interior bus tak perlu ditanya lagi. Pada bagian langit-langit akan tampak terang dengan dua shade pencahayaan yang berbeda, mengubah ruang kabin bus yang tadinya biasa saja akan terlihat lebih megah. Tiap seat juga umumnya dilengkapi dengan lampu baca yang bisa dioperasikan oleh tiap penumpang. Sungguh lengkap ya. 

Tool Standard Keselamatan

Nah, tools ini wajib ada di setiap bus, apapun tipe bus yang akan anda sewa. Tools keselamatan yang kita maksud adalah palu atau kapak pemecah kaca dan sebuah pintu darurat. Kedua tools ini wajib tersedia sebagai upaya untuk pencegahan adanya korban yang mungkin berisiko terjadi akibat kebakaran atau jenis bahaya lainnya. 

Dari bahasan singkat di atas, anda tentu akan semakin tertarik untuk segera menyewanya, bukan? Namun sebelum anda lakukan sewa, sebaiknya anda lakukan riset terlebih dahulu. Target survey di sini adalah sejumlah agen sewa bus yang telah anda buat list berdasarkan hasil pencarian di Google. 

Mulai lakukan kontak dengan tim customer service atau call center untuk mengetahui informasi penting. Informasi penting di sini meliputi harga, syarat dan ketentuan sewa, dan juga ketersediaan armada. Jika bisa, jangan lupa untuk lakukan negosiasi soal harga dengan agen pilihan anda.