Pantai Parangtritits sebagai satu diantaranya tempat rekreasi yang paling populer di kabupaten Bantul, provinsi Yogyakarta.
Selainnya terkenal akan keindahan alamnya, pantai sebagai salah satu favorit di Jogja ini terkenal akan karena aroma religiusus-nya yang kental.

Kisah Pantai Parangtritis lekat dengan kepercayaan masyarakat pada tempat akan legenda Nyi Rorokidul sebagai penguasa laut selatan.

Nyi Rorokidul sendiri menurut legenda sebagai figure wanita yang memiliki muka cantik jelmaan makhluk halus penguasa dari Samudra Hindia.

Nyi Rororkidul selalu menggunakan pakaian warna hijau. Ini telah dipercayai bila ada orang yang kenakan pakaian hijau di Pantai karenanya dia dapat terikut ombak dan dibawa ke kerajaan laut kidul.

Pantai ini kuat dengan Keraton Yogyakarta, di mana di katakan jika garis peta diambil lurus dari Pantai Parangtritis sampai ke Gunung Merapi, karenanya Keraton Jogja akan sejajar atau ada pada garis imajiner itu. Jadi tidak mengagetkan jika Pantai Parangtritis memiliki peran penting untuk Yogyakarta.

Selain legendanya, keindahan Pantai tidak bisa diragukan kembali, karena Parangtritis sebagai pantai terluas di jogja yang mempunyai luas berkilo-kilo mtr. persegi.

Berbeda dengan beberapa pantai lainnya yang ada di sekitar Yogyakarta. Seperti pantai di Bantul, Gunung Kidul yang berukuran relatif kecil.

Harga Ticket Masuk Pantai Parangtritis

Biaya ticket masuk yang dipakai murah, Anda cukup bayar Rp 10.000 per-orang agar bisa masuk ke tempat ini. Untuk ongkos parkir sebesar Rp. 3.000 untuk kendaraan bermotor, sedang Rp 5.000 untuk mobil. Jam operasional-nya, pengurus sendiri tidak awasi jam buka dan tutup, dalam artian Anda dapat masuk kawasan ini setiap waktu sejauh 24 jam.

Anda bahkan juga bisa juga bertandang pantai ini di saat malam hari untuk sekedar cicipi keadaan pantai saat matahari telah tenggelam.

Jalur Ke arah Pantai Parangtritis

Pantai ini ada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Khusus Yogyakarta. Parangtritis mempunyai jarak kurang lebih 27 km dari pusat kota Jogja.

Akses ke pantai ini terhitung mudah untuk di raih dengan menggunakan kendaraan pribadi atau biasa.
Mengawali perjalanan dari arah Yogyakarta, Anda selekasnya saja ke arah Jokteng Timur, seterusnya langsung ke Jl. Parangtritis dan patuhi jalurnya ke arah selatan.

Di jalur arah selatan ini Anda akan lewat ringroad, dan Anda cukup lurus ke arah selatan sampai Manding. Sesudah datang di Manding berati Anda sudah dekat dengan tempat Pantai Parangtritis, Anda perlu lurus ke Kretek.

Dari Kretek lanjutkan perjalanan ke selatan, sampai Anda merasakan TPR (Tempat Ambil Retribusi). Disini Anda bisa mengisap wewangian keunikan air laut Pantai Parangtritis.

Apabila Anda menggunakan transportasi umum dari Malioboro ke Parangtriris, Anda bisa menggunakan Bis Trans Jogja jalur atau lajur 3A dari Terminal Giwangan ke Malioboro atau lajur yang sebaliknya. Setelah turun di Terminal Giwangan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus lajur Parangtritis.

Object Rekreasi Pantai Parangtritis

Demikian antiknya pantai Parangtritis membuat Pemkab Bantul turut turun tangan untuk tingkatkan sarana, untuk kepuasan dan kenyamanan pengunjung.

Dan fasilitas yang telah ada terhitung lengkap. Diawali dari fasilitas permainan, toilet, mushola, gazebo, penyewaan payung, warung makan, toko souvenir sampai pondokan dan hotel.

Pantai Parangtritis menyajikan bermacam tipe kegiatan menyenangkan yang bisa dilaksanakan beberapa pengunjung atau sekedar cicipi pemandangan alamnya yang eksotis.

Belum semilir hembusan angin dan deburan ombak yang sapu bentang pasir hitamnya, akan membuat Anda semakin betah untuk semakin lama di pantai ini.

Ombak di Pantai besar sekali, sampai wisatawan tidak di perkenankan untuk berenang jauh ke tengah laut, hanya bisa berenang atau bermain di tepian-nya saja.

Ketika musim kemarau, ombak di pantai selatan ini bisa raih tinggi 2 sampai 4 mtr., sampai cukup mencelakai bila digunakan untuk tempat berenang. Tapi Anda tidak perlu khwatir karena ada banyak hal bagus yang dapat menyenangkan di Pantai Parangtritis ini.

1.Panorama Alam

Kawasan Pantai Parangtritis benar-benar menyuguh-kan pemandangan pantai alami dan cantik, berpasir besi hitam dan betul-betul luas sampai kita bisa menikmatinya secara 360 derajat.

