Teknik Pemasaran Online Lokal

Bagi anda yang memiliki bisnis berbasis lokal, maka melakukan pemasaran online lokal adalah pilihan yang sangat kami rekomendasikan.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan berbagai media untuk mendukung pemasaran.

Optimalkan SEO Lokal untuk website.

Langkah pertama untuk membangun strategi pemasaran online lokal adalah mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO lokal .

Penelusuran lokal berbeda dari penelusuran umum dan menyertakan frasa seperti “di [lokasi]” atau “dekat saya” untuk membantu penelusur menemukan hasil yang paling relevan.

Mereka sering kali disertai dengan rasa urgensi yang lebih besar karena pencari mencari untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak.

Pada intinya, SEO lokal bekerja mirip dengan SEO global, namun, Google menggunakan sekumpulan faktor peringkat yang berbeda untuk hasil pencarian lokal.

Ini termasuk: Lokasi persis orang yang melakukan penelusuran, Kehadiran Cantuman Google Bisnisku, Kata kunci yang digunakan di profil Google Bisnisku, Nama, alamat, nomor telepon (NAP) Kutipan, Peringkat bintang Google Maps untuk bisnis, Sifat ulasan online dan lainnya.

Untuk mulai mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO lokal, Anda harus melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan istilah pencarian lokal yang relevan yang digunakan audiens target Anda .

Setelah Anda menyusun daftar istilah pencarian , Anda akan ingin mulai mengintegrasikan kata kunci ke dalam konten Anda untuk memungkinkan situs web Anda muncul di hasil pencarian.

Ini berarti konten Anda akan memiliki lebih banyak frasa khusus lokasi daripada yang umum. Misalnya, jika Anda menjalankan Konveksi di Jakarta, daripada menggunakan frasa “konveksi di jakarta”, beranda Anda dapat mencantumkan “Konveksi Terbaik di Jakarta Selatan”.

Setelah Anda mengintegrasikan kata kunci lokal ke dalam konten Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah tambahan berikut untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO lokal:

Tambahkan halaman lokasi ke situs web Anda – Jika bisnis Anda memiliki lebih dari satu lokasi, Anda pasti ingin membuat halaman lokasi yang mencantumkan semua lokasi Anda. Anda juga ingin membuat halaman individual untuk setiap lokasi.

Informasi ini akan membantu mesin pencari mengasosiasikan bisnis Anda dengan setiap area spesifik tempat Anda berada.

Optimalkan tag judul dan deskripsi meta untuk lokasi Anda – Deskripsi meta dan tag judul adalah potongan kode yang ditambahkan ke situs web yang membantu mesin telusur memahami jenis konten pada halaman.

Jika Anda pernah melihat hasil pencarian di Google, Anda sudah familiar dengan tampilan metadata di SERPs.

The tag judul adalah judul halaman biru yang muncul di bagian atas setiap listing sedangkan meta description adalah teks di bawahnya yang menjelaskan halaman. Anda bisa mempelajari terkait dengan Trik SEO lokal di SEO Platinum.

Untuk meningkatkan SEO lokal Anda, Anda ingin menambahkan detail tentang lokasi dan kategori bisnis Anda ke tag judul dan deskripsi meta Anda.

Untuk beranda Anda, tambahkan kota dan negara bagian Anda bersama dengan kategori bisnis Anda ke judul dan deskripsi.

Anda harus melakukan hal yang sama untuk halaman lokasi atau halaman lain yang ingin Anda rangking untuk pencarian lokal.

Gunakan skema lokal

Seperti tag judul, markup skema adalah mikrodata yang ditambahkan ke situs Anda untuk membantu mesin telusur memahaminya. Skema berbasis lokasi akan memungkinkan Google mengidentifikasi lokasi bisnis Anda.

Tambahkan markup skema di mana pun Anda mendeskripsikan bisnis di situs Anda. Jika Anda memiliki beberapa lokasi, Anda perlu menambahkan markup skema yang sesuai ke setiap halaman lokasi.

