Mom Sharing – Tidak ada salahnya mengajak semua orang di rumah, termasuk anak-anak untuk ikut serta dan membantu di sekitar rumah. Mintalah mereka membantu pekerjaan sehari-hari; mereka dapat merapikan tempat tidur sendiri, menjaga kamar tetap rapi, dan bahkan membantu tugas-tugas sederhana di dapur.

Mereka akan mendapatkan rasa tanggung jawab dalam prosesnya. Ketika anak tumbuh dan mulai mengambil lebih banyak tanggung jawab dalam membantu di sekitar rumah, hanya mengetahui bahwa dia berkontribusi untuk membantu orang tuanya dan membuat keluarganya berfungsi lebih lancar, menambah harga dirinya. Selain itu, melalui rutinitas melakukan pekerjaan rumah, anak-anak belajar mengenali upaya yang dilakukan orang tua mereka setiap hari untuk membuat hidup mereka lebih mudah dan mengembangkan rasa hormat terhadap mereka.

KAPAN MULAI MENUGASKAN CHORES? Pekerjaan rumah dapat dimulai sejak anak cukup besar untuk memahami sedikit tentang apa yang dikatakan kepadanya. Sekarang, Anda mungkin berpikir bahwa ini terlalu kasar. Bagaimana Anda bisa mengharapkan anak berusia dua tahun melakukan pekerjaan rumah? Nah, pada usia itu, meminta mereka untuk melakukan hal-hal kecil seperti mengambil mainan mereka dan menaruhnya di keranjang mainan atau memegangnya seperti mangkuk kecil dan meminta mereka untuk memberikannya kepada ibu atau ayah tidak akan berarti sebuah tugas tetapi akan menempatkan anak di jalur menjadi bertanggung jawab.

Saat anak berusia tiga atau empat tahun, mereka siap dan bersedia melakukan tugas-tugas sederhana. Anda mungkin telah memperhatikan si kecil Anda mencoba meniru apa pun yang Anda lakukan, seperti membersihkan debu atau melipat pakaian, dll. Baiklah, silakan dan biarkan dia membantu Anda. Beri dia kemoceng kecil atau beri dia pakaian untuk dilipat. Dorong dan puji dia saat dia melakukan bagiannya, tidak peduli seberapa buruknya. Tunjukkan padanya bagaimana melakukan tugas dengan benar, lagi dan lagi jika Anda harus tetapi jangan pernah mengecilkan hati atau menolaknya.
Pada saat anak Anda berusia tujuh atau delapan tahun, dia dapat diminta untuk bertanggung jawab menjaga kerapian kamarnya dan mengurus barang-barangnya sendiri. Anda dapat memberi tahu dia bahwa dia diharapkan menyimpan barang-barang di tempatnya dan tidak ada yang akan menjemputnya. Secara bertahap, Anda bisa terus menambah daftar tugasnya.

TETAPKAN CONTOH YANG BAIK DIRI ANDA: Anda harus mengikuti etika kerja yang sama dengan yang Anda harapkan untuk diikuti oleh anak Anda. Jaga kebersihan kamar Anda sendiri jika Anda mengharapkan dia untuk menjaga kebersihannya. Ingat, anak Anda memperhatikan Anda dan memperhatikan ekspresi dan sikap Anda terhadap segala hal, khususnya tugas. Apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya mengirimkan pesan yang kuat kepada anak Anda dan dia juga mengambil sikap yang sama secara sadar atau tidak. Anda tidak perlu terlalu antusias tetapi setidaknya Anda dapat melakukannya hindari sikap negatif.