Sepatu berfungsi untuk menjadi alas kaki kita agar tidak terluka dan tetap aman. Selain sepatu casual pada umumnya, terdapat jenis sepatu lain yaitu bernama sepatu safety. Sepatu safety sendiri digunakan untuk beberapa pekerjaan. Seperti karyawan pabrik, karyawan laboratorium, chef, pertambangan, kontraktor, pabrik motor, pabrik konblok dan masih banyak lagi.

Umumnya sepatu safety memiliki bahan yang berbeda dibanding dengan sepatu casual lainnya. Misalnya seperti memiliki besi di dalam sepatu tersebut. Lalu sol nya yang lebih tebal dan mungkin terkesan sedikit tidak nyaman karena terasa berat saat digunakan karena memang peruntukannya bukan untuk fashion tapi untuk keselamatan.

Nah agar sepatu safety bisa awet kita harus bisa merawatnya dengan baik. Bagaiman cara merawat sepatu safety yang baik dan benar agar sepatu safety bisa tahan lama berhubung harganya yang tidak murah? Yuk simak terus pembahasannya dibawah ini!

Tips dan Cara Agar Sepatu Safety Tetap Awet

Proses pembersihan

– Pertama gunakan lap lembut yang dibasahkan sedikit dengan air untuk melakukan pengelapan di seluruh bagian sepatu. Tidak perlu dulu menggunakan deterjen karena akan merusak kulit sepatu.
– Jika ada kotoran atau noda, silakan gunakan sikat lembut untuk membersihkannya. Jika kotoran terasa susah, teruslah sikat dengan perlahan.
– Berikan semir sepatu agar menjaga kelembapan kulit sepatu.
– Jika anda memiliki budget lebih, anda bisa membeli sabun khusus sepatu agar anda bisa gunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sepatu tersebut.

Cara Penyimpanan

– Sebelum menyimpan sepatu anda, disarankan untuk anda menggunakan lotion lalu oleskan ke bagian kulit sepatu agar menjaga kelembapannya tetap ada.
– Pastikan tempat penyimpanannya adalah tempat yang kering terhindar dari air atau basahan lainnya
– Jika ada gunakan silica gel yang ditaruh di sepatu anda untuk menghindari jamur.
– Jangan simpan sepatu safety anda di tempat yang langsung terkena sinar matahari karena akan merusak lapisan kulit sepatu anda.

Nah itulah cara merawat sepatu safety anda agar tetap awet dan tahan lama. Karena jika sepatu anda awet, anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membeli sepatu safety lagi. Dan selain itu, pastikan anda membeli sepatu safety di tempat jual sepatu safety yang original. Karena jika tidak original, dikhawatirkan sepatu safety anda kurang kenyamanannya dan tidak awet saat digunakan.