Belum deburan ombak-nya yang besar diimbangi sepoi-sepoi angin membuat Anda semakin betah untuk cicipi keindahan pantai ini.

Selain itu jika Anda bertandang Parangtritis bisa lebih cepat, karenanya Anda memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan pantai di atas tebing yang diberi nama Tebing Senangwati yang berdi belakang Pantai Parangtriris.

Di tebing ini Anda akan merasakan beberapa puing candi yang diberi nama Candi Senangwati. Candi ini ada di samping timur tebing dan jaraknya dari bibir Pantai hanya beberapa mtr. saja. Di kawasan Pantai Parangtritis ada resort yang di ide dari legenda pantai selatan yakni Hotel Queen of the South.

Ini adalah sebuah lokasi yang patut untuk Anda kunjungi karena memiliki fasilitas dan munculnya keindahan Pantai Parangtritis yang mempesona.

2. Nikmati Sunset

Saat terbaik untuk bertandang pantai ini adalah waktu sore hari yaitu saat terbenam-nya sinar matahari. Anda dapat melihat sunset yang cukup mempesona dengan panorama bibir pantai yang begitu menarik.

Di Parangtritis ini Anda bisa cicipi proses terbenam-nya matahari dengan sempurna tanpa terhalang pohon-pohonan, tebing atau apa.

Dengan ke favorite ini, Anda bisa mendokumenkan-nya dengan sasaran kamera jadi siluet-siluet gambar yang unik dan mempesona.

3.Gumuk Pasir

Pantai Parangtritis memiliki panorama yang unik yaitu ada pegunungan pasir atau biasa disebut ‘gumuk pasir’.
Gumuk pasir sendiri adalah kejadian alam di mana gurun pasir terbentuk di daerah yang mempunyai curah hujan yang tinggi.

Gumuk pasir menurut penelitian terbentuk dari material vulkanik dari Gunung Merapi di mana terikut arus sungai sampai ke laut. Material ini seterusnya terikut ke daratan yang selanjutnya dibawa oleh angin sampai terbentuk gurun dengan pola guratan yang unik.

4. Bermain Air dan Pasir

Beberapa pengunjung biasanya padati bibir pantai untuk bermain air di pantai ini. Bermain pasir di Parangtritis betul-betul cocok untuk anak-anak. Karena Parangtritis mempunyai bibir pantai yang luas sampai anak-anak dapat dengan bebas bermain pasir.

Saat cuaca dingin, wisatawan di himbau untuk siaga karena angin terhembus betul-betul kuat. Anda juga harus waspada akan timbulnya ubur-ubur.

karena binatang ubur-ubur itu akan berada di atas pantai dengan sengatan yang menyebabkan rasa nyeri dan panas. Untuk mengobati-nya, Anda cukup mengoleskan salep atau minyak untuk turunkan rasa nyeri dan istirahat sebentar.

5. Naik kuda

Anda bisa mendapat pengalaman berkuda di Parangtritis. Biasanya sang penyewa kuda turut temani wisatawan saat memacu kuda.

Jalanan keliling pantai berpasir di atas pacuan kuda sekaligus cicipi cantiknya pantai bakal menjadi ramai tertentu untuk liburan Anda.

6. Naik Delman

Dengan ongkos sebesar Rp 20.000 untuk bolak balik sepanjang Pantai Parangtritis, di mana Anda cukup suka cicipi pantai. Dengan ongkos Rp 20.000, Anda cukup suka cicipi pantai.

5. Memakai ATV

Selainnya naik kuda ada ATV yang dikontrakkan bila Anda yang ingin melingkari memakai kendaraan di Pantai Parangtritis.
Ongkos yang dikenai sewa ATV ialah Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000, bergantung durasi waktu penggunaannya.

6. Kolam Pemandian

Tidak perlu berduka karena tidak dapat renang di pantai, masih tetap ada kolam atau pemandian di Parangtritis Namanya yakni Parangwedang yang airnya memiliki kandungan belerang. Air pemandian Parangwedang ini dipercaya bermanfaat untuk menyembuhkan bermacam tipe penyakit kulit.

7. Surfing

Karena ombak-nya yang besar sekali, karenanya Pantai Parangtritis ini betul-betul cocok sekali untuk olahraga surfing. Pada musim kemarau angin bertiup semakin kuat dan ketinggian ombak bisa raih 3 mtr.. Dengan begitu Anda dapat berselancar ketika pagi sampai sore hari.

Pantai Parangtritis ini kerap digunakan sebagai lokasi kompetisi surfing tingkat internasional. Acara itu memiliki arah mengenalkan Parangtritis sebagai satu diantaranya tempat surfing di Indonesia.

Beberapa peselancar dapat gunakan gelombang tinggi di Pantai Parangtritis untuk kerjakan manuver saat menaklukkan ombak.

Karena ada kompetisi itu, kegiatan berselancar mulai dikerjakan di pantai ini. Terhitung sejak 2012, beberapa peselancar telah sporadis menggunakan Parangtritis untuk tempat latihan dalam tambahkan kemampuannya.

Jika kamu ingin bepergian bersama keluarga, kamu bisa menggunakan layanan sewa bus jogja milik genjosholiday.com. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi memikirkan rute, harga tiket, dan lain-lain.