Kendala Perabot furniture dari bahan kayu dan sejenisnya adalah rayap dan semut, sangat menyebalkan apabila furniture kesayangan terkena rayap. Butuh waktu dan dan perhatian khusus untuk menghilangkan atau membasmi rayap atau semut yang merusak perabot furniture yang kita miliki. Rayap sangat mudah berkembang biak di daerah tropis. hewan ini mnyerang bagian-bagian penting seperti kusen, rangka plafon, rangka dan furniture.

Bagian bangunan atau perabot yang terserang rayap bisa disebabkan adanya hubungan langsung antara kayu dengan tanah, ada kemungkinan terdapat retakan pada dinding beton pondasi, bisa juga karena bagian bangunan dan perabot lembab.

Upaya untuk menghilangkan rayap yang telah menyerang bangunan atau perabot diantaranya dengan bahan kimia beracun yang di campur dengan bahan yang disukai rayap lalu dipasang disekeliling bangunan atau tempat yang berayap. apabila umpan berhasil dimakan oleh rayap maka rayap yang terinfeksi akan membawa umpan tersebut kepada koloninya dan lama kelamaan seluruh koloni rayap akan terinfeksi kemudian mati.

Bila masih belum dapat terataasi kesulitan ini solusinya adalah menggunakan jasa anti rayap, dan serahkan penganannya pada penanganan yang profesional.

Ada gula ada semut begitu peribahasa mengatakan hal ini dalam makna yang berbeda dengan keberadaan semut yang mungkin dapat merusak bagian bangunan atau perabot rumah. Seringkali jumlah semut yang hadir dalam rmah sangat banyak dan ditemuai di berbagai bagian rumah juga halaman rumah.

Semut juga tinggal dalam sebuah koloni yang masing-masing mempunyai tugas sendiri-sendiri. Agar semut tidak menggangu atau merusak perlu pencegahan yang efektif. Sumber yang disukai semut seperti cecceran sisa makanan dan cecran air atau retakan yang dapat menglirkan air sehingga rumah menjadi lembab ata bisa dikatakan tidak terawat kebersihannya.

Pembasmian semut hingga kesarangnya dapat dilakukan untuk pembasmian sampai tuntas. semut dapat mengetahui didalam rumah terdapat makanan yang disukainya sebab mencium bau pheromone yang dihasilkan semut lainnya. Aroma ini yang menjadi petunjuk semut lainnya untuk masuk.

Semprotkan sarang semut yang telah diketahui dengan bahan insektisida atau dengan minyak tanah. atau gunakan jasa layanan profesional dalam pembasmian serangga. Pihak pengadaan jasa pembasmian hama biasanya melakukan dusting (pendebuan), pemberian umpan racun, dan spraying (penyemprotan) untuk membasmi semua serangga, dan lakukan secara berkala sebab dalam waktu 2 -3 tahun pengaruh dari cara yang dilakukan oleh jasa layanan ini sudah tidak berpangaruh pada serangga jenis rayap dan semut atau serangga lainnya.