Manfaatkan Google bisnisku

Google Bisnisku (GMB) adalah direktori bisnis lokal gratis dari Google. Agar bisnis Anda muncul di hasil pencarian lokal, Anda harus menyiapkan profil GMB Anda.

Bisnis lokal yang memenuhi syarat dapat mengklaim listingan gratis mereka di Google dan memberikan informasi berharga kepada pelanggan termasuk: Alamat bisnis, Nomor telepon, Jam kerja dan Jenis pembayaran yang diterima

Menambahkan bisnis Anda ke Google Bisnisku juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk tampil di Google Local Finder, Local Pack, dan Google Maps.

Jika Anda belum mengklaim dan memverifikasi listingan GMB Anda, Anda dapat segera melakukannya. Buka Google Bisnisku untuk memulai.

Cantuman Google Bisnisku

Optimalkan Cantuman Google Bisnisku Anda

Banyak bisnis lokal membuat kesalahan dengan mengklaim daftar GMB mereka dan melupakannya tanpa menggunakan semua fitur yang ditawarkan Google.

Setelah Anda mengklaim listing Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mengoptimalkan listing GMB Anda:

Berikan semua informasi yang diminta Google – Google menyediakan berbagai pertanyaan untuk Anda isi guna melengkapi profil Anda. Saat Anda memberikan semua informasi yang diminta, Anda mempermudah calon pelanggan untuk menemukan informasi berharga tentang perusahaan Anda.

Ketahuilah bahwa jika Anda tidak melengkapi informasi ini, orang lain bisa. Ya, siapa pun dapat “menyarankan pengeditan” pada listingan bisnis Anda termasuk pesaing Anda.

Terlepas dari namanya, perubahan ini lebih dari sekadar pengeditan yang disarankan. Perubahan yang dibuat oleh pengguna ini dapat ditayangkan di daftar Anda, semuanya tanpa Anda diberitahu.

Untuk memastikan bahwa listing Anda selalu memiliki informasi terkini dan akurat, lengkapi semua detail tentang perusahaan Anda saat pertama kali mengklaim listing Anda dan secara teratur periksa listing Anda untuk memastikan semuanya beres.

Manfaatkan pertanyaan dan jawaban – Tanya Jawab memungkinkan orang untuk mengajukan pertanyaan tentang bisnis Anda yang dapat Anda jawab.

Ini memberi Anda peluang besar untuk memberikan informasi bermanfaat kepada calon pelanggan yang tertarik dengan bisnis Anda.

Tambahkan foto – Menambahkan foto bisnis Anda adalah cara yang bagus untuk memungkinkan pelanggan melihat perusahaan Anda dengan lebih detail.

Ini menambahkan sentuhan pribadi pada merek Anda dan membuat daftar Anda jauh lebih menarik.

Dapatkan Lebih Banyak Review

Ulasan pelanggan sangat penting untuk keberhasilan bisnis lokal Anda karena banyak konsumen mengandalkan ulasan untuk membantu memutuskan perusahaan mana yang akan berbisnis dengan Anda.

Orang-orang akan meneliti bisnis Anda untuk melihat apakah Anda menawarkan produk atau layanan berkualitas dan apakah Anda ramah dan mudah diajak berkomunikasi.

Jika pengguna melihat sebagian besar ulasan positif, mereka cenderung menjadi pelanggan. Sebaliknya, terlalu banyak review negatif akan membuat orang enggan berbisnis dengan perusahaan Anda.

Mendapatkan ulasan positif dari pelanggan Anda adalah proses yang berkelanjutan. Anda pasti ingin menyiapkan sistem untuk mengumpulkan ulasan dan mematuhinya dari waktu ke waktu.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pemasaran loka. Anda bisa melihat Tips pemasaran bisnis lokal bagian 2 disini.

Semoga bermanfaat.